Kegiatan Ngabu-Bookread (baca=ngabuburit) di Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Selasa Sore (22/5) mengusung tema Seminar Motivasi Literasi untuk Kesejahteraan bersama Penulis Senior “Badiatul Muchlisin Asti”. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Grobogan dengan peserta Anggota Laskar Baca Grobogan dan Para Relawan Literasi Grobogan.

Agenda Family Gathering Library Support PerpuSeru Kabupaten Grobogan ini merupakan agenda tahunan yang telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya sejak tahun 2016. Kegiatan ini bertujuan mempererat sinergi yang telah terjalin antara Perpustakaan Daerah dengan Para Relawan Perpustakaan untuk menggiatkan literasi di Kabupaten Grobogan.

Ngabubookread dengan mengikuti acara seminar literasi yang diisi materi “Teknik Membaca gaya SAVI (Somatis, Audio, Visual dan Intelketual)” oleh Bapak Badiatul Muchlisin Asti. Selanjutnya materi “Motivasi Literasi Untuk Kesejahteraan” oleh bapak Mublak Purbiantoro, SH., Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpusda Grobogan. Beliau memotivasi peserta untuk mampu memberikan manfaat sebanyak mungkin kepada masyarakat, salah satunya melalui kegiatan perpustakaan dengan mengusung semangat literasi untuk kesejahteraan.

Pada seminar ini juga diagendakan launching buku kumpulan puisi karya Erwin NS Pambudi yang berjudul “Burung-burung yang enggan terbang”. Erwin NS Pambudi merupakan salah satu library support (relawan perpustakaan) yang mengajar kegiatan kelas inspirasi PerpuSeru di Kabupaten Grobogan.

Acara diakhiri tepat saat bedug magrib, peserta membatalkan puasa dengan snack dilanjutkan shalat magrib bersama. Acara berbuka bersama dengan menu berbuka yang telah disajikan panitia dinikmati sambil diskusi, berbagi cerita dengan para pegawai dan relawan perpustakaan. Semoga silahturahmi yang terjalin antara perpustakaan daerah dengan para pendukung gerakan literasi ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Grobogan dengan agenda kegiatan-kegiatan SERUnya. (ArifahNR)