Pembukaan Bintek oleh Plt. Kepala Dinarpusda Kab. Grobogan Bapak Ir. Ahmadi Widodo, MT.
Pembukaan Bintek oleh Plt. Kepala Dinarpusda Kab. Grobogan Bapak Ir. Ahmadi Widodo, MT.

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia tenaga pengelola Perpustakaan Sekolah yang cerdas berkualitas, gemar membaca, berkepribadian, dan memiliki daya saing yang tinggi, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada hari Selasa tanggal 25 Pebruari 2020 menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTP se- Kabupaten Grobogan.

Pada sambutan pembukaan bimbingan teknis ini, Bapak Ir. Ahmadi Widodo, MT. (Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan) berpesan agar para pengelola perpustakaan nantinya benar-benar mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat dan terus belajar mengembangkan layanan mengikuti perkembangan teknologi.

Berdasarkan laporan dari Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, Ibu Winarsih, SE. MM., pelaksanaan bimbingan teknis diikuti oleh 40  (empat puluh) peserta dari pengelola perpustakaan tingkat SLTP se- Kabupaten Grobogan bertempat di Aula Rapat Lantai 1 Gedung Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan. Adapun Narasumber dihadirkan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yaitu Bapak Supono, S. Sos. dan Bapak Waris Agus Widodo.

Narasumber menyampaikan materi bimbingan teknis meliputi sosialisasi dan praktek program aplikasi otomasi perpustakaan menggunakan Aplikasi SLiMS (Senayan Library  Management System) 9 Cendana.

Jika pada bimbingan teknis tahun 2019 disosialisasikan Aplikasi SLiMS 8 Akasia, untuk tahun ini aplikasi otomasi perpustakaan yang disosialisasikan adalah versi terbaru (SLiMS 9 Cendana). Perbedaan aplikasi otomasi perpustakaan ini terletak pada inovasi layanan dalam bentuk suara (Audio) karena pada versi sebelumnya (SLiMS 8 Akasia) belum ada.

Pada Aplikasi versi SLiMS 9 Cendana, pengunjung saat mengisi buku kunjungan akan mendapat sambutan suara “selamat datang di perpustakaan ... “, saat ingin menjadi anggota perpustakaan akan ada penjelasan lisan tentang syarat dan ketentuan menjadi anggota, saat ingin melakukan penelusuran buku juga dapat disampaikan melalui suara.

“Inovasi aplikasi ini sangat ramah difabel dan saya yakin akan menarik lebih banyak siswa untuk berkunjung ke perpustakaan” demikian komentar Lisa salah satu peserta Bimbingan Teknis dari Perpustakaan SMPN Geyer.

Dalam sambutan penutupan acara Ibu Winarsih, SE. MM. menyampaikan harapannya agar bekal wawasan, pengetahuan dan ketrampilan teknis dalam pengelolaan perpustakaan yang telah diterima para peserta bimbingan teknis pengelola perpustakaan dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan serta meningkatkan kualitas pelayanan prima di Instansi tempat tugas masing-masing. (ArifahNR)

Kegiatan Ngabu-Bookread (baca=ngabuburit) di Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Selasa Sore (22/5) mengusung tema Seminar Motivasi Literasi untuk Kesejahteraan bersama Penulis Senior “Badiatul Muchlisin Asti”. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Grobogan dengan peserta Anggota Laskar Baca Grobogan dan Para Relawan Literasi Grobogan.

Agenda Family Gathering Library Support PerpuSeru Kabupaten Grobogan ini merupakan agenda tahunan yang telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya sejak tahun 2016. Kegiatan ini bertujuan mempererat sinergi yang telah terjalin antara Perpustakaan Daerah dengan Para Relawan Perpustakaan untuk menggiatkan literasi di Kabupaten Grobogan.

Ngabubookread dengan mengikuti acara seminar literasi yang diisi materi “Teknik Membaca gaya SAVI (Somatis, Audio, Visual dan Intelketual)” oleh Bapak Badiatul Muchlisin Asti. Selanjutnya materi “Motivasi Literasi Untuk Kesejahteraan” oleh bapak Mublak Purbiantoro, SH., Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpusda Grobogan. Beliau memotivasi peserta untuk mampu memberikan manfaat sebanyak mungkin kepada masyarakat, salah satunya melalui kegiatan perpustakaan dengan mengusung semangat literasi untuk kesejahteraan.

Pada seminar ini juga diagendakan launching buku kumpulan puisi karya Erwin NS Pambudi yang berjudul “Burung-burung yang enggan terbang”. Erwin NS Pambudi merupakan salah satu library support (relawan perpustakaan) yang mengajar kegiatan kelas inspirasi PerpuSeru di Kabupaten Grobogan.

Acara diakhiri tepat saat bedug magrib, peserta membatalkan puasa dengan snack dilanjutkan shalat magrib bersama. Acara berbuka bersama dengan menu berbuka yang telah disajikan panitia dinikmati sambil diskusi, berbagi cerita dengan para pegawai dan relawan perpustakaan. Semoga silahturahmi yang terjalin antara perpustakaan daerah dengan para pendukung gerakan literasi ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Grobogan dengan agenda kegiatan-kegiatan SERUnya. (ArifahNR)

Pameran Buku Grobogan 2018 mengambil tema “Tingkatkan Budaya Gemar Membaca, Tanamkan Nilai Nasionalisme Dan Kebangsaan” resmi dibuka oleh Bupati Grobogan (Ibu Sumarni, SH. MM.) didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili bapak Drs. Nugroho, MM. pada Selasa, 13 Maret 2018 di alun-alun Purwodadi Grobogan.

Pada kesempatan ini pula Bupati Grobogan berkenan mengukuhkan “Laskar Baca Grobogan” yang terdiri dari adik-adik pengurus OSIS SMU dan SMK se-Kabupaten Grobogan, yang akan mensukseskan program literasi budaya gemar membaca di lingkungan sekolah masing-masing.

           Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Grobogan ke 292, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan CV. Netral Organizer New menyelenggarakan Pameran Buku Grobogan selama 7 (tujuh) hari mulai tanggal 13 s.d. 19 Maret 2018.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Bapak Drs.Muryanto, MM. menyampaikan “Pameran ini bertujuan meningkatkan minat masyarakat untuk gemar membaca dengan menyediakan buku dan informasi”. Beliau juga berharap “Kegiatan ini dapat meningkatkan keberadaan dan peran serta Dinas kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dalam rangka meningkatkan minat baca warga masyarakat, kualitas pengetahuan dan wawasannya, yang pada akhirnya dapat tercipta masyarakat membaca”.

Pameran ini menyediakan buku bacaan pelajaran, ilmu pengetahuan, pengetahuan praktis, buku keagamaan, biografi tokoh terkenal, buku acuan akademis, komik dan novel-novel best seller yang menarik minat para pengunjung. Di arena pameran selain aneka buku, pengunjung juga dapat menemukan produk-produk pendukung lainnya seperti alat peraga edukatif, batik, tas, sepatu, kerajinan tangan, boneka dan lainnya. Disana pengunjung juga dimanjakan dengan wisata kuliner kekinian dan makanan khas Purwodadi.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan juga bekerjasama dengan perbankan di Grobogan seperti Bank BRI, BPD dan BPR BKK Purwodadi guna menyelenggarakan acara pendukung pameran seperti lomba Menyanyi lagu nasional/perjuangan, lomba Fashion Show Batik Grobogan, lomba tari untuk SLTP, Lomba Band dan Nasyid untuk SLTA. Adapun kegiatan pendukung yang diselenggarakan oleh CV. Netral Organizer New meliputi lomba baca puisi, lomba karaoke, lomba mewarnai untuk KB, TK SD kelas 1-3 dan Lomba Menggambar untuk SD kelas 4-6.

Selain itu, setiap malam selama kegiatan pameran akan ditampilkan pentas musik dan tari yang dipersembahkan oleh SMKN 1 Purwodadi, SMPN 1 dan 2 Purwodadi. Ada juga pentas band oleh bank BRI dan BPR BKK.

Pameran Buku Grobogan 2018 ini memang dikemas SERU untuk dijadikan tempat berburu ilmu dan rekreasi keluarga. Buat Kamu Masyarakat Grobogan dan sekitarnya… sesuai pesan Bupati Grobogan dalam sambutannya “Jadikan Pameran Buku Grobogan 2018 sebagai pusat referensi ilmu pengetahuan sekaligus tempat rekreasi yang menyenangkan bagi semua kelompok masyarakat”. (ArifahNR)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com