WhatsApp Image 2020 12 07 at 12.49.50

 

Guna mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan akuntabel serta membangun kesadaran masyarakat dan aparat pemerintahan desa akan pentingnya arsip dan upaya menyelamatkan arsip sebagai bukti pertangggungjawaban serta sumber informasi yang autentik dan terpercaya, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan melalui Bidang Kearsipan melaksanakan kegiatan pendampingan kepada 2 (dua) desa di yaitu Desa Jatilor Kecamatan Godong dan Desa Wolo Kecamatan Penawangan untuk menjadi desa percontohan tertib arsip tahun 2020.

Kegiatan dilaksanakan mulai pada tanggal 8 Juli 2020 sampai dengan tanggal 30 Juli 2020 secara bergantian, dengan rangkaian kegiatannya meliputi Sosialisasi, penyerahan bantuan sarana prasarana pengelolaan kearsipan, pendampingan penataan arsip dinamis, pendampingan penggunaan aplikasi SIKD ( Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) dan pendampingan pengelolaan arsip keluarga.

Meskipun dalam situasi pandemi Covid 19, namun kegiatan tetap dilaksanakan dengan tetap mengacu pada protocol kesehatan secara ketat, sehingga keamanan tim pelaksana dari Dinarpusda dan perangkat desa bisa terlindungi dengan baik.

Hasil yang diharapkan dari pembentukan desa percontohan desa tertib arsip adalah agar ke depannya 2 (dua) desa tersebut dapat terus menerapkan pengelolaan kearsipan desa sesuai dengan NSPK (Norma, Standar, Prosedur dan Kaidah) kearsipan. Mengingat saat ini desa mempunyai tugas pokok yang sangat berat terakit dengan pelayanan masyarakat dan mengelola anggaran dana desa yang sangat besar, sehingga diperlukan pengelolaan kearsipan yang baik.