Publikasi Pameran Virtual Perpusnas

 

 

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan Lomba Cerita dampak, lomba pameran virtual, dan lomba Foto dampak yang melibatkan Perpustakaan Provinsi, Kabupaten dan Desa penerima manfaat Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tahun 2018-2020, maupun mitra PerpuSeru.

Lomba-lomba ini menjadi bagian pembuka dari rangkaian kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 1-4 Desember 2020 secara virtual di 4 (empat) titik lokasi atau region yakni Medan, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Peer Learning Meeting Tingkat Nasional dilaksanakan untuk memfasilitasi proses saling belajar dan berbagi pengalaman antar perpustakaan, memotivasi dan membangun kepercayaan diri peserta untuk terus melaksanakan rencana kerja transformasi perpustakaan kabupaten maupun desa, serta memperkuat proses mentoring dan monitoring perpustakaan kabupaten dan desa.

Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Grobogan sebagai mitra Perpuseru yang bergabung sejak tahun 2016 ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Untuk lomba cerita dampak, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Grobogan mengambil cerita dampak/impact dari beberapa profil tutor kegiatan pelibatan masyarakat yang diselenggarakan di Perpusda setiap sore jam 15.30 WIB. mengangkat Profil Kak Dini tutor kegiatan Langgar (Belajar menggambar dan Mewarnai) yang diselenggarakan setiap hari Rabu dan Profil Miss Agustin Tutor kegiatan English fun for kids yang diadakan setiap hari jumat.

Sedangkan pada lomba pameran virtual, mengambil tema “Literasi untuk Kesejahteraan” Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan mendokumentasikan kegiatan-kegiatan PerpuSeru yang telah diselenggarakan oleh perpustakaan umum sejak September 2016. Berikut link pameran virtual Dinarpusda.

https://www.artsteps.com/view/5fbb11aca175315283a62d6a/?currentUser

Adapun untuk lomba foto dampak yang berhasil masuk nominasi Juara di lomba tahun ini adalah foto kegiatan komunitas Photography Club binaan pak Handoko yang diselenggarakan setiap hari senin.

Tahun ini, penerima manfaat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial mencakup 32 provinsi dan 100 kabupaten. Testimoni dari penerima manfaat yang mengalami peningkatan kualias hidup setelah mendapatkan ilmu di perpustakaan dapat memotivasi masyarakat untuk menjadikan perpustakaan sebagai ruang terbuka berbagi pengetahuan, pengalaman, dan berlatih keterampilan hidup.

Perpusda sejak 16 Maret 2020 tidak menyelenggarakan pelayanan karena kebijakan lockdown pandemi Covid-19. Pada masa pandemi Covid-19 ini masyarakat diarahkan untuk memanfaatkan layanan-layanan perpustakaan digital dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia seperti iPusnas National Digital Library.

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital yang dilengkapi fitur-fitur media sosial, jadi selain membaca buku kita juga dapat terhubung dan berinteraksi dengan sesama pengguna maupun komunitas lainnya. Membaca ebook di iPusnas dapat dapat dilakukan secara daring (online) maupun luring (offline). Kita juga dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang Anda baca, menyampaikan ulasan buku dan mendapatkan teman baru. Yuk temukan iPusnas di play store dan donwload aplikasinya. (ArifahNR)