Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional RI dengan tema “Implementasi Program Revolusi Mental Menuju Indonesia Cerdas 2024 Melalui Perpustakaan” ini adalah sebagai bentuk perwujudan eksistensi dan peran strategis perpustakaan sebagai institusi penyedia bahan-bahan bacaan dan peningkatan kegemaran membaca masyarakat melalui keluarga, sekolah dan komunitas sebagai bentuk perwujudan pembangunan manusia Indonesia menuju kesejahteraan masyarakat, demikian sambutan dari Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Kabid Pengkajian dan Pemasyarakatan Minat Baca Perpusnas RI ( Nani Suryani, SS.,M.Si) pada kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional RI yang diselenggarakan atas kerjasama antara Perpusnas RI dengan Dinas Kearsipan Kabupaten Grobogan tanggal 22 Agustus 2019 di Balai Desa Tunggak Kecamatan Toroh.
Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Bupati Grobogan yang diwakili oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Grobogan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyakarakat betapa pentingnya kegemaran membaca bagi pengembangan pribadi yang cerdas, berbudi luhur, mandiri, dan bertanggungjawab baik dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat serta mendorong masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan yang ada
Adapun peserta yang hadir berjumlah 100 orang terdiri dari guru PAUD/pengelola PAUD, guru/pengelola perpustakaan sekolah, pegiat perpustakaan TBM/ komunitas, Pemerhati perpustakaan dan budaya baca, pengelola berbagai jenis perpustakaan, PKK dan karang taruna.
Materi yang disampaikan antara lain “Peran Perpustakaan Nasional RI Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Menuju Indonesia Cerdas Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” oleh Tatat Kurniawati (Pustakawan Ahli Madya) Perpusnas RI dan “ Membangun Kreatifitas Da Membangun Jejaring Menuju Indonesia Cerdas Dalam Meningkatkan Kesehteraan Masyarakat” oleh Juliani Marfaung Budiharja (Pegiat Literasi).
Acara ini mendapat mendapat respon sangat baik oleh peserta dengan menanyakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan perpustakaan dan bagaimana cara menyelenggarakan perpustakaan dan kiat untuk mendorong pelajar/remaja untuk senang membaca buku.
ZUMROTUN, S.AP., MM. (Kasi Pelayanan, Otomasi & KP)
Bertempat di Aula Kecamatan Purwodadi telah dilaksanakan Bimbingan Teknis Perpustakaan bagi Pengelola Perpustakaan SMP negeri oleh Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Grobogan diikuti 35 orang peserta.
Dalam pengarahannya Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Grobogan sebelum membuka acara secara resmi menyampaikan bahwa guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia para tenaga pengelola Perpustakaan Sekolah harus mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, maka sudah menjadi kewajiban bagi semua jenis perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan bagi pemustaka. Bimtek kali ini memfokuskan pada penggunaan aplikasi SLIMS (Senayan Library Management System) bagi pengolahan bahan pustaka. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu otomasi perpustakaan pada narasumber. Selain itu diharapkan peserta dapat menerapkan mengolah buku dan layanan perpustakaan dengan menggunakan aplikasi tersebut di atas.
Adapun materi yang disampaikan antara lain :
Melalui Bimtek Pengelolaan Perpustakaan ini, para pengelola perpustakaan sekolah diharapkan memiliki bekal yang cukup berkaitan dengan wawasan, pengetahuan perpustakaan maupun ketrampilan teknis dalam pengelolaan perpustakaan, sehingga akan mampu berperan secara maksimal dalam menunjang kelancaran dan keberhasilan melaksanakan tugasnya menyukseskan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
(ZUMROTUN, S.AP., MM. Kasi Pelayanan, Otomasi & KP)
Karya Sri Penny Alifiya Habiba
Aku kaku dalam almari kayu
dipajang dilihat sambil lalu
jangankan menyentuhku
sekedar membuka saja tak ada waktu
aku terkubur dalam lembaran bisu
tak menahu kapan aku di eja bersama waktu
aku bungkam tak tentu
sebagaimana mata mengelak karena adaku
tak ada yang pedulikan aku
merintih aku dalam kesakitan karena miskin pedulimu
aku adalah makna dari beribu milyaran ilmu
aku adalah ilmu yang tak kan usang dimakan waktu
aku adalah lembaran mutu
dan aku adalah harta karun dari segala ilmu
tapi kini aku sedang lara bak tersayat sembilu
karena aku sudah tidak dirindukan pecanduku
sudah tak di lirik oleh pengagumku
tak dibaca oleh penyandang kutu buku
betapa kejamnya waktu
karena aku tlah disingkirkan oleh penggemarku
tlah dibiarkan lapuk dalam almari kayu
warnaku dibiarkan menua tanpa dibaca
membiarkanku terpajang tanpa makna
membiarkanku jadi sampah gorengan
berserakan di tempat sampah meruah
wahai engkau yang peduli aku
tak pedulikan batasan usiamu
rawatlah aku
ejalah aku
bacalah aku
perkata kau maknakan
perlembar kau resapkan
perbuku kau interpretasikan
yakin adaku kan membawa penerang
yakin adaku menjadi jendela ilmu
yakin bahwa hadirku menjadi cakrawala pengetahuanmu
te te de Buku
Purwodadi, 15 Maret 2019
Puisi "Darurat Membaca" ditampilkan di acara penutupan Pameran Buku Dinarpusda 2019
KUESIONER PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
INSTANSI PENYELENGGARA PELAYANAN PEMERINTAH
DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH
KABUPATEN GROBOGAN
SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK
Bapak/Ibu/Saudara Terhormat,
Pemerintah dan dunia sangat membutuhkan informasi unit pelayanan instansi pemerintah secara rutin. Untuk itu Pemerintah berupaya menyajikan INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT secara rutin, yang diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai kualitas pelayanan di instansi pemerintah kepada masyarakat. Indeks tersebut diperoleh berdasarkan pendapat masyarakat, yang dikumpulkan melalui SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP UNIT PELAYANAN PUBLIK.
Survei ini MENANYAKAN PENDAPAT masyarakat, mengenai pengalaman dalam memperoleh pelayanan instansi pemerintah atas penyelenggaraan pelayanan.
PERTANYAAN SENGAJA DIRANCANG SESEDERHANA MUNGKIN, untuk tidak mengambil waktu Bapak/Ibu/Saudara yang sangat berharga. Pendapat Bapak/Ibu/Saudara akan sangat membantu keberhasilan survei ini sebagai dasar penyusunan indeks kepuasan masyarakat dalam upaya meninggatkan mutu pelayanan instansi pemerintah kepada masyarakat.
Atas perhatian dan partisipasinya,disampaikan terimakasih.
KUESIONER SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)
PADA UNIT LAYANAN PERPUSTAKAAN DAERAH
KABUPATEN GROBOGAN
DATA RESPONDEN
(Berikan ceklist (v) di depan keterangan jawaban yang dipilih)
Jenis Kelamin |
: |
L |
P |
USIA |
: ......... |
TAHUN |
|||
Pendidikan |
: |
SD |
SLTP |
SLTA |
DIPLOMA |
||||
S1 |
S2 |
S3 |
|||||||
Kelompok Pemustaka |
: |
SD |
SLTP |
SLTA |
MAHASISWA |
||||
PNS |
TNI/POLRI |
UMUM |
PENDAPAT RESPONDEN TENTANG PELAYANAN
(Lingkari kode huruf sesuai jawaban responden)
3. Bagaimana pendapat Saudara tentang kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan
TERIMA KASIH ATAS PARTISIPASINYA
Komentar Pengunjung