Judul              : PENDIDIKAN HOLISTIK

Penulis            : Dr. Amie Primarni

Penerbit         : AMP Prees

Cetakan          : 2016

Tebal              : 245 halaman

ISBN              : 978-602-9247-16-9

 

Sejak 2500 tahun yang lalu Socrates telah berkata bahwa tujuan yang paling mendasar dari pendidikan adalah untuk membuat seseorang menjadi ’’good and smart’’. Manusia yang terdidik seharusnya menjadi orang bijak, yaitu yang dapat menggunakan ilmunya untuk hal-hal yang baik (beramal saleh), dan dapat hidup secara bijak dalam seluruh aspek kehidupan berkeluarga, bertetangga, bermasyarakat, dan bernegara. Karenanya, sebuah sistem pendidikan yang berhasil adalah yang dapat membentuk manusia-manusia berkarakter yang sangat diperlukan dalam mewujudkan sebuah Negara yang terhormat.

Namun pendekatan pendidikan Socrates itu belum mampu memberikan sesuatu yang baru bagi perubahan paradigm pendidikan kita. Hal ini karena pendekatan yang digunakan adalah filsafat humanisme barat yang hanya menitikberatkan pada kehidupan manusia di dunia, tanpa ada hubungannya dengan Tuhan. Padahal persoalan manusia bukan hanya masalah duniawi tetapi juga menyangkut persoalan ukhrawi.

Oleh karena itu harus ada paradigm baru dalam pendidikan kita, yaitu paradigma yang bersifat holistic. Konsep pendidikan holistic sesungguhnya dapat kita gali dari pendidikan Islam. Pendidikan harus dapat mendorong pertumbuhan bagi manusia dalam segala aspeknya baik itu spiritual, intlektual, imajinatif, fisik, ilmiah maupun Bahasa.

Pendidikan Islam mendorong semua aspek kehidupan manusia menuju kearah yang lebih baik dan membentuk individu-individu yang tunduk pada ajaran Allah Swt. Pendidikan Islam mengembangkan segala aspek yang dimiliki oleh manusia, baik itu aspek kognitif, afektif maupun konatif yang bertoleransi erat dengan tiga konsep fundamental Islam yaitu Iman, Ihsan dan Islam.

Buku Pendidikan Holistik ini memberikan pengetahuan yang ditulis dengan bahasa yang tidak menggurui, sangat cocok untuk bekal mendidik anak-anak. Selamat Membaca...

(ARIFAHNR)

Karya Sri Penny Alifiya Habiba

 

Aku kaku dalam almari kayu

dipajang dilihat sambil lalu 

jangankan menyentuhku

sekedar membuka saja tak ada waktu

 

aku terkubur dalam lembaran bisu

tak menahu kapan aku di eja bersama waktu

 

aku bungkam tak tentu

sebagaimana mata mengelak karena adaku

tak ada yang pedulikan aku

merintih aku dalam kesakitan karena miskin pedulimu

 

aku adalah makna dari beribu milyaran ilmu

aku adalah ilmu yang tak kan usang dimakan waktu

aku adalah lembaran mutu

dan aku adalah harta karun dari segala ilmu

 

tapi kini aku sedang lara bak tersayat sembilu

karena aku sudah tidak dirindukan pecanduku

sudah tak di lirik oleh pengagumku

tak dibaca oleh penyandang kutu buku

  

betapa kejamnya waktu

karena aku tlah disingkirkan oleh penggemarku

tlah dibiarkan lapuk dalam almari kayu

warnaku dibiarkan menua tanpa dibaca

membiarkanku terpajang tanpa makna

membiarkanku jadi sampah gorengan 

berserakan di tempat sampah meruah 

 

wahai engkau yang peduli aku

tak pedulikan batasan usiamu

rawatlah aku

ejalah aku

bacalah aku

perkata kau maknakan

perlembar kau resapkan

perbuku kau interpretasikan

yakin adaku kan membawa penerang

yakin adaku menjadi jendela ilmu

yakin bahwa hadirku menjadi cakrawala pengetahuanmu

te te de Buku

 

Purwodadi, 15 Maret 2019

Puisi "Darurat Membaca" ditampilkan di acara penutupan Pameran Buku Dinarpusda 2019

 

Judul                     : THE ADVENTURES OF TOM SAWYER

Penulis                 : Zulkarnaen Ishak

Penerbit               : Shira Media

Cetakan               : 2015

ISBN                    : 978-602-1142-54-7

 

THE ADVENTURES OF TOM SAWYER

 

Sebagian besar petualangan yang tertuang dalam novel ini adalah pengalaman sang Penulis sendiri, sisanya adalah pengalaman teman-teman sekolahnya. Tokoh Huck Finn diambil dari kehidupan nyata, begitu pula Tom Sawyer, namun tidak dengan karakter tiga anak laki-laki yang ada di novel ini. Setiap alur novel ini memiliki tatanan arsitektur yang saling berjalinan.

Bercerita tentang takhayul aneh yang menyentuh semua orang di kalangan anak-anak dan budak di barat pada masa berlangsungnya kisah ini yaitu pada kurun waktu tiga puluh atau empat puluh tahun silam.

Novel ini ditujukan terutama sebagai hiburan bagi anak-anak, namun sangat asyik juga dinikmati oleh orang-orang dewasa, sekedar untuk mencoba mengingatkan orang-orang dewasa mengenai apa yang mereka lakukan di masa lampau, dan bagaimana mereka merasa dan berpikir serta berbicara, dan peristiwa-peristiwa janggal yang terkadang mereka alami.

Novel ini memberikan petualangan membaca yang tidak ingin berhenti, penasaran... yuk dibaca.

(ArifahNR)

Judul               : The Island Of Java Sejarah Tanah Jawa

Penulis            : John Joseph Stockdale

Penerbit          : Indoliterasi

Cetakan          : 1, 2014

ISBN              : 978-602-1129-02-9

SEJARAH TANAH JAWA

Sebuah karya klasik yang luar biasa. Saat membaca baris demi barisnya, sebuah keharuan yang mendalam dan menyentuh. Bahasanya mengalir, kita seperti diajak berjalan jalan menyusuri sebuah pulau yang begitu mempesona sekaligus tersentuh oleh kondisi penduduknya dimasa lalu.

Buku ini merupakan hasil pengamatan antara tahun 1760-an. Hingga awal tahun 1800-an. Karena metode yang dipergunakan adalah metode pengamatan, maka buku ini terdengar sangat nyata. Sangat bermanfaat untuk mengenal, memahami dan mempelajari apa yang pernah terjadi di Pulau Jawa.

Digambarkan secara gamblang pula bagaimana kompeni pemerintahan Belanda, mampu menguasai Jawa dan penduduknya dengan metode pemecah-belahan. Para penguasa Jawa dikondisikan untuk tidak rukun, dengan begitu kompeni mudah dalam membujuk dan menanggung keuntungan mereka. Bahkan saat seorang Raja Jawa mangkat, kompenilah yang menunjuk penggantinya. Dijelaskan pula bagaimana Batavia pernah menjadi wilayah yang paling menakutkan dengan iklim yang panas dan mematikan. Banyak orang Eropa yang tinggal di daerah ini tewas akibat iklim dan cuaca yang tidak mendukung.

Buku ini juga menggambarkan watak dan kepribadian orang Jawa dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Beberapa hal tentang penduduk China yang tinggal di Jawa juga disinggung dan dibahas. Tentang hukum dan perpajakan yang berlaku di Pulau Jawa bagi penduduk asing dan pribumi. Yuk dibaca…

(JAS MERAH, Jangan Melupakan Sejarah)

(ArifahNR)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com