BAB I
PENDAHULUAN
Penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan akuntabel adalah merupakan adalah dambaan setiap komponen masyarakat. Hal itu sejalan dengan tujuan reformasi birokrasi, yaitu dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang baik, berdaya guna dan berhasil guna, bersih, transparan dan bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap instansi pemerintah dituntut agar mampu mengembangkan manajemen penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, responsif dan akuntabel.
Manajemen pemerintahan seperti itu mutlak diperlukan, agar instansi pemerintah yang bersangkutan dapat menggerakkan seluruh sumber daya yang ada, baik sumber daya finansial, sumber daya manusia dan sarana prasarana lainnya, untuk di daya gunakan secara lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam rangka mencapai visi, misi, sasaran dan tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Untuk keperluan tersebut dan dalam rangka menyampaikan pertanggung jawaban seluruh kinerja organisasinya, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP ) Tahun 2018, sebagai bentuk pertanggung jawaban atas capaian hasil kinerja organisasi selama satu tahun anggaran, berdasarkan Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah 2018 sebagai bentuk pelaksanaan atas amanat Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Laporan Kinerja Keuangan dan Instansi Pemerintah.
Untuk menghindari perbedaan persepsi dan guna mempermudah pemahaman, melihat dan menilai hasil kinerja organisasi, maka di sini kami sampaikan gambaran umum secara utuh mengenai keberadaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, yang meliputi kewenangan, tugas pokok, fungsi dan lain - lain sebagai berikut :
Dalam susunan organisasi dan struktur pemerintahan daerah di Kabupaten Grobogan, secara spesifik dapat dikatakan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah adalah merupakan unsur staf yang bertugas dan berkewajiban membantu bupati dalam pengelolaan arsip dan perpustakaan daerah. Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah Kabupaten Grobogan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Kedudukan Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi Uraian Tugas Jabatan dan Tata Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan.
Berdasarkan peraturan daerah tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah dalam menjalankan tugas dan kewajibannnya dipimpin oleh seorang Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati Grobogan. Sebagai sebuah insitusi / lembaga perangkat daerah, posisi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah pada dasarnya adalah memiliki kedudukan yang sama dengan lembaga perangkat daerah lainnya, yaitu sama-sama membantu Bupati kepala daerah, karena yang membedakan hanyalah tugas pokok dan fungsi yang diembanya.
Sebagai unsur staf, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah mempunyai tugas dan kewajiban membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan perumusan teknis di bidang pengelolaan kearsipan dan perpustakaan daerah. Sedangkan lembaga perangkat daerah lainnya seperti dinas daerah dan lembaga teknis lain mempunyai tugas atau fungsi ini, yaitu membantu Bupati dibidang pelaksanaan urusan daerah, baik urusan wajib maupun pilihan dan fungsi pendukung lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.
Selanjutnya untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai peranan, tugas pokok dan fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah tersebut berikut kami sajikan secara lebih lengkap sebagai berikut :
Tugas pokok Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah adalah membantu Bupati dalam menyusun, dan merumuskan kebijakan teknis di bidang pengelolaan kearsipan dan perpustakaan daerah.
Mengingat posisi kedudukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan merupakan unsur staf yang membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan dinas dan lembaga teknis daerah,dalam penyusunan arsip dan perpustakaan daerah maka keberadaan / posisi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan memiliki fungsi strategis, yaitu selain sebagai pimpinan lembaga dalam memberikan pembinaan dan pelayanan kearsipan, juga mempunyai peran dalam mengkoordinasikan organisasi perangkat daerah lainnya. Untuk itu maka fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan adalah sebagai berikut :
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Grobogan Nomor 15 Tahun 2016, tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Grobogan Nomor 66 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas Jabatan dan Tata Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kearsipan dan Perpustakaan.
Sedangkan Susunan Organisasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan adalah sebagai berikut:
Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi organisasi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Dearah Kabupaten Grobogan memerlukan Sumber Daya Manusia Aparatur yang memadai dan profesional sesuai dengan kompetensi dan tuntutan tugas yang diperlukan. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan tugas-tugas koordinasi, perumusan kebijakan, pembinaan, pengelolaan dan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah dan masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang harapkan.
Berkaitan dengan hal tersebut, berikut kami sajikan kondisi kekuatan Sumber Daya Aparatur di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan sampai dengan akhir Desember 2018 sebagaimana tampak dalam tabel I.1 sebagai berikut :
Tabel I.1
Kondisi Sumber Daya Aparatur Pemerintah
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan
Keadaan 31 Desember 2018
PICTURE
Di samping Sumber Daya Aparatur, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan perlu juga didukung dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana kerja yang diperlukan secara memadai. Dalam rangka ini, berikut kami sajikan kondisi sarana dan prasarana yang ada dilingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan sampai dengan posisi akhir Desember 2018, sebagaimana tampak dalam tabel I.2 sebagai berikut :
Tabel I.2
Kondisi Sarana dan Prasara Aparatur Pemerintah
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan
Keadaan 31 Desember 2018
PICTURE
BAB II
PERENCANAAN KINERJA
DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH
KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN 2018
Visi
Sebagai penjabaran dari Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangaunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021, serta dalam rangka memacu motivasi kerja dan memperjelas arah peningkatan kinerja organisasi, visi (gambaran/kondisi yang ingin dicapai di masa depan) yang ditetapkan oleh Bupati / Wakil Bupati Grobogan adalah sebagai berikut:
“Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Grobogan yang Sejahtera Secara Utuh dan Menyeluruh “
Penjelasan dari Visi Bupati / Wakil Bupati Grobogan adalah sebagai berikut;
Selanjutnya untuk memperjelas tahapan pencapaiannya, visi tersebut dijabarkan dalam beberapa misi. Untuk kurun waktu Tahun Anggaran 2016-2012 misi yang ditetapkan adalah sebagai berikut:
Dalam mencapai visi tersebut telah ditetapkan misi yang dapat mendorong tercapainya visi dimaksud. Sedangkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan yang bertugas dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kearsipan dan Perpustakaan mendorong tercapainya visi tersebut dengan melaksanakan misi keempat dan keenam Kabupaten Grobogan yaitu :
Dari misi tersebut Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah memiliki dukungan terkait tujuan meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik. Dengan sasaran meningkatnya kwalitas E-Goverment, pengelolaan data / informasi dan arsip daerah serta pengamanan informasi sandi.Indikator sasaran yang harus dicapai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah adalah persentase SKPD yang menerapkan pengelolaan arsip secara baku, Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan,
Program Penyelamatan dan Pelestarian Koleksi Perpustakaan.
Untuk mencapi misi, maka tujuan dan sasaran pembangunan tahun 2014- 2018 adalah sebagai berikut;
Adapun Target Kinerja yang akan dicapai tercantum pada Rencana Kinerja Tahunan, Tahun 2018 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dapat dilihat dalam lampiran 1, yang merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam Bab II ini.
Dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil, serta gambaran mengenai keterkaitan antara Tujuan / Sasaran, Indikator dan Target Kinerja yang telah disepakati tertuang dalan Perjanjian Kinerja antara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dengan Bupati Grobogan Tahun 2018, secara lengkap tercantum pada Lampiran 1.
Guna mewujudkan kinerja yang telah diperjanjikan tersebut, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada Tahun 2018 telah melaksanakan 8 (delapan) program dan terjabar dalam 38 ( tiga puluh delapan ) kegiatan yang didukung oleh APBD Kabupaten Grobogan sebesar Rp. 2.136.000.000,00 (dua milyar seratus tiga puluh enam juta rupiah)
BAB III
AKUNTABILITAS KINERJA TAHUN 2018
Sebagai tindak lanjut pelaksanaan PP 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah dan Tata Cara Review Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, setiap instansi pemerintah wajib menyusun Laporan Kinerja yang melaporkan progres kinerja atas mandat dan sumber daya yang digunakannya.
Dalam rangka melakukan evaluasi keberhasilan atas pencapaian tujuan dan sasaran organisasi sebagaimana yang telah ditetapkan pada perencanaan jangka menengah, maka digunakan skala pengukuran sebagai berikut :
Skala Pengukuran Kinerja
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah
NO |
SKALA CAPAIAN KINERJA |
KATEGORI |
1 |
Lebih dari 100% |
Sangat Baik |
2 |
75 – 100% |
Baik |
3 |
55 – 74 % |
Cukup |
4 |
Kurang dari 55 % |
Kurang |
Pada tahun 2018,Dinas Kearsipan dan Perpustakaan DaerahKabupaten Grobogan telah melaksanakan seluruh program dan kegiatan yang menjadi tanggungjawabnya.
Sesuai dengan Perjanjian Kinerja Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2018 dan Revisi Rencana StrategisDinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021, penilaian capaian kinerja diukur dengan :
Tabel 3.1. Jumlah Pengunjung Perpustakaan Tahun 2018
No |
Bulan |
Pengunjung |
Jumlah Pengunjung |
||
PELAJAR |
PNS |
UMUM |
|||
1 |
Januari |
1.272 |
29 |
619 |
1.920 |
2 |
Pebruari |
1.177 |
18 |
528 |
1.723 |
3 |
Maret |
1.381 |
28 |
566 |
1.975 |
4 |
April |
1.640 |
34 |
631 |
2.305 |
5 |
Mei |
1.126 |
13 |
463 |
1.602 |
6 |
Juni |
513 |
9 |
228 |
750 |
7 |
Juli |
1.289 |
28 |
515 |
1.832 |
8 |
Agustus |
1.094 |
26 |
475 |
1.595 |
9 |
September |
1.150 |
21 |
464 |
1.635 |
10 |
Oktober |
1.436 |
30 |
605 |
2.071 |
11 |
Nopember |
1.278 |
21 |
550 |
1.849 |
12 |
Desember |
1.050 |
24 |
489 |
1.563 |
Jumlah |
14.406 |
281 |
6.133 |
20.820 |
Dari tabel 3.1. diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah pengunjung pada Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan capaiannya sebesar 20.820 orang per tahun dan apabila dibandingkan dengan target yang
ditetapkan sebesar 25.000 orang, sehingga dapat dikatakan bahwa capainnya mencapai lebih dari 100 % sehingga dikategorikan sangat baik.
Tabel 3.2. Jumlah Koleksi Perpustakaan Tahun 2018
No |
Judul Buku |
Jumlah |
1 |
Buku Ilmu Pengetahuan |
50 buku |
3 |
Buku Keagamaan |
50 buku |
4 |
Buku IPS |
65 buku |
13 |
Buku Bahasa |
190 buku |
14 |
Buku teknologiterapan |
106 buku |
16 |
Buku geografiumum |
10 buku |
Jumlah |
471 buku |
Dari tabel 3.2. diatas dapat disimpulkan bahwa berdasarkan indikator sasaran ini, jumlah pengunjung akan semakin meningkat karena jumlah koleksi buku yang semakin bertambah.
Tabel 3.3. Jumlah Pengunjung Perpustakaan Tahun 2017 dan Tahun 2018.
No |
Bulan |
Pengunjung |
Jumlah |
|
2017 |
2018 |
|||
1 |
Januari |
1.742 |
1.920 |
3.662 |
2 |
Pebruari |
4.025 |
1.723 |
5.748 |
3 |
Maret |
5.157 |
1.975 |
7.132 |
4 |
April |
4.424 |
2.305 |
6.729 |
5 |
Mei |
3.754 |
1.602 |
5.356 |
6 |
Juni |
1.455 |
750 |
2.205 |
7 |
Juli |
1.862 |
1.832 |
3.694 |
8 |
Agustus |
3.020 |
1.595 |
4.615 |
9 |
September |
2.113 |
1.635 |
3.748 |
10 |
Oktober |
2.291 |
2.071 |
4.362 |
11 |
Nopember |
2.235 |
1.849 |
4.084 |
12 |
Desember |
1.977 |
1.563 |
3.540 |
Jumlah |
34.055 |
20.820 |
54.875 |
Tabel 3.4. Jumlah Koleksi Perpustakaan Tahun2017
No |
Judul Buku |
Jumlah |
1 |
Ilmu Pengetahuan Umum |
156 buku |
2 |
Buku Kesehatan |
80 buku |
3 |
Buku Keagamaan |
140 buku |
4 |
Buku IPS |
82 buku |
5 |
Buku Ekonomi dan Keuangan |
80 buku |
6 |
Buku Fiksi Remaja |
368 buku |
7 |
Buku Fiksi Anak |
370 buku |
8 |
Buku Fiksi Dewasa |
200 buku |
9 |
Buku Kesenian dan Budaya |
52 buku |
10 |
Buku Arsitek |
20 buku |
11 |
Buku Pertanian |
100 buku |
12 |
Buku Ketrampilan |
50 buku |
13 |
Buku Bahasa |
30 buku |
14 |
Buku Arsitektur, Kesenian dan Olahraga |
60 buku |
15 |
Buku Biografi |
41 buku |
16 |
Buku Matematika dan Pengetahuan Alam |
3 buku |
Jumlah |
1.832 buku |
Tabel 3.5. Jumlah SKPD yang menerapkan arsip secara baku Tahun 2018
No |
NamaSKPD |
PenerapanArsipSecara Baku, ModulArsipSecara Baku |
ket |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
Sekretariat Daerah |
Sudah Menerapkan |
1 |
2 |
Inspektorat Kabupaten Grobogan |
Sudah Menerapkan |
1 |
3 |
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Grobogan |
Sudah Menerapkan |
1 |
4 |
BKPPD Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
5 |
Badan KESABANGLINMAS Kab. Grobogan |
Sudah Menerapkan |
1 |
6 |
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
7 |
BPPKAD Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
8 |
Dinas Pendidikan Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
9 |
Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
10 |
Dinas Kesehatan Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
11 |
Dinas Sosial Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
12 |
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
13 |
Dinas Perhubungan Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
14 |
Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
15 |
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
16 |
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
17 |
Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kab. Grobogan |
Sudah Menerapkan |
1 |
18 |
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
19 |
Dinas Pertanian Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
20 |
Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
21 |
Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
22 |
Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
23 |
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Grobogan |
Sudah Menerapkan |
1 |
24 |
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak& KB Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
25 |
Dinas Lingkungan Hidup Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
26 |
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
27 |
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
28 |
Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soedjati Soemodiardjo PurwodadiKab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
29 |
Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
30 |
Sekretaris DPRD Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
31 |
Sekretaris KPU Kab. Grobogan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
32 |
Kepala Bagian Tata Pemerintahan |
Sudah Menerapkan |
1 |
33 |
Kabag Pemerintahan Desa |
Sudah Menerapkan |
1 |
34 |
Kabag Hukum dan Hak Asasi Manusia. |
Sudah Menerapkan |
1 |
35 |
Kabag Hubungan Masyarakat dan Keprotokolan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
36 |
Kabag Perekonomian. |
Sudah Menerapkan |
1 |
37 |
Kabag Pembangunan |
Sudah Menerapkan |
1 |
38 |
Kabag Organisasi dan Pendayagunaan Apratur. |
Sudah Menerapkan |
1 |
39 |
Kabag Keuangan. |
Sudah Menerapkan |
1 |
40 |
Kabag Umum. |
Sudah Menerapkan |
1 |
41 |
Kabag Tata Usaha Pimpinan |
Sudah Menerapkan |
1 |
42 |
Kecamatan Purwodadi |
Sudah Menerapkan |
1 |
43 |
Kecamatan Penawangan |
Sudah Menerapkan |
1 |
44 |
Kecamatan Gabus |
Sudah Menerapkan |
1 |
45 |
Kecamatan Kradenan |
Sudah Menerapkan |
1 |
45 |
Kecamatan Ngaringan |
Sudah Menerapkan |
1 |
47 |
Kecamatan Wirosari |
Sudah Menerapkan |
1 |
48 |
Kecamatan Tawangharjo |
Sudah Menerapkan |
1 |
49 |
Kecamatan Kedungjati |
Sudah Menerapkan |
1 |
50 |
Kecamatan Tanggungharjo |
Sudah Menerapkan |
1 |
51 |
Kecamatan Tegowanu |
Sudah Menerapkan |
1 |
52 |
Kecamatan Gubug |
Sudah Menerapkan |
1 |
53 |
Kecamatan Karangrayung |
Sudah Menerapkan |
1 |
54 |
Kecamatan Pulokulon |
Sudah Menerapkan |
1 |
55 |
Kecamatan Geyer |
Sudah Menerapkan |
1 |
56 |
Kecamatan Toroh |
Sudah Menerapkan |
1 |
57 |
Kecamatan Brati |
Sudah Menerapkan |
1 |
58 |
Kecamatan Grobogan |
Sudah Menerapkan |
1 |
69 |
Kecamatan Klambu |
Sudah Menerapkan |
1 |
60 |
Kecamatan Godong |
Sudah Menerapkan |
1 |
Dari tabel 3.1. diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah OPD yang menerapkan arsip secara baku capaiannya sebesar 60 OPD orang per tahun dan apabila dibandingkan dengan target yang ditetapkan sebesar 60 OPD, sehingga dapat dikatakan bahwa capainnya mencapai lebih dari 100 % sehingga dikategorikan sangat baik.
Tabel 3.6. Perbandingan Realisasi dan Capaian Kinerja 2017 dan 2018
No |
Indikator Sasaran |
Capaian Tahun 2017 |
Capaian Tahun 2018 |
Keterangan |
1 |
Jumlah pengunjung perpustakaan |
34.055 |
20.820 |
Turun 38,86% |
Jumlah koleksi buku |
1.832 |
471 |
Turun 74,29% |
|
2 |
Jumlah OPD yang menerapkan arsip secara baku |
100% |
100% |
tetap |
Dari tabel 3.5. diatas disimpulkan bahwa realisasi dan capaian kinerja tahun 2018 mengalami kenaikan. Untuk indikator sasaran jumlah pengunjung perpustakaan mengalami kenaikansebesar 38,86 persen, yaitu realisasi dan capaian kinerja tahun 2018 sebesar 34,055 orang dan di tahun 2018 turun menjadi 20.820 orang.
Sedangkan indikator sasaran jumlah koleksi buku yang mendukung jumlah pengunjung perpustakaanmengalami penurunan sebesar 74,29 %, dimana realisasi dan capaian kinerja tahun 2017 mencapai 1.832 buku sedangkan di tahun 2018 hanya 471 buku, hal ini mempengaruhi minat baca pengunjung perpustakaan karena kurangnya koleksi buku perpustakaan.
Sedangkan indikator sasaran jumlah OPD yang menerapkan arsip secara Baku mencapai 100% dari target yang ditetapkan.
Keberhasilan capaian kinerja pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan ini didukung dengan anggaran, sumber daya aparatur dan sarana prasarana yang tersedia.
Kegagalan capaian kinerja antara lain adanya kurangnya anggaran untuk memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, kurangnya SDM pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah mempengaruhi capaian kinerja.
Sesuai dengan Perjanjian Kinerja Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2017 dan Revisi Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021,
dalam pelaksanaan sasaran strategis dan indikator sasaran diwujudkan dengan 8 (delapan) program dan 48 (empat puluh delapan) kegiatan.
Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, pada tahun anggaran 2018 di dukung dengan Anggaran sebesar Rp. 2.270.700.000,00 (dua milyar dua ratus tujuh puluh juta tujuh ratus ribu rupiah) yang penggunaannya dijabarkan dalam tabel 3.8. dibawah ini:
No |
Program Kegiatan |
Target |
Realisasi |
capaian (%) |
||||||
Rupiah |
Fisik |
Rupiah |
fisik |
Rupiah |
fisik |
|||||
1 |
2 |
3 |
6 |
9 |
|
10 |
11 |
|||
1 |
Program PelayananAdministrasiPerkantoran |
|
|
|
|
|
||||
1 |
PenyediaanJasaSuratMenyurat |
50.600.000 |
12 bulan |
50.514.500 |
12 bulan |
99,83 |
100,00 |
|||
2 |
PenyediaanJasaKomunikasi, SumberDaya Air danListrik |
75.000.000 |
12 bulan |
64.788.299 |
12 bulan |
86,38 |
100,00 |
|||
3 |
PenyediaanJasaAdministrasiKeuangan |
15.000.000 |
4 bulan |
14.997.000 |
4 bulan |
99,98 |
100,00 |
|||
4 |
PenyediaanJasaPerbaikanPeralatanKerja |
75.400.000 |
1 paket |
75.350.000 |
1 paket |
99,93 |
100,00 |
|||
5 |
PenyediaanAlatTulis Kantor |
80.000.000 |
57 jenis |
79.997.000 |
57 jenis |
100,00 |
100,00 |
|||
6 |
PenyediaanBarangCetakandanPenggandaan |
70.500.000 |
13 jenis |
70.465.000 |
13 jenis |
99,95 |
100,00 |
|||
7 |
PenyediaanKomponenInstalasiListrik/PeneranganBangunan Kantor |
25.000.000 |
16 item |
24.994.000 |
16 item |
99,98 |
100,00 |
|||
8 |
PenyediaanBahanBacaandanPeraturanPerundang-Undangan |
25.000.000 |
5 jenis |
24.994.000 |
5 jenis |
99,99 |
100,00 |
|||
9 |
PenyediaanMakanandanMinuman |
45.000.000 |
3 item |
44.963.000 |
3 item |
99,92 |
100,00 |
|||
10 |
Rapat-RapatKoordinasidanKonsultasiKeLuar Daerah |
190.000.000 |
170 kali |
189.976.909 |
170 kali |
99,99 |
99,93 |
|||
11 |
RapatRapatKoordinasikeDalam Daerah |
30.000.000 |
215 orang / kali |
29.995.000 |
215 orang / kali |
99,98 |
100,00 |
|||
12 |
PengelolaanKebersihan, KeamanandanTransportasi |
120.000.000 |
11 orang |
115.712.500 |
11 orang |
96,43 |
100,00 |
|||
2 |
Program PeningkatanSaranadanPrasaranaAparatur |
|
|
|
|
|||||
13 |
PengadaanPeralatanGedung Kantor |
100.000.000 |
12 jenis |
99.642.000 |
12 jenis |
99,64 |
100,00 |
|||
14 |
PemeliharaanRutin/BerkalaGedung Kantor |
70.000.000 |
1 paket |
69.057.200 |
1 paket |
98,65 |
100,00 |
|||
15 |
PemeliharaanRutin/BerkalaKendaraanDinas/Operasional |
60.000.000 |
2 jenis |
57.339.975 |
2 jenis |
95,57 |
100,00 |
|||
16 |
Pemeliharaan Rutin/ Berkala Perlengkapan Gedung Kantor |
65.000.000 |
1 gedung |
64.803.000 |
1 gedung |
99,70 |
100,00 |
|||
17 |
DED pembangunan gedung layanan perpustakaan |
100.000.000 |
99.660.000 |
99,66 |
||||||
3 |
Program PeningkatanDisiplinAparatur |
|
|
|
|
|||||
18 |
Pengadaan Pakaian Khusus Hari – Hari Tertentu |
35.000.000 |
40 karyawan / karyawati 39 karyawan |
34.805.000 |
40 karyawan / karyawati 39 karyawan |
99,44 |
100,00 |
|||
4 |
Program PeningkatanKapasitasSumberDayaAparatur |
|
|
|
|
|||||
19 |
Sosialisasi Peraturan Perundang – Undangan |
45.000.000 |
48 OPD |
45.000.000 |
48 OPD |
100,00 |
100,00 |
|||
20 |
Pendidikan Pelatihan Non formal |
157.000.000 |
80 orang |
156.960.000 |
80 orang |
99,97 |
100,00 |
|||
5 |
Program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan |
|
|
|
|
|||||
|
21 |
Penyusunan LKJIP, LKPJ dan LPPD |
16.500.000 |
2 dokumen |
16.500.000 |
2 dokumen |
100,00 |
100,00 |
||
6 |
Program pengembanganbudayabacadanpembinaanperpustakaan |
|
|
|
|
|||||
22 |
Penyediaanbahanpustakaperpustakaanumum |
40.000.000 |
471 buku |
39.599.000 |
471 buku |
99,00 |
100,00 |
|||
23 |
Work shop peningkatanminatbaca |
19.000.000 |
50 peserta |
19.000.000 |
50 peserta |
100,00 |
100,00 |
|||
24 |
Lomba bercerita bagi anak |
15.500.000 |
38 peserta |
15.500.000 |
38 peserta |
100,00 |
100,00 |
|||
25 |
Pameran buku dan foto serta penunjangnya |
100.000.000 |
6 hari |
99.549.100 |
6 hari |
99,55 |
100,00 |
|||
26 |
Pengembangan layanan perpustakaan |
35.000.000 |
24 TK/PAUD |
35.000.000 |
24 TK/PAUD |
100,00 |
100,00 |
|||
27 |
Bimbingan teknis pengelola perpustakaan sekolah |
29.000.000 |
60 desa/ sklh |
28.700.000 |
60 desa/ sklh |
98,97 |
100,00 |
|||
28 |
Monitoring dan pembinaan Perpustakaan Binaan |
16.000.000 |
38 desa |
16.000.000 |
38 desa |
100,00 |
100,00 |
|||
29 |
Pendampingan Program Perpu Seru Cocacola Foundation Indonesia |
72.000.000 |
12 kegiatan |
72.000.000 |
12 kegiatan |
100,00 |
100,00 |
|||
30 |
Pengolahan bahan pustaka |
5.000.000 |
450 eks |
5.000.000 |
450 eks |
100,00 |
100,00 |
|||
31 |
Layanan Perpustakakaan Malam |
45.000.000 |
6000 pengunjung |
45.000.000 |
6000 pengunjung |
100,00 |
100,00 |
|||
32 |
Layanan Perpustakaan Keliling |
34.500.000 |
12 bulan |
34.499.000 |
12 bulan |
100,00 |
100,00 |
|||
7 |
Program PenyelamatandanPelestarianDokumen / Arsip Daerah |
|
|
|
||||||
33 |
Penyusunan Perbub Pola Klasifikasi Kearsipan dan Jadwal Retensi Arsip |
40.000.000 |
1 Perbub |
40.000.000 |
1 Perbub |
100,00 |
100,00 |
|||
34 |
Preservasi Arsip/ Penyiangan Arsip |
60.000.000 |
1 kegiatan |
59.445.000 |
1 kegiatan |
99,08 |
100,00 |
|||
35 |
Pameran Kearsipan |
47.000.000 |
1 lokasi |
47.000.000 |
1 lokasi |
100,00 |
100,00 |
|||
8 |
Program PeningkatanKualitasPelayananInformasi |
|
|
|
||||||
35 |
Bintek Kearsipan bagi Pengelola Arsip SD |
29.000.000 |
60 peserta |
29.000.000 |
60 peserta |
100,00 |
100,00 |
|||
36 |
Pembentukan Desa Percontohan Tertib Administrasi Kearsipan |
40.000.000 |
2 desa |
40.000.000 |
2 desa |
100,00 |
100,00 |
|||
37 |
Pembenahan Kearsipan bagi SKPD Se- Kabupaten Grobogan |
39.000.000 |
9 kecamatan |
94.982.850 |
9 kecamatan |
99,98 |
100,00 |
|||
38 |
Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Pengawasan Kearsipan |
20.000.000 |
20.000.000 |
100,00 |
100,00 |
|||||
JUMLAH |
2.136.000.000 |
- |
2.114.810.883 |
- |
99,01 |
100,00 |
Angaran tersebut bersumber dari Anggaran Belanja Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2018, yang secara ringkas komposisi penggunaan dan realisasinya sebagaimana tabel 3.9. berikut :
Tabel 3.9. Penyerapan Anggaran Tahun 2018
No |
Uraian |
Anggaran |
Realisasi |
Penyerapan |
1 |
Belanja Pegawai |
2.283.084.253 |
2.261.667.563 |
99,06 |
2 |
Belanja Barang dan Jasa |
2.080.700.000 |
2.051.251.171 |
98,58 |
3 |
Belanja Modal |
190.000.000 |
183.436.670 |
96,55 |
Jumlah |
4.553.784.253 |
4.496.355.404 |
98,74 |
Dilihat dari sisi penyerapan anggaran Tahun 2018, apabila dibandingkan Tahun 2017 maka terjadi kenaikan sebesar 0,81 %, sebagaimana tabel 3.10. berikut ini :
Tabel 3.10. Penyerapan Anggaran Tahun 2017 dan 2018
No |
T.A. |
Anggaran |
Realisasi |
Penyerapan |
1 |
2017 |
4.626.849.895 |
4.531.022.588 |
97,93 |
2 |
2018 |
4.553.784.253 |
4.496.355.404 |
98,74 |
BAB IV
P E N U T U P
Berdasarkan Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, ada 2 sasaran strategis yang ingin dicapai untuk mewujudkan visi organisasi. Melalui misi yang dimiliki atau diemban, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah melakukan berbagai upaya program dan kegiatan untuk mewujudkan visi itu, dengan mengerahkan semua potensi / sumber daya organisasi baik yang berkaitan sumber daya manusia, finansial dan sarana prasarana lainnya.
Sesuai dengan Rencana Kinerja tahun 2018, tahun ini ada 2 sasaran yang ingin dicapai oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah dalam mewujudkan tujuan dan visi organisasi. kedua sasaran tersebut adalah Meningkatnya kualitas goverment, pengelolaan data/ informasi dan arsip daerah, serta pengamanan informasi sandi, meningkatnya minat dan budaya baca masyarakat.
Berdasarkan hasil pengukuran kinerja sebagaimana diuraikan pada BAB III di atas, maka di sini dapat kami simpulkan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada tahun 2018 ini telah menunjukkan kinerja yang baik, karena telah mencapai target-target sasaran yang telah ditetapkan, meski ada beberapa diantaranya yang masih perlu terus ditingkatkan
Prestasi capaian kinerja tersebut dapat dilihat dari hasil sejumlah nilai sasaran yang akan dicapai tahun ini. Hasilnya menunjukkan bahwa dari ketujuh sasaran tersebut semuanya telah menunjukkan kinerja yang sangat baik, karena nilai kinernya dalam kategori Sangat berhasil. Hal ini disebabkan karena capaian kinerjanya mencapai 100% dari rencana.
Berdasarkan capaian hasil tersebut maka disini dapat disimpulkan bahwa secara umum capaian kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada tahun 2018 dapat dikatakan sangat berhasil, karena dari 2 sasaran yang ingin dicapai, semuanya menunjukkan dalam kategori sangat berhasil.
Hal tersebut didukung dengan:
Demikian Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2018 untuk Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan/evaluasi untuk kegiatan/ kinerja yang akan datang.
Sekian dan terima kasih.
Purwodadi, Februari 2019
Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan
Drs. MURYANTO, MM
NIP. 1959111 198903 1 011