Pemerintah Kabupaten Grobogan Rabu (21/11/2018) menerima hibah 1 (satu) unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Penyerahan mobil tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah mewakili Perpusnas RI kepada Asisten 2 Setda Grobogan mewakili Bupati Grobogan. Penyerahan mobil perpustakaan keliling ini disaksikan oleh Ketua Komisi X DPR RI DR. Ir. Djoko Ujianto, MM. dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Grobogan Drs. Muryanto, MM.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah bapak M. Masrofi, S. Sos., M.Si. berharap kehadiran mobil perpustakaan keliling ini bisa membantu Pemda dalam memberdayakan budaya membaca atau literasi di masyarakat.

Adapun Asisten 2 Setda Grobogan Ir. Ahmadi Widodo, MT. berpesan kepada Bappeda, ”agar pemanfaatan bantuan mobil perpustakaan keliling ini optimal penganggaran operasionalnya harus ditambah, tidak sekedar di pas-paskan saja”. Beliau juga menyambut baik kegiatan peningkatan kapasitas pengelolaan perpustakaan desa sebagai upaya untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan menumbuh kembangkan budaya baca melalui perpustakaan sebagai sumber informasi dan sumber belajar sepanjang hayat.

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Perpustakaan dan Serah Terima Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan di gedung Riptaloka merupakan kegitan Dinarpusda Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Grobogan.

Sosialisasi ini menghadirkan dua narasumber, Bapak Triyono, SH. SIP. dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dan Bapak Achmad, S.I.P, M.A. dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini di moderatori oleh Bapak Drs. Eko Agus Budiyanto, M. Si. dari Bappeda Kabupaten Grobogan.

Melalui kegiatan ini disosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah yang mendukung penyelenggaraan perpustakaan sebagai berikut :

  • Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah nomor 041/0007570, tanggal 30 April 2018 tentang Pengalokasian Sebagian Dana Desa untuk Perpustakaan Desa
  • Peraturan Daerah Grobogan Nomor 2 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan
  • Surat Edaran Bupati Grobogan nomor 903/3067/2017 tanggal 2 Juni 2017 tentang Alokasi Dana Desa bagi Pengembangan Perpustakaan
  • Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan Nomor 041/4410/2017 tanggal 17 Juli 2017 tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Perpustakaan Desa.

Tujuan kegiatan ini mengajak para Kepala Desa untuk dapat melaksanakan amanat kebijakan tersebut di atas agar penyelenggaraan perpustakaan desa dapat berjalan dan berkembang dengan baik. Pada prinsipnya setiap desa perlu ada perpustakaannya karena selain pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas harus juga diimbangi dengan pembangunan sumber daya manusia yang beriman, cerdas, mandiri, tangguh, bertanggungjawab. (Arifah N.R.)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com