Apa sebenarnya Pendidikan Keuangan itu?

 

Judul           : WHY THE RICH ARE GETTING RICHER

Penulis         : Robert T. Kiyosaki

Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan       : 2019

ISBN           : 978-602-06-2946-9

Klasifikasi    : 658.8342

 

Buku ini mengajarkan tentang keuangan yang tidak diajarkan di bangku sekolah. Pendidikan keuangan yang implementasinya sangat nyata saat ini dan dimasa mendatang. Buku ini adalah bekal istimewa tentang keuangan masa kini, benar-benar menantang dan mengubah cara pikir tentang keuangan.

Robert Kiyosaki dua puluh tahun lalu menulis buku “Rich dad Poor dad”, buku pengelolaan keuangan pribadi nomor 1 sepanjang sejarah. Buku “Why The Rich Are Getting Richer” ini merupakan versi akademis dari buku “Rich dad Poor dad” yang menjelaskan apa sebenarnya pendidikan keuangan itu dan mengapa orang kaya semakin kaya.

Kenapa penabung adalah Pecundang? dulu penabung adalah pemenang, dulu menabung bisa menjadi kaya. Sekarang penabung adalah pecundang.

Dahulu kala bank saling bersaing untuk mendapatkan tabungan kita dengan reward pendapatan bunga. Hari ini Bank menginginkan pengutang, orang-orang yang tahu cara meminjam uang. Karena itulah suku bunga sangat rendah.

Mengapa utang membuat orang kaya semakin kaya? Utang adalah uang. Dengan pendidikan keuangan kita belajar menggunakan utang untuk membuat kita Kaya. Sebagian besar orang masih percaya bahwa menabung itu bermanfaat , tidak menyadari bahwa setelah 1971, utang adalah uang. Tanpa pendidikan keuangan, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa aturan uang sudah berubah. Bila anda ingin menjadi lebih kaya, berinvestasilah pada pendidikan keuangan sebelum anda menggunakan utang sebagia uang. Belajar menggunakan utang untuk membuat anda kaya memberi anda kekuatan yang luar biasa, kekuatan yang tak dialami banyak orang.

Awali dengan buku ini untuk melek keuangan dan memahami enam kata dasarnya, yaitu : Pendapatan, Pengeluaran, Aset, Liabilitas, Kas dan Arus. Selamat belajar, Salam Literasi Finansial... (ArifahNR)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com