Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia tenaga pengelola Perpustakaan Sekolah yang cerdas berkualitas, gemar membaca, berkepribadian, dan memiliki daya saing yang tinggi, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada hari Selasa tanggal 25 Pebruari 2020 menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTP se- Kabupaten Grobogan.

Pada sambutan pembukaan bimbingan teknis ini, Bapak Ir. Ahmadi Widodo, MT. (Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan) berpesan agar para pengelola perpustakaan nantinya benar-benar mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat dan terus belajar mengembangkan layanan mengikuti perkembangan teknologi.

Berdasarkan laporan dari Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, Ibu Winarsih, SE. MM., pelaksanaan bimbingan teknis diikuti oleh 40  (empat puluh) peserta dari pengelola perpustakaan tingkat SLTP se- Kabupaten Grobogan bertempat di Aula Rapat Lantai 1 Gedung Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan. Adapun Narasumber dihadirkan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yaitu Bapak Supono, S. Sos. dan Bapak Waris Agus Widodo.

Narasumber menyampaikan materi bimbingan teknis meliputi sosialisasi dan praktek program aplikasi otomasi perpustakaan menggunakan Aplikasi SLiMS (Senayan Library  Management System) 9 Cendana.

Jika pada bimbingan teknis tahun 2019 disosialisasikan Aplikasi SLiMS 8 Akasia, untuk tahun ini aplikasi otomasi perpustakaan yang disosialisasikan adalah versi terbaru (SLiMS 9 Cendana). Perbedaan aplikasi otomasi perpustakaan ini terletak pada inovasi layanan dalam bentuk suara (Audio) karena pada versi sebelumnya (SLiMS 8 Akasia) belum ada.

Pada Aplikasi versi SLiMS 9 Cendana, pengunjung saat mengisi buku kunjungan akan mendapat sambutan suara “selamat datang di perpustakaan ... “, saat ingin menjadi anggota perpustakaan akan ada penjelasan lisan tentang syarat dan ketentuan menjadi anggota, saat ingin melakukan penelusuran buku juga dapat disampaikan melalui suara.

“Inovasi aplikasi ini sangat ramah difabel dan saya yakin akan menarik lebih banyak siswa untuk berkunjung ke perpustakaan” demikian komentar Lisa salah satu peserta Bimbingan Teknis dari Perpustakaan SMPN Geyer.

Dalam sambutan penutupan acara Ibu Winarsih, SE. MM. menyampaikan harapannya agar bekal wawasan, pengetahuan dan ketrampilan teknis dalam pengelolaan perpustakaan yang telah diterima para peserta bimbingan teknis pengelola perpustakaan dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan serta meningkatkan kualitas pelayanan prima di Instansi tempat tugas masing-masing. (ArifahNR)