Pameran Buku Grobogan 2018 mengambil tema “Tingkatkan Budaya Gemar Membaca, Tanamkan Nilai Nasionalisme Dan Kebangsaan” resmi dibuka oleh Bupati Grobogan (Ibu Sumarni, SH. MM.) didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili bapak Drs. Nugroho, MM. pada Selasa, 13 Maret 2018 di alun-alun Purwodadi Grobogan.

Pada kesempatan ini pula Bupati Grobogan berkenan mengukuhkan “Laskar Baca Grobogan” yang terdiri dari adik-adik pengurus OSIS SMU dan SMK se-Kabupaten Grobogan, yang akan mensukseskan program literasi budaya gemar membaca di lingkungan sekolah masing-masing.

           Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Grobogan ke 292, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan bekerjasama dengan CV. Netral Organizer New menyelenggarakan Pameran Buku Grobogan selama 7 (tujuh) hari mulai tanggal 13 s.d. 19 Maret 2018.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Bapak Drs.Muryanto, MM. menyampaikan “Pameran ini bertujuan meningkatkan minat masyarakat untuk gemar membaca dengan menyediakan buku dan informasi”. Beliau juga berharap “Kegiatan ini dapat meningkatkan keberadaan dan peran serta Dinas kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dalam rangka meningkatkan minat baca warga masyarakat, kualitas pengetahuan dan wawasannya, yang pada akhirnya dapat tercipta masyarakat membaca”.

Pameran ini menyediakan buku bacaan pelajaran, ilmu pengetahuan, pengetahuan praktis, buku keagamaan, biografi tokoh terkenal, buku acuan akademis, komik dan novel-novel best seller yang menarik minat para pengunjung. Di arena pameran selain aneka buku, pengunjung juga dapat menemukan produk-produk pendukung lainnya seperti alat peraga edukatif, batik, tas, sepatu, kerajinan tangan, boneka dan lainnya. Disana pengunjung juga dimanjakan dengan wisata kuliner kekinian dan makanan khas Purwodadi.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan juga bekerjasama dengan perbankan di Grobogan seperti Bank BRI, BPD dan BPR BKK Purwodadi guna menyelenggarakan acara pendukung pameran seperti lomba Menyanyi lagu nasional/perjuangan, lomba Fashion Show Batik Grobogan, lomba tari untuk SLTP, Lomba Band dan Nasyid untuk SLTA. Adapun kegiatan pendukung yang diselenggarakan oleh CV. Netral Organizer New meliputi lomba baca puisi, lomba karaoke, lomba mewarnai untuk KB, TK SD kelas 1-3 dan Lomba Menggambar untuk SD kelas 4-6.

Selain itu, setiap malam selama kegiatan pameran akan ditampilkan pentas musik dan tari yang dipersembahkan oleh SMKN 1 Purwodadi, SMPN 1 dan 2 Purwodadi. Ada juga pentas band oleh bank BRI dan BPR BKK.

Pameran Buku Grobogan 2018 ini memang dikemas SERU untuk dijadikan tempat berburu ilmu dan rekreasi keluarga. Buat Kamu Masyarakat Grobogan dan sekitarnya… sesuai pesan Bupati Grobogan dalam sambutannya “Jadikan Pameran Buku Grobogan 2018 sebagai pusat referensi ilmu pengetahuan sekaligus tempat rekreasi yang menyenangkan bagi semua kelompok masyarakat”. (ArifahNR)