Pameran Buku Grobogan 2018 mengambil tema “Tingkatkan Budaya Gemar Membaca, Tanamkan Nilai Nasionalisme Dan Kebangsaan” resmi dibuka oleh Bupati Grobogan (Ibu Sumarni, SH. MM.) didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili bapak Drs. Nugroho, MM. pada Selasa, 13 Maret 2018 di alun-alun Purwodadi Grobogan.

Pada kesempatan ini pula Bupati Grobogan berkenan mengukuhkan “Laskar Baca Grobogan” yang terdiri dari adik-adik pengurus OSIS SMU dan SMK se-Kabupaten Grobogan, yang akan mensukseskan program literasi budaya gemar membaca di lingkungan sekolah masing-masing.

            Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Grobogan ke 292, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan CV. Netral Organizer New menyelenggarakan Pameran Buku Grobogan selama 7 (tujuh) hari mulai tanggal 13 s.d. 19 Maret 2018.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Bapak Drs.Muryanto, MM. menyampaikan “Pameran ini bertujuan meningkatkan minat masyarakat untuk gemar membaca dengan menyediakan buku dan informasi”. Beliau juga berharap “Kegiatan ini dapat meningkatkan keberadaan dan peran serta  Dinas kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dalam rangka meningkatkan minat baca warga masyarakat, kualitas pengetahuan dan wawasannya, yang pada akhirnya dapat tercipta masyarakat membaca”.

Pameran ini menyediakan buku bacaan pelajaran, ilmu pengetahuan, pengetahuan praktis, buku keagamaan, biografi tokoh terkenal, buku acuan akademis, komik dan novel-novel best seller yang menarik minat para pengunjung. Di arena pameran selain aneka buku, pengunjung juga dapat menemukan produk-produk pendukung lainnya seperti alat peraga edukatif, batik, tas, sepatu, kerajinan tangan, boneka dan lainnya. Disana pengunjung juga dimanjakan dengan wisata kuliner kekinian dan makanan khas Purwodadi.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan juga bekerjasama dengan perbankan di Grobogan seperti Bank BRI, BPD dan BPR BKK Purwodadi guna menyelenggarakan acara pendukung pameran seperti lomba Menyanyi lagu  nasional/perjuangan, lomba Fashion Show Batik Grobogan, lomba tari untuk SLTP, Lomba Band dan Nasyid untuk SLTA. Adapun kegiatan pendukung yang diselenggarakan oleh CV. Netral Organizer New meliputi lomba baca puisi, lomba karaoke, lomba mewarnai untuk KB, TK SD kelas 1-3 dan Lomba Menggambar untuk SD kelas 4-6.

Selain itu, setiap malam selama kegiatan pameran akan ditampilkan pentas musik dan tari yang dipersembahkan oleh SMKN 1 Purwodadi, SMPN 1 dan 2 Purwodadi. Ada juga pentas band oleh bank BRI dan BPR BKK.

Pameran Buku Grobogan 2018 ini memang dikemas SERU untuk dijadikan tempat berburu ilmu dan rekreasi keluarga. Buat Kamu Masyarakat Grobogan dan sekitarnya… sesuai pesan Bupati Grobogan dalam sambutannya “Jadikan Pameran Buku Grobogan 2018 sebagai pusat referensi ilmu pengetahuan sekaligus tempat rekreasi yang menyenangkan bagi semua kelompok masyarakat”. (ArifahNR)

“SUKSESKAN PAMERAN BUKU GROBOGAN 2018”

Dalama rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai tenaga pengelola Perpustakaan Sekolah/Masyarakat dan mewujudkan masyarakat Kabupaten Grobogan yang gemar membaca, cerdas berkualitas, berkepribadian, dan memiliki daya saing yang tinggi, maka Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada tahun 2015 ini, akan menyelengarakan Bimtek Perpustakaan Sekolah/Masyarakat se Kabupaten Grobogan.

Berikut adalah agendanya sebagai berikut :

Tanggal : 21 – 23 September 2015
Tempat : Aula Kantor Perpustakaan Daerah Kab. Grobogan
Peserta : 100 Orang

Demikian agenda acara Bimtek, dengan mengikuti Bimtek Perpustakaan Sekolah/Masyarakat ini, kami berharap para pengelola para pengelola perpustakaan akan memiliki bekal yang cukup berkaitan dengan wawasan, pengetahuan perpustakaan maupun ketrampilan teknis dalam pengelolaan perpustakaan, sehingga akan mampu berperan secara maksimal dalam menunjang kelancaran dan keberhasilan melaksanakan tugas di Instansi tempat saudara bekerja, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua.

Setelah melalui  penilaian Tim Juri dari Gramedia yang terdiri dari Kak Akhmad, Kak Yudha dan Kak Kisworo, terpilihlah beberapa hasil karya sebagai pemenang lomba mewarnai dan melengkapi gambar bersama Color Wizz dan Gramedia di Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan. Nama-nama pemenang diumumkan pada hari Rabu, 17 September 2014 sebagai berikut :

KATEGORI A (PAUD)
PERINGKAT NAMA SEKOLAH
Juara I Clarissa Harda PAUD Kencono Wungu
Juara II Rasyid Amri Majid PAUD Karima Grobogan
Juara III Ghalib Al Laudin PAUD Karima Grobogan
Harapan I Kallista Jehan KB Langgeng Rejeki
Harapan II Dea Vicha Puty PAUD Kencana Ungu
Harapan III Afifah Salma KB Kartika Karangrayung
Favorit Icha Aulia R PAUD Tunas Bangsa SKB
Favorit Aufa Aminuzzahro PAUD KB An Naml
Favorit Afian Aldo Saputra PAUD Mawar Ringinpitu
Favorit Ananda KB PAUD Cahaya Bintang
Favorit Cindy Fantika KB Manbaul Ulum
KATEGORI B (TAMAN KANAK-KANAK)
PERINGKAT NAMA SEKOLAH
Juara I Nazhefa Aisya TK Qurota A’yum (137)
Juara II Aissya TK Pendem I (001)
Juara III Naraya TK Bhayangkari (042)
Harapan I Kian Trifano Santoso TK Dharma Wanita (143)
Harapan II Reta TK Tegowanu Wetan (009)
Harapan III Nara TK Amala (078)
Favorit Naswa (081)
Favorit Najwa (071)
Favorit Rahayu Ramadani (138)
Favorit Erna (122)
Favorit Bila (094)

Halaman dan ruang Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan nampak merah dan penuh keceriaan dengan gerak lincah dan tawa ratusan anak-anak. Pagi itu, diantar oleh orang tua dan sebagian besar didampingi oleh guru, mereka melakukan daftar ulang dan mengambil perlengkapan lomba yang diadakan di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Jl. Jenderal Sudirman No. 39 Purwodadi. Anak-anak PAUD dan TK ini berpartisipasi dalam lomba mewarnai dan melengkapi gambar guna menyemarakkan Acara Pesta Buku Gramedia 2014.

Hanya dengan uang pendaftaran Rp. 25.000,- yang sebelumnya telah dikoordinasikan dengan Ibu Rini Wahyuningsih selaku Ketua Himpaudi untuk lomba kategori A (Kelompok Bermain/PAUD) dan Ibu Sukarti Ketua IGTKI untuk kategori B (Kelompok Taman Kanak-Kanak/TK) di sekolah masing-masing. Saat mendaftar ulang anak-anak mendapat fasilitas Pensil warna color wizz 12s, kaos anak, piagam, snack dan kertas gambar. Kaos anak sengaja dipilihkan warna merah, Merah yang berarti berani, dijadikan sebagai simbol semangat berani untuk melangkah maju.

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com