Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Tenaga Pengelola Kearsipan Sekolah dalam melaksanakan penataan kearsipan baik surat masuk maupun surat keluar sangat diperlukan, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada tanggal 25-26 Juni 2019 menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kearsipan bagi Pengelola Arsip Sekolah Dasar se-Kabupaten Grobogan Tahun 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Aula BPLKMD Kecamatan Purwodadi, diikuti oleh 60 orang peserta dari Sekolah Dasar se-Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Adapun Biaya Pelaksanaan Bimbingan Teknis Kearsipan ini bersumber dari APBD Tahun 2019.

Melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta memberikan dorongan/motivasi untuk tertib arsip bagi pengelola kearsipan dilingkungan sekolah dasar. Tertib Arsip akan menciptakan kelancaran dan keberhasilan dalam pelaksanaan tugas khususnya kegiatan administrasi dilingkungan kerja.

Bimbingan Teknis Kearsipan bagi Pengelola Arsip Sekolah Dasar ini menghadirkan Narasumber dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Ibu Yuvita Prapti H, S.Sos., MM. (Arsiparis Madya) dan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Ibu Endang Purwaningsih, A.Md. (Kasi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan). Adapun Materi yang disampaikan dalam bimbingan teknis ini meliputi : Pengantar Kearsipan, Pengurusan Surat Dilingkungan Sekolah, Prosedur Pengurusan Surat, dan Praktek Penataan Berkas.

Arsip memiliki fungsi dan peran sebagai memori kolektif yang memuat informasi tentang :

  1. Pemerintahan dan pembangunan, sebagian diantaranya menyangkut jatidiri bangsa, warisan budaya, dan simpul pemersatu bangsa.
  2. Bahan keterangan, informasi yang penting bagi pertimbangan dalam perencanaan kegiatan, pelaksanaan dan evaluasinya.
  3. Bukti pelaksanaan dan pertanggung jawaban.

            Seiring dengan meningkatnya fungsi dan peran suatu organisasi, lembaga instansi atau Sekolah memiliki konsekuensi makin bertambahnya arsip, jika tidak dikelola dengan baik akan makin menumpuk. Salah satu tolok ukur pengelolaan/pengolahan arsip yang baik adalah arsip dapat ditemukan kembali dengan cepat dan tepat, sehingga segera dapat digunakan sebagai sajian informasi/data.

            Sebagaimana pesan Bapak Drs. Muryanto, MM. (Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan) dalam sambutan pembukaannya, beliau meyampaikan “agar setelah mendapatkan bimbingan teknis tentang kearsipan, para peserta segera menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh dilingkungan kerja masing-masing sehingga manfaat tertib arsip dapat segera dirasakan”.

Semoga kegiatan ini bermanfaat, datang untuk belajar pulang membawa ilmu. (ArifahNR)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com