Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung menyelenggarakan webinar Pembudayaan Kegemaran Membaca yang mengundang seluruh Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi, Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 11 Agustus 2020 ini dibuka oleh Bapak Drs. Deni Kurniadi, M.Hum. (Deputi bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Perpusnas RI).

Acara yang diawali dengan sambutan Ibu Ir. Ferynia, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung ini menghadirkan tiga narasumber dengan moderator Ibu Ponita Dewi (Presenter Radar TV Bandar Lampung).

Berikut 3 (tiga) narasumber yang menyajikan materi dengan tema “Penguatan Literasi Keluarga dimasa New Normal”. Ibu Riana Sari Arinal, SH (Bunda Literasi Provinsi Lampung) sebagai pemateri pertama menyampaikan materi “Bacakan aku Buku”.

Pemateri kedua adalah Ibu Roosie Setiawan Praktisi read Aloud. Beliau selain sebagai Anggota Satgas Gerakan Literasi Sekolah Dikdasmen Kemendikbud, aktif di Reading Bugs –Komunitas Read Aloud Indonesia, dan Penulis Buku Membacakan Nyaring. Saat mempraktekkan membacakan buku cerita ke anak, penampilannya benar-benar istimewa membuat peserta terpukau dan sangat menikmati ceritanya.

Adapun Ibu Hikmah Nuruda (Pustakawan Perpusnas RI) sebagai pemateri ketiga menyampaikan materi “Aktivitas Penguatan 6 Literasi Dasar Bersama Anak Dirumah”.

Dari ketiga pemateri, semua mengajak kita untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga melalui implementasi penguatan literasi dasar. Sebagaimana dapat dilakukan pada kegiatan sehari-hari dilingkungan kita.

Contoh aktivitas Literasi Baca Tulis seperti membacakan buku cerita, diskusi tentang buku yang pernah dibaca, membuat kesepakatan jadwal membaca setiap hari, membahas isu isu menarik di media massa dan membuat perpustakaan mini.

Kegiatan Aktivitas Literasi Numerasi seperti mengenalkan Penggunaan Alat Hitung seperti kalkulator, sempoa, dll. Menunjukan bahwa bilangan ada dimana mana, Mengenalkan bentuk-bentuk beragam ukuran rumah dan mengenalkan pada ragam pola-pola benda di rumah dengan meminta anak membantu dan minta mereka mengidentifikasi jumlah.

Contoh aktivitas Literasi Digital seperti belajar menggunakan komputer, laptop, gawai dan menonton konten konten mendidik di youtube. Kegiatan bersama anak mengedit foto dan video juga dapat dilakukan.

Adapun aktivitas Literasi Finansial dapat diajarkan melalui diskusikan bagaimana anak mengelola uang sakunya, mengenalkan aplikasi aplikasi finansial yang tersedia di gawai, bermain monopoli, pasar pasaran atau kasir kasiran dan belajar kegiatan yang menghasilkan uang , serta pembiasaan kegiatan menabung.

Aktivitas Literasi Sains seperti melakukan kegiatan percobaan-percobaan sederhana dan melakukan kegiatan daur ulang.

Kita juga mengajarkan Literasi Budaya dan Kewargaan melalui kegiatan pembiasaan mengobrol tentang budaya dan kewargaan, mengenalkan tradisi dan adat istiadat dan membiasakan menggunakan bahasa daerah, engajak anak mengambil teladan dari kisah kisah pewayangan, perjuangan, dan tokoh tokoh nasional. Serta mengenalkan dan menghafal lagu lagu wajib nasional dan daerah.

Pembudayaan Kegemaran Membaca melalui Penguatan Literasi Keluarga dimasa New Normal sebagaimana dicontohkan pada kegiatan-kegiatan diatas sangat bermanfat. Semoga pandemi cepat berakhir, namun kebiasaan baik yang kita lakukan tetap menjadi budaya kita sehari-hari. Salam Literasi… (ArifahNR)

Bacakan Saya Buku, Maka Akan Membuat Saya Gemar Membaca (Roosie Setiawan)

Buah Nanas Buah Duku, Dijadikan Sajian untuk Tamu

Jangan Malas Membaca Buku, Karena Buku Sumber Ilmu (Riana Sari Arinal)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com