Cover buku Under-Achiever

Judul               : Under-achiever

Penulis            : Evy Sofia

Penerbit          : Metagraf

Cetakan          : 2019

ISBN               : 9786237013761

Under-achiever merupakan masalah serius dalam dunia pendidikan. Sayangnya, belum banyak guru dan orang tua yang memahami fenomena ini. Masih banyak kalangan yang berpersepsi salah bahwa kecerdasan murid berbanding lurus dengan deretan nilai yang tercetak dalam lembaran rapor atau hasil ujian nasional.

Di Indonesia sendiri, terdapat sekitar 35% murid berinteligensi tinggi yang menjadi under-achiever. Sebuah data yang cukup mencegangkan. Hanya saja, belum banyak akademisi yang melakukan riset untuk menggali faktor penyebab under-achiever sehingga guru dan orang tua menemui kesulitan dalam melakukan penanganan kasus.

Buku ini merupakan pengembangan tesis Evy Sofia, peraih predikat cumlaude pada jenjang kuliah S-2 di Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ketertarikan penulis terhadap fenomena under-achiever bermula dari tugasnya sebagai guru bimbingan dan konseling yang menghadapi kasus ini secara langsung di lapangan. Dalam penyusunan tesisnya, penulis melakukan explorasi mendalam untuk memahami murid-murid pintar yang prestasinya tidak sesuai dengan potensinya itu.

Untuk mendapatkan data yang diperlukan, Penulis melakukan wawancara pada anak orang tua, guru, dan teman-teman anak under-achiever. Wawancara dengan anak, guru, dan teman terdekat anak dapat dilakukan tanpa kendala yang berarti. Wawancara dengan orang tualah yang sarat dengan perjuangan karena tidak semua narasumber dapat ditemui dengan mudah. Kesibukan dalam melakukan pekerjaannya bahkan menuntut beberapa orangtua tinggal di kota lain dan mobilitasnya sangat tinggi. Kesabaran dan ketelatenan penulis sangat diuji untuk menunggu waktu yang memungkinkan guna melakukan wawancara dengan orangtua.

Namun perjuangannya berbuah manis, dengan kerja keras dan kerja cerdasnya, penulis mampu memperoleh data riset melimpah yang mampu menjawab keingintahuannya tentang under-achiever dan semangat untuk mendiskusikan temuan dalam risetnya.

Kristal-kristal pemahaman tentang under-achiever dalam riset tesis penulis dikemas menjadi bahasa renyah yang tertuang dalam buku ini agar mudah dipahami oleh berbagai kalangan. Bagian yang membahas tentang intervensi kasus ditambahkan guna membantu orang tua dan guru dapat kembali melejitkan potensi. Akhir kata, semoga buku ini dapat menginspirasi pendidik lainnya untuk mencurahkan potensinya dengan menjalankan tugas sepenuh hati. Saatnya berjuang bersama mewarnai dunia pendidikan dengan sentuhan kasih sayang, sikap pengertian, belajar yang menyenangkan, serta dukungan tiada henti untuk sebuah harapan terwujudnya generasi masa depan yang kreatif, kompeten, dan penuh daya juang.

Berbasis riset studi kasus yang mendalam, buku ini hadir untuk memberikan jawaban tentang penyebab under-achiever beserta intervensinya. Bahasa yang mengalir dan mudah dipahami membuat buku ini layak dibaca oleh guru, orang tua, praktisi pendidikan, psikolog, konselor, dan semua kalangan yang memiliki kepedulian menjadikan anak-anak Indonesia sebagai generasi terbaik di masa depan. Selamat membaca. (ArifahNR)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com