Pembukaan Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada Senin, 24 Mei 2021 menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan Desa” yang diikuti oleh 22 Pengelola Perpustakaan Desa Binaan di Aula Dinarpusda. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Perpustakaan Ibu Melik Kunto P., SE. MM. mewakili Kepala Dinarpusda.

Materi Pelatihan ini meliputi “Sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial” dan “Tranformasi Dinarpusda Grobogan untuk Grobogan Hebat” yang disampaikan oleh Arifah Nurcahyaning R., S. Sos. (Pustakawan Ahli Muda). Adapun materi “Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)” dan “Sosialisasi Otomasi Perpustakaan dan e-Book Grobogan” disampaikan oleh Bapak Drs. Aris Munanta, (Kepala Seksi Konservasi Alih Media dan Pelestarian Bahan Perpustakaan).

Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial adalah upaya untuk penguatan literasi masyarakat dan pemerataan informasi, serta peningkatan kesejahteraan. Perpustakaan menjadi lembaga yang strategis untuk meningkatkan literasi masyarakat guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses informasi sesuai dengan konteks kebutuhan masing-masing.

Peran Perpustakaan dalam mendukung salah satu dari 7 (tujuh) prioritas nasional pemulihan ekonomi dan reformasi sosial, berada pada prioritas nasional ke 4 (empat) yaitu “revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan”. Pemerintah telah menetapkan peningkatan akses dan kualitas layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagai kegiatan dalam program prioritas nasional 4 yaitu meningkatkan budaya literasi, inovasi dan kreativitas.

Perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang menfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan hak azasi manusia.

Sasaran program ini adalah pemuda, perempuan, pengusaha mikro, pelajar dan difabel. Adapun  fokus sasaran adalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Program ini bertujuan terciptanya masyarakat sejahtera melalui trasformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan 3 (tiga) strategi program yaitu :

  • Peningkatan layanan Informasi, meningkatkan kualitas layanan informasi perpustakaan melalui koleksi bahan pustaka, layanan computer dan internet untuk masyarakat;
  • Pelibatan Masyarakat, meningkatkan penggunaan layanan perpustakaan untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang menjadi kebutuhan masyarakat dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat;
  • Advokasi, melakukan advokasi dan membangun kemitraan untuk membangun dan mendorong berkelanjutan transformasi perpustakaan.

Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial pada layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan diwujudkan dengan menyediakan ruang computer dan layanan internet untuk pemustaka serta berbagai kegiatan pelibatan masyarakat yang diselenggarakan di Perpustakaan.

Kegiatan pelibatan masyarakat yang diselenggarakan dan difasilitasi oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan antara lain : Komunitas Ketrampilan Grobogan (Kotagro), Komunitas Menulis Grobogan (Tasmega), Belajar menggambar dan mewarnai (Langgar), Belajar Tari Tradisional (Belatari), Pelatihan Fotografi, Coversation English Club, English fun for kids, Kelas Parenting, Kelas Pemasaran Online dll. Kegiatan pelibatan masyarakat ini diselenggarakan scara rutin dilayanan perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan. (ArifahNR)

 

“DINARPUSDA GROBOGAN, GROW UP!!!”

Hadir Memberikan Wahana Belajar yang REPRESENTATIF dan REKREATIF

     Dalam Rangka Mencerdaskan & Memberdayakan Masyarakat

NO

KEGIATAN PERPUSERU

JADWAL

TUTOR

1

TasMega (Komunitas Menulis Grobogan)

Senin Minggu ke-1

Bunda Penny Habiba

2

Photography Club

Senin Minggu ke-2

Pak Handoko

3

Stand Up Comedy Club

Senin Minggu ke-3

Mas Dony

4

Nobar Nomat (Nonton Bareng Nonton Hemat)

Senin Minggu ke-4

Tim Perpusda

5

KoTaGro (Komunitas Ketrampilan Grobogan)

Setiap Hari Selasa

Bunda Atmiyati

6

Ngopi ToP (Ngobrol Pintar tentang Parenting)

Setiap Hari Rabu

Bunda Tulus

7

Langgar (Belajar Menggambar dan Mewarnai)

Setiap Hari Rabu

Kak Dini

8

BelaRiNa (Belajar Tari Tradisional)

Setiap Hari Kamis

Bunda Nana

9

English Fun For Kids

Setiap Hari Jumat

Miss Agustin

10

English Conversation Club

Setiap Hari Jumat

Miss Ina

11

Pelatihan Komputer Dasar & Internet

Pre-Order

Tim Perpusda

12

Pelatihan Pemasaran Online

Pre-Order

Tim Perpusda

13

Pelatihan Desain Grafis

Pre-Order

Tim Perpusda

14

Belajar Bahasa Korea

Pre-Order

Tim Perpusda

Kegiatan Dimulai Jam 15.30 WIB Datang langsung ke :

LAYANAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN GROBOGAN

Jl. Jendral Sudirman No. 39 Purwodadi Telepon (0292) 422852

PerpuSeru, Literasi untuk Kesejahteraan

Dipersembahkan oleh :

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH (DINARPUSDA) KABUPATEN GROBOGAN 

 

KOMITMEN

Implementasi program membutuhkan komiten kuat, kerjasama internal dan eksternal, serta ide-ide kreatif untuk menerapkan strategi-strategi transformasi perpustakaan berbasis inklusi social (Tim Konsultan Literasi 2020)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com