Buku "Ciputra The Entrepreneur The Passion of My Life"

Judul               : Ciputra The Entrepreneur The Passion of My Life

Penulis            : Alberthiene Endah

Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan          : 2018

ISBN               : 978-6020377032

 

Passion membuat saya mau mengerahkan kemampuan terbaik saya, cinta saya, hati saya, bahkan juga saya siap menderita karena itu(Ciputra)

Menurut Alberthiene Endah penulis buku biografi Ciputra The Entrepreneur The Passion of My Life, buku ini adalah sebuah kisah untuk menginspirasi dan memotivasi masyarakat Indonesia bahwasanya mereka memiliki hak untuk menciptakan impian terindah, berinovasi, dan berjerih payah untuk mencapainya. Penulis ingin mempresentasikan sosok Ciputra bukan hanya sebagai pengusaha besar dan tokoh filantrofis negeri, tetapi sebagai pribadi yang gigih dan rela menderita demi passion yang teguh dia wujudkan. Pembaca tentu dapat meneladani etos kerja dan sikap hidupnya.

Adapun tokoh buku ini, Bapak Ciputra berharap buku Ciputra The Entrepreneur The Passion of My Life bisa menjadi salah satu warisan yang dia tinggalkan tidak hanya untuk anak cucu, tetapi seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda. “Saya berharap buku ini dapat mengingatkan generasi muda untuk memiliki integritas, profesionalisme, dan semangat kewirausahaan”.

Buku ini berisi tentang perjalanan hidup Bapak Ciputra, sebagai pelopor dalam bidang properti di Indonesia. Dimulai dari Ciputra kecil dengan nama lahir Tjie Tjin Hoan (24 agustus 1931) hingga beliau sukses membangun beberapa perusahaan dalam bidang properti.

Di awali dari sejarah keluarga dan cerita yang sangat membekas dalam hidup beliau saat kecil, waktu Ayahnya dibawa paksa oleh tentara Jepang dan akhirnya meninggal dunia di tahanan. Sejak saat itulah, Ciputra kecil sudah berjuang menjalani hidup bersama ibu dan saudara-saudaranya. Kehidupan Ciputra sejak kehilangan sosok ayah sampai dengan tamat sekolah menengah atas dijalani di pulau Sulawesi. Kehidupan sederhana di pedesaan, bergaul dengan alam, hobi berburu dan bertani dijalani beliau bersama ibunda. Dari kecil Ciputra memang berbakat dan senang dengan hal-hal berbau bangunan. Hal inilah yang menjadi dasar beliau akhirnya mengambil jurusan arsitektur pada saat kuliah di ITB.

Selepas sekolah menengah atas, beliau akhirnya masuk ke ITB. Saat masih menjadi mahasiswa, beliau sudah berjuang mendirikan CV. Daya Cipta yang sekarang menjadi PT. Perentjana Djaja. Pada 1961, gebrakan besarnya dimulai dengan menggawangi PT. Pembangunan Jaya. Dengan memanfaatkan modal awal yang hanya bernilai Rp 10 juta, pria kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah itu lantas berhasil mengembangkan usahanya PT. Ciputra Development dengan total aset mencapai Rp32 triliun.

Perjalanan sebagai pelopor dalam bidang properti di Indonesia diawali dari proyek pembangunan Pasar Senen. Pasar Senen yang merupakan permasalahan ibukota saat itu, berhasil beliau selesaikan dengan dukungan pemerintah propinsi. Dari keberhasilan tersebut, akhirnya diikuti oleh keberhasilan-keberhasilan lain dalam perencanaan wilayah Jakarta. Ancol, Bintaro Jaya, dan Pondok Indah merupakan beberapa bukti keberhasilan beliau.

Membaca buku biografi ini, kita dapat merasakan semangat beliau benar-benar luar biasa dalam menjalankan dua kehidupannya sebagai seorang arsitek dan juga kehidupan sebagai seorang entrepreneur. Pemaparannya sangat detail, runtut dan kata-kata semangatnya di setiap bab benar-benar sangat mengena dan motivasi, terutama prinsip IPE (Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship) beliau. Sangat direkomendasikan untuk dibaca. (ArifahNR)

 

 “Kehidupan ini bukan tentang setinggi apa kita bisa mencapai sesuatu, tapi semampu apa kita bisa mengisi hidup ini dengan sesuatu yang berarti dan memiliki nilai.

Kita mungkin bisa mencapai tempat yang tinggi, tapi ketika kita jatuh bukan berarti kita gagal.” (Ciputra)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com