Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional RI dengan tema “Implementasi Program Revolusi Mental Menuju Indonesia Cerdas 2024 Melalui Perpustakaan” ini adalah sebagai bentuk perwujudan eksistensi dan peran strategis perpustakaan sebagai institusi penyedia bahan-bahan bacaan dan peningkatan kegemaran membaca masyarakat melalui keluarga, sekolah dan komunitas sebagai bentuk perwujudan pembangunan manusia Indonesia menuju kesejahteraan masyarakat, demikian sambutan dari Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Kabid Pengkajian dan Pemasyarakatan Minat Baca Perpusnas RI ( Nani Suryani, SS.,M.Si) pada kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional RI yang diselenggarakan atas kerjasama antara Perpusnas RI dengan Dinas Kearsipan Kabupaten Grobogan tanggal 22 Agustus 2019 di Balai Desa Tunggak Kecamatan Toroh.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Bupati Grobogan yang diwakili oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Grobogan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyakarakat betapa pentingnya kegemaran membaca bagi pengembangan pribadi yang cerdas, berbudi luhur, mandiri, dan bertanggungjawab baik dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat serta mendorong masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan yang ada

 Adapun peserta yang hadir berjumlah 100 orang terdiri dari guru PAUD/pengelola PAUD, guru/pengelola perpustakaan sekolah, pegiat perpustakaan TBM/ komunitas, Pemerhati perpustakaan dan budaya baca, pengelola berbagai jenis perpustakaan, PKK dan karang taruna.

Materi yang disampaikan antara lain “Peran Perpustakaan Nasional RI Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Menuju Indonesia Cerdas Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”  oleh Tatat Kurniawati (Pustakawan Ahli Madya) Perpusnas RI dan “ Membangun Kreatifitas Da Membangun Jejaring Menuju Indonesia Cerdas Dalam Meningkatkan Kesehteraan Masyarakat” oleh Juliani Marfaung Budiharja (Pegiat Literasi).

Acara ini mendapat mendapat respon sangat baik oleh peserta dengan menanyakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan perpustakaan dan bagaimana cara menyelenggarakan perpustakaan dan kiat untuk mendorong pelajar/remaja untuk senang membaca buku.

ZUMROTUN, S.AP., MM. (Kasi Pelayanan, Otomasi & KP)

 

Loading...

PerpuSeru hadir sejak tahun 2011 untuk mentransformasi perpustakaan umum di Indonesia menjadi pusat informasi, pusat belajar, dan juga pusat berkegiatan masyarakat untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Program PerpuSeru memfasilitasi :

  1. Penyediaan komputer dan internet sebagai stimulant; dan
  2. Capacity building untuk perpustakaan di tingkat kabupaten/kota dan juga di tingkat desa/ kelurahan, agar perpustakaan dapat meningkatkan layanan informasi yang cepat dan terkini, memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk masyarakat dan dapat melakukan advokasi untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak bagi keberlanjutan pengembangan perpustakaan.

Adapun 3 (tiga) strategi utama Program PerpuSeru adalah

  1. Melakukan kegiatan untuk masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang selanjutnya disebut kegiatan pelibatan masyarakat atau community engagement.
  2. Meningkatkan layanan komputer dan internet di perpustakaan
  3. Melakukan advokasi untuk keberlanjutan.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan bergabung dengan Program PerpuSeru pada tahun 2016, Transformasi Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan diwujudkan dengan:

  • berbagai kegiatan pelibatan masyarakat yang diselenggarakan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan setiap sore jam 15.30 WIB secara rutin dan gratis seperti kegiatan :
  1. pelatihan aneka ketrampilan (merajut, membuat hantaran pengantin, memasak, menyulam pita dll) setiap hari selasa dan jumat bersama bunda Atmiyati ;
  2. pelatihan fotografi, setiap hari selasa bersama Pak Handoko;
  3. belajar tari tradisional, setiap hari kamis bersama bunda Erna;
  4. belajar menggambar dan mewarnai, setiap hari senin dan rabu bersama kak Dini;
  5. belajar mendongeng setiap hari senin bersama Kak Erwin;
  6. belajar membaca Al Quran, setiap hari jumat bersama bunda Tulus Kurniawati;
  7. belajar Bahasa Korea, setiap hari jumat bersama kak Adelima;
  8. English Conversation Class setiap hari senin dan English Fun For Kids Class setiap hari jumat bersama Miss Agustin,
  9. Kelas Theater setiap hari rabu bersama Pak Yadi
  10. Nonton Bareng,
  11. Kelas Inspirasi,
  12. paket pelatihan komputer dasar dan internet bersama Pak Eko;
  13. paket pelatihan pemasaran online bersama Bukalapak, Kelas Online Mintika (KOM).
  • peningkatan layanan komputer dan internet di perpustakaan diwujudkan melalui penyelenggaraan layanan internet sebanyak 6 unit komputer dengan akses internet bersifat nirkabel (layanan Wifi Gratis), sehingga pengunjung perpustakaan (pemustaka) juga dapat menggunakan layanan akses internet menggunakan gadget pribadi.
  • advokasi kepada pimpinan daerah selaku penentu kebijakan dan keputusan anggaran dalam bentuk dukungan APBD melalui anggaran kegiatan Pendampingan PerpuSeru dan dukungan kebijakan melalui Surat Edaran Bupati tentang Alokasi Dana Desa Bagi Pengembangan Perpustakaan.

Peningkatan layanan Pada tahun 2017 Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan mereplikasi program PerpuSeru pada 3 (tiga) desa dan 1 (satu) TBM yaitu : Desa Penawangan Kecamatan Penawangan, Desa Ngombak Kecamatan Kedungjati, Desa Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo dan TBM Bakti Indonesia Grobogan.

Pada tahun 2018 replikasi program PerpuSeru oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dilaksanakan di Desa Jatilor Kecamatan Godong dan Desa Karangpaing Kecamatan Penawangan. Sedangkan rencana pada tahun 2019 replikasi program PerpuSeru akan dilaksanakan di 4 (empat) desa.

Literasi adalah pembentuk utama masyarakat berpengetahuan. Literasi telah di adopsi sebagai salah satu indikator penting dalam pembangunan yang memiliki dampak sosial dan ekonomi yang membawa kesejahteraan.

Pemerintah merespon dengan cepat perkembangan tersebut dengan mendorong kebijakan transformasi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, yang diformulasikan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP 2019) menjadi kegiatan prioritas penguatan literasi untuk kesejahteraan. Kebijakan ini diharapkan mampu meningkatkan peran perpustakaan dalam pembangunan sosial-ekonomi.

Pada pelaksanaan Peer Learning Meeting (PLM) Nasional Perpuseru 2018 dengan tema “Transformasi Perpustakaan menuju Literasi untuk Kesejahteraan” di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada tanggal 4-7 juli 2018 yang diikuti oleh lebih dari 1.500 peserta Mitra Program PerpuSeru se- Indonesia, Perpustakan Daerah Grobogan mendapat penghargaan untuk nominasi video impact terbaik dari TBM Bhakti Indonesia Grobogan.

Sebelumnya pada tahun 2016 berkat Program PerpuSeru yang diselenggarakan di Perpustakan Daerah Kabupaten Grobogan, Bupati Grobogan menerima penghargaan atas komitmen dan dukungan dalam pengembangan perpustakaan melalui program PerpuSeru.

Dengan Semangat terus mandiri, terus berbagi, dan pengetahuan itu kekuatan Program PerpuSeru Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan akan terus bertransformasi dalam membangun literasi untuk masyarakat sejahtera dengan mewujudkan tujuan transformasi pelayanan perpustakaan yaitu untuk meningkatkan literasi informasi berbasis TIK dan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. (ArifahNR)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com