Buku terjemahan "The 100: A Ranking Of The Most Influential Person In History"

 

Judul : 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia (edisi revisi)

Penulis : Michael H. Hart

Penerbit : Noura Books

Cetakan : 2019

ISBN : 978-6023857869

Klasifikasi : 920.02

Buku dengan judul asli “The 100: A Ranking Of The Most Influential Person In History” ini ditulis oleh Michael H. Hart pada tahun 1978. Pertama kali diterbitkan, buku ini menuai kontroversi dan dihujani kritik. Karena sang penulis, Michael H. Hart, berani mengambil keputusan menempatkan Nabi Muhammad SAW. di urutan pertama daftar 100 tokoh paling berpengaruh dalam sejarah dunia. Padahal Hart sendiri nonmuslim dan Islam bukanlah agama terbesar di dunia.

Tolok ukur yang digunakan Hart untuk menentukan peringkat bukanlah tingkat kepintaran, kekuatan, ataupun kehebatan, melainkan tingkat pengaruh dan seberapa besar tokoh tersebut mengubah arah sejarah, mendorong kebangkitan dan kejatuhan peradaban, serta menentukan langkah takdir jutaan manusia.

Sejak edisi pertama buku ini ditulis pada tahun 1978, telah terjual jutaan eksemplar dan dibaca berbagai kalangan. Alasan untuk membuat revisi buku “100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia” adalah bahwa sejarah tidak berhenti di tahun 1978. Setelah tahun 1978 telah banyak peristiwa baru terjadi dan tokoh-tokoh sejarah baru bermunculan sehingga buku ini membutuhkan revisi karena dunia telah berubah.

Dalam edisi terbaru ini, Michael Hart merevisi daftar dan peringkat yang dia buat karena menurut dia pengaruh dari sebagian orang yang dipilihnya telah berubah seiring dengan waktu. Nama-nama baru juga mulai bermunculan di panggung dunia. Ada tiga nama baru yang masuk dalam urutan seratus teratas, yaitu Mikhail Gorbachev, Ernest Rutherford, dan Henry Ford. Adapun nama yang keluar dari urutan 100 tokoh berpengaruh adalah Niels Bohr, Pablo Picasso dan Antoine Henri Becquerel.

Seratus bahasan riwayat hidup tokoh berpangaruh dibuku ini ditulis Hart secara informatif sekaligus menghibur mudah dicerna, singkat-padat dan tajam dengan argumentasi yang meyakinkan. Hart juga menegaskan bahwa dalam membuat urutan tokoh sekali lagi atas dasar pengaruhnya, bukan karena nama besar atau terkenal baik itu baik atau buruk karakter sang tokoh.

Buku ini telah mendapatkan banyak apresiasi dari beberapa kalangan pers, seperti Roger Bonham dalam Columbus Dispatch dan ulasan Scholastic Magazine. Terpajang manis diruang referensi Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobagan, menunggu menambah pengetahuan dan wawasanmu akan dunia. (ArifahNR)