Judul              : PENDIDIKAN HOLISTIK

Penulis            : Dr. Amie Primarni

Penerbit         : AMP Prees

Cetakan          : 2016

Tebal              : 245 halaman

ISBN              : 978-602-9247-16-9

 

Sejak 2500 tahun yang lalu Socrates telah berkata bahwa tujuan yang paling mendasar dari pendidikan adalah untuk membuat seseorang menjadi ’’good and smart’’. Manusia yang terdidik seharusnya menjadi orang bijak, yaitu yang dapat menggunakan ilmunya untuk hal-hal yang baik (beramal saleh), dan dapat hidup secara bijak dalam seluruh aspek kehidupan berkeluarga, bertetangga, bermasyarakat, dan bernegara. Karenanya, sebuah sistem pendidikan yang berhasil adalah yang dapat membentuk manusia-manusia berkarakter yang sangat diperlukan dalam mewujudkan sebuah Negara yang terhormat.

Namun pendekatan pendidikan Socrates itu belum mampu memberikan sesuatu yang baru bagi perubahan paradigm pendidikan kita. Hal ini karena pendekatan yang digunakan adalah filsafat humanisme barat yang hanya menitikberatkan pada kehidupan manusia di dunia, tanpa ada hubungannya dengan Tuhan. Padahal persoalan manusia bukan hanya masalah duniawi tetapi juga menyangkut persoalan ukhrawi.

Oleh karena itu harus ada paradigm baru dalam pendidikan kita, yaitu paradigma yang bersifat holistic. Konsep pendidikan holistic sesungguhnya dapat kita gali dari pendidikan Islam. Pendidikan harus dapat mendorong pertumbuhan bagi manusia dalam segala aspeknya baik itu spiritual, intlektual, imajinatif, fisik, ilmiah maupun Bahasa.

Pendidikan Islam mendorong semua aspek kehidupan manusia menuju kearah yang lebih baik dan membentuk individu-individu yang tunduk pada ajaran Allah Swt. Pendidikan Islam mengembangkan segala aspek yang dimiliki oleh manusia, baik itu aspek kognitif, afektif maupun konatif yang bertoleransi erat dengan tiga konsep fundamental Islam yaitu Iman, Ihsan dan Islam.

Buku Pendidikan Holistik ini memberikan pengetahuan yang ditulis dengan bahasa yang tidak menggurui, sangat cocok untuk bekal mendidik anak-anak. Selamat Membaca...

(ARIFAHNR)