Judul                     : THE ADVENTURES OF TOM SAWYER

Penulis                 : Zulkarnaen Ishak

Penerbit               : Shira Media

Cetakan               : 2015

ISBN                    : 978-602-1142-54-7

 

THE ADVENTURES OF TOM SAWYER

 

Sebagian besar petualangan yang tertuang dalam novel ini adalah pengalaman sang Penulis sendiri, sisanya adalah pengalaman teman-teman sekolahnya. Tokoh Huck Finn diambil dari kehidupan nyata, begitu pula Tom Sawyer, namun tidak dengan karakter tiga anak laki-laki yang ada di novel ini. Setiap alur novel ini memiliki tatanan arsitektur yang saling berjalinan.

Bercerita tentang takhayul aneh yang menyentuh semua orang di kalangan anak-anak dan budak di barat pada masa berlangsungnya kisah ini yaitu pada kurun waktu tiga puluh atau empat puluh tahun silam.

Novel ini ditujukan terutama sebagai hiburan bagi anak-anak, namun sangat asyik juga dinikmati oleh orang-orang dewasa, sekedar untuk mencoba mengingatkan orang-orang dewasa mengenai apa yang mereka lakukan di masa lampau, dan bagaimana mereka merasa dan berpikir serta berbicara, dan peristiwa-peristiwa janggal yang terkadang mereka alami.

Novel ini memberikan petualangan membaca yang tidak ingin berhenti, penasaran... yuk dibaca.

(ArifahNR)

Judul               : The Island Of Java Sejarah Tanah Jawa

Penulis            : John Joseph Stockdale

Penerbit          : Indoliterasi

Cetakan          : 1, 2014

ISBN              : 978-602-1129-02-9

SEJARAH TANAH JAWA

Sebuah karya klasik yang luar biasa. Saat membaca baris demi barisnya, sebuah keharuan yang mendalam dan menyentuh. Bahasanya mengalir, kita seperti diajak berjalan jalan menyusuri sebuah pulau yang begitu mempesona sekaligus tersentuh oleh kondisi penduduknya dimasa lalu.

Buku ini merupakan hasil pengamatan antara tahun 1760-an. Hingga awal tahun 1800-an. Karena metode yang dipergunakan adalah metode pengamatan, maka buku ini terdengar sangat nyata. Sangat bermanfaat untuk mengenal, memahami dan mempelajari apa yang pernah terjadi di Pulau Jawa.

Digambarkan secara gamblang pula bagaimana kompeni pemerintahan Belanda, mampu menguasai Jawa dan penduduknya dengan metode pemecah-belahan. Para penguasa Jawa dikondisikan untuk tidak rukun, dengan begitu kompeni mudah dalam membujuk dan menanggung keuntungan mereka. Bahkan saat seorang Raja Jawa mangkat, kompenilah yang menunjuk penggantinya. Dijelaskan pula bagaimana Batavia pernah menjadi wilayah yang paling menakutkan dengan iklim yang panas dan mematikan. Banyak orang Eropa yang tinggal di daerah ini tewas akibat iklim dan cuaca yang tidak mendukung.

Buku ini juga menggambarkan watak dan kepribadian orang Jawa dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Beberapa hal tentang penduduk China yang tinggal di Jawa juga disinggung dan dibahas. Tentang hukum dan perpajakan yang berlaku di Pulau Jawa bagi penduduk asing dan pribumi. Yuk dibaca…

(JAS MERAH, Jangan Melupakan Sejarah)

(ArifahNR)

JUDUL BUKU : BIOGRAFI MAHFUD MD, TERUS MENGALIR

PENULIS        : RITA TRIANA BUDIARTI

PENERBIT      : KONSTITUSI PRESS (KONPRESS)

CETAKAN       : 2013

TEBAL            : XXXII+614 HAL.; 14.8X21CM

ISBN               : 978-602-186-348-0

KLASIFIKASI  : 920.71

BIOGRAFI MAHFUD  MD

Jika diibaratkan sebuah toko Mahfud MD adalah sebuah toko serba ada. Ia adalah sosok yang “LENGKAP”, yang memiliki semua sifat dan pengalaman yang dibutuhkan dari seorang pemimpin. Hal itu dibuktikan oleh rekam jejak perjalanan karir  Mahfud.

Mengacu pada trias politica yang dicetuskan John Locke, Mahfud  pernah mengisi semua posisi dalam cabang-cabang kekuasaan itu. Dicabang eksekutif beliau pernah menjabat sebagai menteri pertahanan dan menteri kehakiman. Dicabang legislatif pernah menjadi anggota  DPR, lalu dicabang yudikatif beliau juga menjadi ketua mahkamah konstitusi.

Semua jabatan itu tentu tidak diraih dengan kebetulan. Pada mulanya, Mahfud adalah seorang dosen di perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, yang jauh dari hiruk pikuk politik Jakarta. Beliau sama sekali tidak pernah bermimpi menjadi menteri, tetapi beliau mengalir bagai air. Prestasinya berbicara sendiri, sehingga Presiden Gus Dur mampu melihat kekuatan karakter dan keilmuan Mahfud yang tak dimiliki sosok lain. Pilihan Gus Dur tak keliru, karena sejak saat itu Mahfud muncul sebagai sosok yang diperhitungkan dalam peta politik di Indonesia, hingga kini.

Melawan ketidakadilan adalah benang merah perjalanan hidupnya yang terangkum dalam buku “Biografi Mahfud MD, Terus Mengalir”. Semenjak kecil ia sudah menyimpan luka politik ketika ayahnya ditahan gara-gara memilih NU dalam pemilu. Pilihanya pada dunia hukum  pun didasari harapan, hukum bisa menciptakan keadilan.

Tak banyak yang tahu sosok pendobrak ini sebenarnya adalah seorang pemalu. Terlahir dari kultur NU dan tumbuh dilingkungan Muhammadiyah membentuknya sebagai sosok yang unik dan komplet.

 

Judul               : CHAIRUL TANJUNG  SI ANAK SINGKONG

Penulis            : Tjah Gunawan Diredja

Penerbit           : Buku Kompas

Cetakan           : Juni 2012

Tebal               : XVI+384 halaman; 15 cm x23cm

ISBN               : 978-979-709-650-2

Klasifikasi        : 920.71

SI ANAK SINGKONG

Cerita tentang hantu sebagai makhluk halus menakutkan hampir selalu membuat anak-anak takut. Seorang anak yang lahir dari keluarga miskin juga tidak luput dari ketakutan itu sampai akhirnya dia tidak jadi masuk sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) karena  disekolah itu selalu ada sejumlah suster dari belanda yang berpakaian serba putih mirip hantu. Si bocah kecil inipun urung masuk TK.

Beruntung, si anak ini mendapatkan ajaran agama yang sangat kuat dari sang nenek yang juga guru agama di  SD Negeri Jalan Tepekong, Jakarta. Didikan nenek itu menjadi dasar dan panduan sepanjang hidupnya hingga sekarang .meski demikian, demi dasar pendidikan kedisiplinan, orang tuanya dengan penghasilan sangat terbatas rela  mengorbankan apa pun agar anak-anaknya bisa mengenyam pendidikan di sekolah swasta berkualitas.

Ayahandanya merupakan sosok yang terlalu idealis, prinsip politiknya bertentangan  dengan pemerintah, sehingga semua usaha percetakan koran, transportasi, dan lain-lain gulung tikar. Mereka sekeluarga hidup dan pernah tinggal di losmen berisikan delapan orang dalam satu kamar dengan kamar mandi terpisah, dan berakhir di salah satu kampung terkumuh di Pojok Jakarta karena sudah tidak  ada lagi uang untuk membayar sewa losmen.

Di usia yang masih sangat belia, ketika masih duduk di bangku sekolah menengah pertama, anak tersebut sudah mulai mengurus keperluan transportasi teman-temannya yang akan study tour. Namun, setelah semua diurus, anak yang sudah biasa hidup keras ini tidak bisa ikut piknik karena sama sekali tidak memiliki uang.

Kemudian dia tumbuh dewasa, lalu belajar tentang filsofi dan prinsip-prinsip hidup sekaligus merasakan perjalanan selanjutnya bagaikan air mengalir. Si anak ini tumbuh dewasa menjadi orang dewasa yang matang. Bahkan, di usia muda pada saat yang hampir bersamaan, dia mampu meraih tiga prestasi sekaligus, baik dari sisi akademis, organisasi kemasyarakatan, maupun usaha bisnisnya.

Anak  singkong dari salah satu kampung kumuh di Jakarta itu kini menjelma menjadi salah satu tokoh cukup diperhitungkan di Indonesia. Dia adalah  Chairul Tanjung.

 

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com