Judul               : The Island Of Java Sejarah Tanah Jawa

Penulis            : John Joseph Stockdale

Penerbit          : Indoliterasi

Cetakan          : 1, 2014

ISBN              : 978-602-1129-02-9

SEJARAH TANAH JAWA

Sebuah karya klasik yang luar biasa. Saat membaca baris demi barisnya, sebuah keharuan yang mendalam dan menyentuh. Bahasanya mengalir, kita seperti diajak berjalan jalan menyusuri sebuah pulau yang begitu mempesona sekaligus tersentuh oleh kondisi penduduknya dimasa lalu.

Buku ini merupakan hasil pengamatan antara tahun 1760-an. Hingga awal tahun 1800-an. Karena metode yang dipergunakan adalah metode pengamatan, maka buku ini terdengar sangat nyata. Sangat bermanfaat untuk mengenal, memahami dan mempelajari apa yang pernah terjadi di Pulau Jawa.

Digambarkan secara gamblang pula bagaimana kompeni pemerintahan Belanda, mampu menguasai Jawa dan penduduknya dengan metode pemecah-belahan. Para penguasa Jawa dikondisikan untuk tidak rukun, dengan begitu kompeni mudah dalam membujuk dan menanggung keuntungan mereka. Bahkan saat seorang Raja Jawa mangkat, kompenilah yang menunjuk penggantinya. Dijelaskan pula bagaimana Batavia pernah menjadi wilayah yang paling menakutkan dengan iklim yang panas dan mematikan. Banyak orang Eropa yang tinggal di daerah ini tewas akibat iklim dan cuaca yang tidak mendukung.

Buku ini juga menggambarkan watak dan kepribadian orang Jawa dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Beberapa hal tentang penduduk China yang tinggal di Jawa juga disinggung dan dibahas. Tentang hukum dan perpajakan yang berlaku di Pulau Jawa bagi penduduk asing dan pribumi. Yuk dibaca…

(JAS MERAH, Jangan Melupakan Sejarah)

(ArifahNR)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com