Purwodadi – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan menggelar acara serah terima jabatan Kepala Dinarpusda di Ruang Aula Dinarpusda Lantai II pada Jumat (18/9/2020) dan dihadiri semua karyawan - karyawati Dinarpusda.

Seperti diketahui, Ir. Ahmadi Widodo, MT. yang sebelumnya menjabat Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah yang juga merangkap sebagai Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Grobogan, digantikan oleh Supriyanto, S.Sos, MM. yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Umum Sekretariat Daerah. Acara tersebut selain dilakukan penandatanganan berita acara serah terima jabatan, juga diserahkan memori jabatan dari pejabat yang lama kepada pejabat yang baru yang disaksikan Bupati Grobogan, Sri Sumarni, SH, MM.

Dalam sambutannya, Ir. Ahmadi Widodo, MT menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya selama kurang lebih 9 bulan kepada segenap karyawan. Beliau juga berpesan semoga dengan kepemimpinan yang baru dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja Dinarpusda Kabupaten Grobogan dalam hal pelayanan kearsipan dan perpustakaan.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Pada tanggal 22 Oktober 2019 melaksanakan Bintek Pengelola Arsip Dan Perpustakaan Internal, kegiatan ini di selenggarakan bagi Pegawai Dinarpusda dengan tujuan membekali seluruh pegawainya dengan kemampuan dasar sebagai petugas arsip maupun pengelola perpustakaan. Kegiatan dilaksanakan di gedung wisuda budaya.

Bintek dibuka oleh Sekretaris Dinarpusda Ibu Dra. TJatur Widyatoeti dan menghadirkan Narasumber dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Materi “Manajemen Arsip Dinamis Dalam Menunjang Pelaksanaan Pengawasan” disampaikan oleh Ibu Diyah Wahyuningsih, adapun Ibu Andriani  menyampaikan materi “iJATENG Perpustakaan Digital Provinsi Jawa Tengah”.

Kegiatan bintek ini dilanjutkan studi banding ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Probolinggo. Perpustakaan Kabupaten Probolinggo tidak lagi hanya menjadi tempat baca namun telah bertransformasi menjadi pusat belajar dan berkegiatan masyarakat. Kegiatannya pun tidak lagi hanya sekedar meminjamkan dan mengembalikan buku saja. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo telah mengembangkan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Perpustakaan menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk berkegiatan dan melakukan edukasi. (ArifahNR)

 

Pameran Buku Grobogan 2018 mengambil tema “Tingkatkan Budaya Gemar Membaca, Tanamkan Nilai Nasionalisme Dan Kebangsaan” resmi dibuka oleh Bupati Grobogan (Ibu Sumarni, SH. MM.) didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili bapak Drs. Nugroho, MM. pada Selasa, 13 Maret 2018 di alun-alun Purwodadi Grobogan.

Pada kesempatan ini pula Bupati Grobogan berkenan mengukuhkan “Laskar Baca Grobogan” yang terdiri dari adik-adik pengurus OSIS SMU dan SMK se-Kabupaten Grobogan, yang akan mensukseskan program literasi budaya gemar membaca di lingkungan sekolah masing-masing.

            Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Grobogan ke 292, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan CV. Netral Organizer New menyelenggarakan Pameran Buku Grobogan selama 7 (tujuh) hari mulai tanggal 13 s.d. 19 Maret 2018.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Bapak Drs.Muryanto, MM. menyampaikan “Pameran ini bertujuan meningkatkan minat masyarakat untuk gemar membaca dengan menyediakan buku dan informasi”. Beliau juga berharap “Kegiatan ini dapat meningkatkan keberadaan dan peran serta  Dinas kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dalam rangka meningkatkan minat baca warga masyarakat, kualitas pengetahuan dan wawasannya, yang pada akhirnya dapat tercipta masyarakat membaca”.

Pameran ini menyediakan buku bacaan pelajaran, ilmu pengetahuan, pengetahuan praktis, buku keagamaan, biografi tokoh terkenal, buku acuan akademis, komik dan novel-novel best seller yang menarik minat para pengunjung. Di arena pameran selain aneka buku, pengunjung juga dapat menemukan produk-produk pendukung lainnya seperti alat peraga edukatif, batik, tas, sepatu, kerajinan tangan, boneka dan lainnya. Disana pengunjung juga dimanjakan dengan wisata kuliner kekinian dan makanan khas Purwodadi.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan juga bekerjasama dengan perbankan di Grobogan seperti Bank BRI, BPD dan BPR BKK Purwodadi guna menyelenggarakan acara pendukung pameran seperti lomba Menyanyi lagu  nasional/perjuangan, lomba Fashion Show Batik Grobogan, lomba tari untuk SLTP, Lomba Band dan Nasyid untuk SLTA. Adapun kegiatan pendukung yang diselenggarakan oleh CV. Netral Organizer New meliputi lomba baca puisi, lomba karaoke, lomba mewarnai untuk KB, TK SD kelas 1-3 dan Lomba Menggambar untuk SD kelas 4-6.

Selain itu, setiap malam selama kegiatan pameran akan ditampilkan pentas musik dan tari yang dipersembahkan oleh SMKN 1 Purwodadi, SMPN 1 dan 2 Purwodadi. Ada juga pentas band oleh bank BRI dan BPR BKK.

Pameran Buku Grobogan 2018 ini memang dikemas SERU untuk dijadikan tempat berburu ilmu dan rekreasi keluarga. Buat Kamu Masyarakat Grobogan dan sekitarnya… sesuai pesan Bupati Grobogan dalam sambutannya “Jadikan Pameran Buku Grobogan 2018 sebagai pusat referensi ilmu pengetahuan sekaligus tempat rekreasi yang menyenangkan bagi semua kelompok masyarakat”. (ArifahNR)

“SUKSESKAN PAMERAN BUKU GROBOGAN 2018”

Dalama rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai tenaga pengelola Perpustakaan Sekolah/Masyarakat dan mewujudkan masyarakat Kabupaten Grobogan yang gemar membaca, cerdas berkualitas, berkepribadian, dan memiliki daya saing yang tinggi, maka Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada tahun 2015 ini, akan menyelengarakan Bimtek Perpustakaan Sekolah/Masyarakat se Kabupaten Grobogan.

Berikut adalah agendanya sebagai berikut :

Tanggal : 21 – 23 September 2015
Tempat : Aula Kantor Perpustakaan Daerah Kab. Grobogan
Peserta : 100 Orang

Demikian agenda acara Bimtek, dengan mengikuti Bimtek Perpustakaan Sekolah/Masyarakat ini, kami berharap para pengelola para pengelola perpustakaan akan memiliki bekal yang cukup berkaitan dengan wawasan, pengetahuan perpustakaan maupun ketrampilan teknis dalam pengelolaan perpustakaan, sehingga akan mampu berperan secara maksimal dalam menunjang kelancaran dan keberhasilan melaksanakan tugas di Instansi tempat saudara bekerja, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua.

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com