Halaman dan ruang Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan nampak merah dan penuh keceriaan dengan gerak lincah dan tawa ratusan anak-anak. Pagi itu, diantar oleh orang tua dan sebagian besar didampingi oleh guru, mereka melakukan daftar ulang dan mengambil perlengkapan lomba yang diadakan di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Jl. Jenderal Sudirman No. 39 Purwodadi. Anak-anak PAUD dan TK ini berpartisipasi dalam lomba mewarnai dan melengkapi gambar guna menyemarakkan Acara Pesta Buku Gramedia 2014.

Hanya dengan uang pendaftaran Rp. 25.000,- yang sebelumnya telah dikoordinasikan dengan Ibu Rini Wahyuningsih selaku Ketua Himpaudi untuk lomba kategori A (Kelompok Bermain/PAUD) dan Ibu Sukarti Ketua IGTKI untuk kategori B (Kelompok Taman Kanak-Kanak/TK) di sekolah masing-masing. Saat mendaftar ulang anak-anak mendapat fasilitas Pensil warna color wizz 12s, kaos anak, piagam, snack dan kertas gambar. Kaos anak sengaja dipilihkan warna merah, Merah yang berarti berani, dijadikan sebagai simbol semangat berani untuk melangkah maju.

Semangat Berani melangkah maju menghadapi masa depan, mengikuti perkembangan teknologi, tampil mengukir prestasi dan semangat positif lainnya. Seperti halnya semangat yang ingin dikobarkan Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan kepada generasi muda dan masyarakat Grobogan melalui Kebangkitan Grobogan Membaca “Membaca Itu Keren”.

Semangat mencintai produk dalam negeri juga ditunjukkan melalui pilihan peralatan yang digunakan dalam lomba mewarnai dan melengkapi gambar ini. Pilihan produk color wizz, pensil warna yang mempunyai berbagai gradasi turunan warna turut memberi semangat aspirasi warna dalam menuangkan seluruh karya serta imajinasi anak-anak. Sehingga anak semakin berani dalam mengekspresikan seluruh karya seninya.

Setelah memakai kaos peserta dan mendapatkan nomor undian yang ditempel di kaos bagian dada sebelah kanan, peserta membawa snack, pencil warna color wizz dan kertas gambar yang sudutnya telah diberi nomor undian yang sama dengan nomor undian di bagian dada ke tempat lomba sesuai kelompok/kategorinya.

Pada Lomba Mewarnai dan melengkapi Gambar ini peserta dibedakan menjadi 2 kategori yaitu kategori A untuk Kelompok Bermain/PAUD dan kategori B untuk anak TK (Taman Kanak-Kanak). Selama 90 menit anak-anak TK dan KB/PAUD ini menuangkan imajinasi mereka dengan pencil warna color wizz diatas kertas gambar masing-masing.

Dengan jatah waktu yang sama (1,5 jam), Anak-anak KB/PAUD yang mengikuti lomba di halaman Kantor Perpustakaan Daerah tampaknya lebih cepat mengakhiri kegiatan menggambarnya ketimbang anak-anak TK atau Kategori B yang berlomba di ruang layanan perpustakaan daerah.

Setelah mengikuti lomba mewarnai & melengkapi gambar, anak-anakpun aktif berpartisipasi memeriahkan acara di panggung mempersembahkan lagu, puisi maupun tarian tradisional.