Ibu Sri Penny A.H. menyampaikan materi "Menulis Artikel Populer"

 

“Kami Pelajar Grobogan, Siap berliterasi! Salam Literasi!”

Gema suara para pelajar di Aula Dinarpusda yang mengikuti kegiatan “Penulisan Artikel Populer Siswa SLTA”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan  Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Grobogan pada hari Senin tanggal 9 Maret 2020.

Ibu Melik Kunto Prihgiyanti, SE. MM. (Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpusda Grobogan) dalam laporan panitianya menyampaikan bahwa Kegiatan “Penulisan Artikel Populer Siswa SLTA” diikuti oleh 40 (empat puluh) peserta dari perwakilan siswa SLTA se-Kabupaten Grobogan. Tujuan kegiatan ini adalah membiasakan para peserta untuk menuangkan ide/gagasan kedalam suatu karya tulis dan mengembangkan minat baca tulis generasi muda.

Pembukaaan dilaksanakan oleh Bapak Ir. Ahmadi Widodo, MT. (Plt. Kepala Dinarpusda Kabupaten Grobogan). Dalam pengarahannya Kepala Dinarpusda mengajak peserta memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu bagaimana cara menulis artikel popular yang benar. Sedangkan guna memupuk dan meningkatkan ketrampilan menulis anak-anak bisa bergabung dengan Komunitas Menulis Grobogan (Tas Mega).

Tas Mega adalah salah satu kegiatan PerpuSeru yang dibina oleh Dinarpusda, kegiatan ini yang diselenggarakan setiap hari Senin  minggu  pertama dan ketiga  jam 15.30 wib di Layanan Pepustakaan Daerah. Disini anggota komunitas selain dibekali pengetahuan tentang menulis dan berlatih mengasah kemampuan menulis, mereka juga diuntungkan dengan banyaknya literatur yang tersedia di perpustakaan.  

Narasumber oleh Kepada Bidang Fiksi dan Sastra FSPG Ibu Sri Penny AH, menyampaikan materi “ Menulis Artikel Populer “ dengan metode ceramah, diskusi interaktif dan praktik menulis. Keseruan kegiatan ini sangat terasa dari awal diskusi hingga tak terasa waktu penutupan acara telah tiba.

Mengakhiri materinya, Ibu Sri Penny AH memotivasi para siswa untuk semakin banyak menulis dan berpesan kepada para peserta “ Jangan pendam kemampuanmu – munculkan selagi muda. Jangan sampai dihari tuamu bertopang dagu berselimut penyesalan”. (ArifahNR)

 

“Berfikir kritis terhadap lingkungan sekitar adalah ladang literasimu. IQRA......... IQRA......... IQRA......... Lalu MENULIS”. (Sri Penny AH)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com