BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. GAMBARAN UMUM DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

 

  1. Latar Belakang

 

                Penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan akuntabel adalah merupakan adalah dambaan setiap komponen masyarakat. Hal itu sejalan dengan tujuan reformasi birokrasi, yaitu dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang baik, berdaya guna dan berhasil guna, bersih, transparan dan bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap instansi pemerintah dituntut agar mampu mengembangkan manajemen penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, responsif dan akuntabel.

                Manajemen pemerintahan seperti itu mutlak diperlukan, agar instansi pemerintah yang bersangkutan dapat menggerakkan seluruh sumber daya yang ada, baik sumber daya finansial, sumber daya manusia dan sarana prasarana lainnya, untuk di daya gunakan secara lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam rangka mencapai visi, misi, sasaran dan tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

                Untuk keperluan tersebut dan dalam rangka menyampaikan pertanggung jawaban seluruh kinerja organisasinya, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP ) Tahun 2018, sebagai bentuk pertanggung jawaban atas capaian hasil kinerja organisasi selama satu tahun anggaran, berdasarkan Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah 2018 sebagai bentuk pelaksanaan atas amanat Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Laporan Kinerja Keuangan dan Instansi Pemerintah.

                Untuk menghindari perbedaan persepsi dan guna mempermudah pemahaman, melihat dan menilai hasil kinerja organisasi, maka di sini kami sampaikan gambaran umum secara utuh mengenai keberadaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, yang meliputi kewenangan, tugas pokok, fungsi dan lain - lain sebagai berikut :

  1. Kedudukan dan Tugas Pokok Fungsi.

 

Dalam susunan organisasi dan struktur pemerintahan daerah di Kabupaten Grobogan, secara spesifik dapat dikatakan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah adalah merupakan unsur staf yang bertugas dan berkewajiban membantu bupati dalam pengelolaan arsip dan perpustakaan daerah. Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah Kabupaten Grobogan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Kedudukan Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi Uraian Tugas Jabatan dan Tata Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan.

Berdasarkan peraturan daerah tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah dalam menjalankan tugas dan kewajibannnya dipimpin oleh seorang Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati Grobogan. Sebagai sebuah insitusi / lembaga perangkat daerah, posisi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah pada dasarnya adalah memiliki kedudukan yang sama dengan lembaga perangkat daerah lainnya, yaitu sama-sama membantu Bupati kepala daerah, karena yang membedakan hanyalah tugas pokok dan fungsi yang diembanya.

Sebagai unsur staf, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah mempunyai tugas dan kewajiban membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan perumusan teknis di bidang pengelolaan kearsipan dan perpustakaan daerah. Sedangkan lembaga perangkat daerah lainnya seperti dinas daerah dan lembaga teknis lain mempunyai tugas atau fungsi ini, yaitu membantu Bupati dibidang pelaksanaan urusan daerah, baik urusan wajib maupun pilihan dan fungsi pendukung lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.

Selanjutnya untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai peranan, tugas pokok dan fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah tersebut berikut kami sajikan secara lebih lengkap sebagai berikut :

  1. Tugas Pokok

Tugas pokok Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah adalah membantu Bupati dalam menyusun, dan merumuskan kebijakan teknis di bidang pengelolaan kearsipan dan perpustakaan daerah.

  1. Fungsi

 

Mengingat posisi kedudukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan merupakan unsur staf yang membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan dinas dan lembaga teknis daerah,dalam penyusunan arsip dan perpustakaan daerah maka keberadaan / posisi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan memiliki fungsi strategis, yaitu selain sebagai pimpinan lembaga dalam memberikan pembinaan dan pelayanan kearsipan, juga mempunyai peran dalam mengkoordinasikan organisasi perangkat daerah lainnya. Untuk itu maka fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan adalah sebagai berikut :

  1. Penyusun program kerja di bidang pengelolaan kearsipan dan perpustakaan daerah;
  2. Perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan kearsipan dan perpustakaan;
  3. Pengoordinasian, pengembangan, dan fasilitasi kegiatan di bidang kearsipan dan perpustakaan;
  4. Pembinaan, dan pengendalian kegiatan di bidang kearsipan dan perpustakaan;
  5. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan di bidang kearsipan dan perpustakaan;
  6. Pengelolaan kesekertariatan dinas, dan
  1. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.
  1. Susunan Organisasi

              Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Grobogan Nomor 15 Tahun 2016, tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Grobogan Nomor 66 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, Uraian Tugas Jabatan dan Tata Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kearsipan dan Perpustakaan.

Sedangkan Susunan Organisasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan adalah sebagai berikut:

  1. Kepala;
  2. Sekretariat,membawahi;
  3. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan;
  4. Sub Bagian Umum;
  5. Bidang Kearsipan, membawahi;
  6. Seksi Pengolahan Kearsipan;
  7. Seksi Preservasi dan Pemeliharaan Arsip;
  8. Seksi Layanan, Otomasi dan Pemanfaatan Arsip;
  9. Bidang Perpustakaan;
  10. Seksi Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan;
  11. Seksi Konservasi, Alih Media dan Pelestarian Bahan Perpustakaan;
  12. Seksi Pengembangsn Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan;
  13. Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan;
  14. Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan;
  15. Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan;
  16. Seksi Pengembangan Kearsipan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca, dan
  17. Kelompok Jabatan Fungsional Tertentu.
  1. LINGKUNGAN STRATEGIS

 

  1. Sumber Daya Manusia (SDM)

 

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi organisasi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Dearah Kabupaten Grobogan memerlukan Sumber Daya Manusia Aparatur yang memadai dan profesional sesuai dengan kompetensi dan tuntutan tugas yang diperlukan. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan tugas-tugas koordinasi, perumusan kebijakan, pembinaan, pengelolaan dan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah dan masyarakat dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang harapkan.

           Berkaitan dengan hal tersebut, berikut kami sajikan kondisi kekuatan Sumber Daya Aparatur di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan sampai dengan akhir Desember 2018 sebagaimana tampak dalam tabel I.1 sebagai berikut :

Tabel I.1

Kondisi Sumber Daya Aparatur Pemerintah

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan

Keadaan 31 Desember 2018

PICTURE

 

  1. Sarana dan Prasarana

             Di samping Sumber Daya Aparatur, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan perlu juga didukung dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana kerja yang diperlukan secara memadai. Dalam rangka ini, berikut kami sajikan kondisi sarana dan prasarana yang ada dilingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan sampai dengan posisi akhir Desember 2018,  sebagaimana tampak dalam tabel I.2 sebagai berikut :

 Tabel I.2

Kondisi Sarana dan Prasara Aparatur Pemerintah

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan

Keadaan 31 Desember 2018

 PICTURE

 

 

 

 

 

 

BAB II

 PERENCANAAN KINERJA

DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH

KABUPATEN GROBOGAN

TAHUN 2018

 

  1. RENCANA KINERJA

 Visi

Sebagai penjabaran dari Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangaunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021, serta dalam rangka memacu motivasi kerja dan memperjelas arah peningkatan kinerja organisasi, visi (gambaran/kondisi yang ingin dicapai di masa depan) yang ditetapkan oleh Bupati / Wakil Bupati Grobogan adalah sebagai berikut:

       

“Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Grobogan yang Sejahtera Secara Utuh dan Menyeluruh “

Penjelasan dari Visi Bupati / Wakil Bupati Grobogan adalah sebagai berikut;

  1. Masyarakat yang sejahtera secara utuh, mengandung maksud bahwa tercipta kondisi masyarakat di Kabupaten Grobogan yang sehat, selamat, makmur, aman sentosa, baik secara moril maupun materiil.
  2. Masyarakat yang sejahtera secara menyeluruh, mengandung maksud bahwa kondisi masyarakat Kabupaten Grobogan yang sehat, selamat, makmur, aman sentosa, baik secara moril maupun materiil menyeluruh pada seluruh lapisan masyarakat dan seluruh wilayah kabupaten.

 

  1. Misi :

Selanjutnya untuk memperjelas tahapan pencapaiannya, visi tersebut dijabarkan dalam beberapa misi. Untuk kurun waktu Tahun Anggaran 2016-2012 misi yang ditetapkan adalah sebagai berikut:

  1. Membangun dan meningkatkan infrastruktur jalan-jembatan, perhubungan, perumahan-pemukiman, dan sumberdaya air
  2. Meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan
  3. Pengembangan ekonomi kerakyatanbidang UMKM, industri, perdagangan, koperasi dan pariwisata
  4. Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan pemberdayaan masyarakat, keolahragaan, kepemudaan, KB dan pelayanan sosial dasar lainnya
  5. Mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan peningkatan penyerapan tenaga kerja
  6. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik
  7. Meningkatkan kelestarian sumberdaya alam, lingkungan hidup dan kualitas penataan ruang
  8. Meningkatkan penghayatan nilai-nilai keagamaan dan pelestarian budaya masyarakat
  9. Meningkatkan pemerataan pendapatan, pembangunan antar wilayah, kesetaraan gender, perlindungan anak dan penanggulangan kemiskinan

Dalam mencapai visi tersebut telah ditetapkan misi yang dapat mendorong tercapainya visi dimaksud. Sedangkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan yang bertugas dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kearsipan dan Perpustakaan mendorong tercapainya visi tersebut dengan melaksanakan misi keempat dan keenam Kabupaten Grobogan yaitu :

  1. Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan pemberdayaan masyarakat, keolahragaan, kepemudaan, KB dan pelayanan sosial dasar lainnya
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik.

 

Dari misi tersebut Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah memiliki dukungan terkait tujuan meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik. Dengan sasaran meningkatnya kwalitas E-Goverment, pengelolaan data / informasi dan arsip daerah serta pengamanan informasi sandi.Indikator sasaran yang harus dicapai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah adalah persentase SKPD yang menerapkan pengelolaan arsip secara baku, Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan,

Program Penyelamatan dan Pelestarian Koleksi Perpustakaan.

 

  1. TUJUAN DAN SASARAN
  2. Tujuan   :

          Untuk mencapi misi, maka tujuan dan sasaran pembangunan tahun 2014- 2018 adalah sebagai berikut;

  1. Meningkatnya jumlah pengunjung perpustakaan
  2. meningkatkan kwalitas pelayanan public
  3. 2. Sasaran   :
  4. Meningkatnya minat dan budaya baca masyarakat
  5. meningkatnya kwalitas E Govermen, pengelolaan data / informasi  dan arsip daerah serta pengamanan informasi sandi.
  6. Kebijakan   :
  7. Pengembangan aplikasi dan infrastruktur penunjang e goverment;
  8. Penerapan pengelolaan arsip secara baku;
  9. Manajemen pengelolaan data dan sandi;
  10. Meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan dengan penyediaan bahan bacaan pada perpustakaan daerah dan perpustakaan keliling.
  11. Program     :
  12. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  13. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  14. Program Peningkatan Dislipin Aparatur
  15. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  16. Program pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan  Perpustakaan
  17. Program Penyelamatan dan Pelestarian Koleksi Pustaka
  18. Program Penyelamatan dan Pelestarian dokumen/Arsip Daerah
  19. Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi.d

 

  1. TARGET KINERJA

Adapun Target Kinerja yang akan dicapai tercantum pada Rencana Kinerja Tahunan, Tahun 2018 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dapat dilihat dalam lampiran 1, yang merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam Bab II ini.

 

  1. PERJANJIAN KINERJA

Dalam rangka mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil, serta gambaran mengenai keterkaitan antara Tujuan / Sasaran, Indikator dan Target Kinerja yang telah disepakati tertuang dalan Perjanjian Kinerja antara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dengan Bupati Grobogan Tahun 2018, secara lengkap tercantum pada Lampiran 1.

Guna mewujudkan kinerja yang telah diperjanjikan tersebut, maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada Tahun 2018 telah melaksanakan 8 (delapan) program dan terjabar dalam 38 ( tiga puluh delapan ) kegiatan   yang didukung oleh APBD Kabupaten Grobogan sebesar Rp. 2.136.000.000,00 (dua milyar seratus tiga puluh enam juta rupiah)

 

 

 

BAB III

AKUNTABILITAS KINERJA TAHUN 2018

  1. I. Capaian Kinerja Organisasi

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan PP 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah dan Tata Cara Review Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah,   setiap instansi pemerintah wajib menyusun Laporan Kinerja yang melaporkan progres kinerja atas mandat dan sumber daya yang digunakannya.

Dalam rangka melakukan evaluasi keberhasilan atas pencapaian tujuan dan sasaran organisasi sebagaimana yang telah ditetapkan pada perencanaan jangka menengah, maka digunakan skala pengukuran sebagai berikut :

Skala Pengukuran Kinerja

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

NO

SKALA CAPAIAN KINERJA

KATEGORI

1

Lebih dari 100%

Sangat Baik

2

75 – 100%

Baik

3

55 – 74 %

Cukup

4

Kurang dari 55 %

Kurang

Pada tahun 2018,Dinas Kearsipan dan Perpustakaan DaerahKabupaten Grobogan telah melaksanakan seluruh program dan kegiatan yang menjadi tanggungjawabnya.

Sesuai dengan Perjanjian Kinerja Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2018 dan Revisi Rencana StrategisDinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021, penilaian capaian kinerja diukur dengan :

  1. Target dan realisasi kinerja yang berdasarkan sasaran strategis yang harus diwujudkan, yaitu :meningkatnyaminat dan budaya baca masyarakat, dengan indikator sasaran yaitu :
    1. Jumlah pengunjung perpustakaan daerah dalam satu tahun.

Tabel 3.1. Jumlah Pengunjung Perpustakaan Tahun 2018

No

Bulan

Pengunjung

Jumlah Pengunjung

PELAJAR

PNS

UMUM

1

Januari

1.272

29

619

1.920

2

Pebruari

1.177

18

528

1.723

3

Maret

1.381

28

566

1.975

4

April

1.640

34

631

2.305

5

Mei

1.126

13

463

1.602

6

Juni

513

9

228

750

7

Juli

1.289

28

515

1.832

8

Agustus

1.094

26

475

1.595

9

September

1.150

21

464

1.635

10

Oktober

1.436

30

605

2.071

11

Nopember

1.278

21

550

1.849

12

Desember

1.050

24

489

1.563

Jumlah

14.406

281

6.133

20.820

Dari tabel 3.1. diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah pengunjung pada Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan capaiannya sebesar 20.820 orang per tahun dan apabila dibandingkan dengan target yang

ditetapkan sebesar 25.000 orang, sehingga dapat dikatakan bahwa capainnya mencapai lebih dari 100 % sehingga dikategorikan sangat baik.

  1. Jumlah koleksi buku dalam satu tahun.

Tabel 3.2. Jumlah Koleksi Perpustakaan Tahun 2018

No

Judul Buku

     Jumlah

1

Buku Ilmu Pengetahuan

50 buku

3

Buku Keagamaan

50 buku

4

Buku IPS

65 buku

13

Buku Bahasa

190 buku

14

Buku teknologiterapan

106 buku

16

Buku geografiumum

10 buku

 

Jumlah

471 buku

Dari tabel 3.2. diatas dapat disimpulkan bahwa berdasarkan indikator sasaran ini, jumlah pengunjung akan semakin meningkat karena jumlah koleksi buku yang semakin bertambah.

  • Realisasi kinerja dan capaian kinerja tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu.

Tabel 3.3. Jumlah Pengunjung Perpustakaan Tahun 2017 dan Tahun 2018.

No

Bulan

Pengunjung

Jumlah

2017

2018

1

Januari

1.742

1.920

3.662

2

Pebruari

4.025

1.723

5.748

3

Maret

5.157

1.975

7.132

4

April

4.424

2.305

6.729

5

Mei

3.754

1.602

5.356

6

Juni

1.455

750

2.205

7

Juli

1.862

1.832

3.694

8

Agustus

3.020

1.595

4.615

9

September

2.113

1.635

3.748

10

Oktober

2.291

2.071

4.362

11

Nopember

2.235

1.849

4.084

12

Desember

1.977

1.563

3.540

Jumlah

34.055

20.820

54.875

Tabel 3.4. Jumlah Koleksi Perpustakaan Tahun2017

No

Judul Buku

Jumlah

1

Ilmu Pengetahuan Umum

156 buku

2

Buku Kesehatan

80 buku

3

Buku Keagamaan

140 buku

4

Buku IPS

82 buku

5

Buku Ekonomi dan Keuangan

80 buku

6

Buku Fiksi Remaja

368 buku

7

Buku Fiksi Anak

370 buku

8

Buku Fiksi Dewasa

200 buku

9

Buku Kesenian dan Budaya

52 buku

10

Buku Arsitek

20 buku

11

Buku Pertanian

100 buku

12

Buku Ketrampilan

50 buku

13

Buku Bahasa

30 buku

14

Buku Arsitektur, Kesenian dan Olahraga

60 buku

15

Buku Biografi

41 buku

16

Buku Matematika dan Pengetahuan Alam

3 buku

 

Jumlah

1.832 buku

 

  1. Target dan realisasi kinerja yang berdasarkan sasaran strategis yang harus diwujudkan, yaitu :Meningkatnya kualitas goverment, pengelolaan data/ informasi dan arsip daerah, serta pengamanan informasi sandi, dengan indikator sasaran yaitu :
  • Persentase SKPD yang menerapkan pengelolaan arsip secara baku.

Tabel 3.5. Jumlah SKPD yang menerapkan arsip secara baku Tahun 2018

No

NamaSKPD

PenerapanArsipSecara Baku, ModulArsipSecara Baku

ket

1

2

3

4

1

Sekretariat Daerah

Sudah Menerapkan

1

2

Inspektorat Kabupaten Grobogan

Sudah Menerapkan

1

3

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Grobogan

Sudah Menerapkan

1

4

BKPPD Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

5

Badan KESABANGLINMAS Kab. Grobogan

Sudah Menerapkan

1

6

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

7

BPPKAD Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

8

Dinas Pendidikan Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

9

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

10

Dinas Kesehatan Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

11

Dinas Sosial Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

12

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

13

Dinas Perhubungan Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

14

Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

15

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

16

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

17

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kab. Grobogan

Sudah Menerapkan

1

18

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

19

Dinas Pertanian Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

20

Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

21

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

22

Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

23

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Grobogan

Sudah Menerapkan

1

24

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak& KB Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

25

Dinas Lingkungan Hidup Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

26

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

27

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

28

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soedjati Soemodiardjo PurwodadiKab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

29

Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

30

Sekretaris DPRD Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

31

Sekretaris KPU Kab. Grobogan.

Sudah Menerapkan

1

32

Kepala Bagian Tata Pemerintahan

Sudah Menerapkan

1

33

Kabag Pemerintahan Desa

Sudah Menerapkan

1

34

Kabag Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Sudah Menerapkan

1

35

Kabag Hubungan Masyarakat dan Keprotokolan.

Sudah Menerapkan

1

36

Kabag Perekonomian.

Sudah Menerapkan

1

37

Kabag Pembangunan

Sudah Menerapkan

1

38

Kabag Organisasi dan Pendayagunaan Apratur.

Sudah Menerapkan

1

39

Kabag Keuangan.

Sudah Menerapkan

1

40

Kabag Umum.

Sudah Menerapkan

1

41

Kabag Tata Usaha Pimpinan

Sudah Menerapkan

1

42

Kecamatan Purwodadi

Sudah Menerapkan

1

43

Kecamatan Penawangan

Sudah Menerapkan

1

44

Kecamatan Gabus

Sudah Menerapkan

1

45

Kecamatan Kradenan

Sudah Menerapkan

1

45

Kecamatan Ngaringan

Sudah Menerapkan

1

47

Kecamatan Wirosari

Sudah Menerapkan

1

48

Kecamatan Tawangharjo

Sudah Menerapkan

1

49

Kecamatan Kedungjati

Sudah Menerapkan

1

50

Kecamatan Tanggungharjo

Sudah Menerapkan

1

51

Kecamatan Tegowanu

Sudah Menerapkan

1

52

Kecamatan Gubug

Sudah Menerapkan

1

53

Kecamatan Karangrayung

Sudah Menerapkan

1

54

Kecamatan Pulokulon

Sudah Menerapkan

1

55

Kecamatan Geyer

Sudah Menerapkan

1

56

Kecamatan Toroh

Sudah Menerapkan

1

57

Kecamatan Brati

Sudah Menerapkan

1

58

Kecamatan Grobogan

Sudah Menerapkan

1

69

Kecamatan Klambu

Sudah Menerapkan

1

60

Kecamatan Godong

Sudah Menerapkan

1

Dari tabel 3.1. diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah OPD yang menerapkan arsip secara baku capaiannya sebesar 60 OPD orang per tahun dan apabila dibandingkan dengan target yang ditetapkan sebesar 60 OPD, sehingga dapat dikatakan bahwa capainnya mencapai lebih dari 100 % sehingga dikategorikan sangat baik.

Tabel 3.6. Perbandingan Realisasi dan Capaian Kinerja 2017 dan 2018

No

Indikator Sasaran

Capaian Tahun 2017

Capaian Tahun 2018

Keterangan

1

Jumlah pengunjung perpustakaan

34.055

20.820

Turun

38,86%

 

Jumlah koleksi buku

1.832

471

Turun

74,29%

2

Jumlah OPD yang menerapkan arsip secara baku

100%

100%

tetap

 

Dari tabel 3.5. diatas disimpulkan bahwa realisasi dan capaian kinerja tahun 2018 mengalami kenaikan. Untuk indikator sasaran jumlah pengunjung perpustakaan mengalami kenaikansebesar 38,86 persen, yaitu realisasi dan capaian kinerja tahun 2018 sebesar 34,055 orang dan di tahun 2018 turun menjadi 20.820 orang.

Sedangkan indikator sasaran jumlah koleksi buku yang mendukung jumlah pengunjung perpustakaanmengalami penurunan sebesar 74,29 %, dimana realisasi dan capaian kinerja tahun 2017 mencapai 1.832 buku sedangkan di tahun 2018 hanya 471 buku, hal ini mempengaruhi minat baca pengunjung perpustakaan karena kurangnya koleksi buku perpustakaan.

Sedangkan indikator sasaran jumlah OPD yang menerapkan arsip secara Baku mencapai 100% dari target yang ditetapkan.

  1. Analisis penyebab keberhasilan dan kegagalan serta alternatif solusi yang telah dilakukan.
    1. Analisis penyebab keberhasilan capaian kinerja.

Keberhasilan capaian kinerja pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan ini didukung dengan anggaran, sumber daya aparatur dan sarana prasarana yang tersedia.

  1. Analisis penyebab kegagalan capaian kinerja.

Kegagalan capaian kinerja antara lain adanya kurangnya anggaran untuk memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, kurangnya SDM pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah mempengaruhi capaian kinerja.

  1. Alternatif solusi yang perlu dilakukan antara lain :
  • Penambahan anggaran di tahun anggaran 2018.
  • Melakukan koordinasi dengan instansi vertikal, baik tingkat pusat maupun propinsi.
  • Penambahan SDM untuk mendukung kegiatan Perpustakaan dan Kearsipan.
  1. Analisis program dan kegiatan yang menunjang keberhasilan dan kegagalan pencapaian pernyataan kinerja.
  2. Program dan kegiatan yang menunjang keberhasilan pencapaian pernyataan kinerja karena didukung dengan anggaran, sumber daya aparatur dan sarana prasarana yang tersedia disamping perencanaan anggaran yang sesuai kebutuhan.
  3. Program dan kegiatan yang menunjang kegagalan pencapaian pernyataan kinerja dapat dilihat dari masing-masing kegiatan, antara lain :
  • Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor, karena menyesuaikan kebutuhan akan sarana dan prasarana kantor, dilakukan perubahan anggaran, sehingga pelaksanaan kegiatan harus dilakukan setelah APBD Perubahan ditetapkan.
  1. Realisasi Anggaran

Sesuai dengan Perjanjian Kinerja Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2017 dan Revisi Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021,

dalam pelaksanaan sasaran strategis dan indikator sasaran diwujudkan dengan 8 (delapan) program dan 48 (empat puluh delapan) kegiatan.

Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, pada tahun anggaran 2018 di dukung dengan Anggaran sebesar Rp. 2.270.700.000,00 (dua milyar dua ratus tujuh puluh juta tujuh ratus ribu rupiah) yang penggunaannya dijabarkan dalam tabel 3.8. dibawah ini:

No

Program Kegiatan

Target

Realisasi

capaian (%)

Rupiah

Fisik

Rupiah

fisik

Rupiah

fisik

1

2

3

6

9

 

10

11

1

Program PelayananAdministrasiPerkantoran

 

 

 

 

 

 

 

1

PenyediaanJasaSuratMenyurat

50.600.000

12 bulan

50.514.500

12 bulan

99,83

100,00

 

2

PenyediaanJasaKomunikasi, SumberDaya Air danListrik

75.000.000

12 bulan

64.788.299

12 bulan

86,38

100,00

 

3

PenyediaanJasaAdministrasiKeuangan

15.000.000

4 bulan

14.997.000

4 bulan

99,98

100,00

 

4

PenyediaanJasaPerbaikanPeralatanKerja

75.400.000

1 paket

75.350.000

1 paket

99,93

100,00

 

5

PenyediaanAlatTulis Kantor

80.000.000

57 jenis

79.997.000

57 jenis

100,00

100,00

 

6

PenyediaanBarangCetakandanPenggandaan

70.500.000

13 jenis

70.465.000

13 jenis

99,95

100,00

 

7

PenyediaanKomponenInstalasiListrik/PeneranganBangunan Kantor

25.000.000

16 item

24.994.000

16 item

99,98

100,00

 

8

PenyediaanBahanBacaandanPeraturanPerundang-Undangan

25.000.000

5 jenis

24.994.000

5 jenis

99,99

100,00

 

9

PenyediaanMakanandanMinuman

45.000.000

3 item

44.963.000

3 item

99,92

100,00

 

10

Rapat-RapatKoordinasidanKonsultasiKeLuar Daerah

190.000.000

170 kali 

189.976.909

170 kali 

99,99

99,93

 

11

RapatRapatKoordinasikeDalam Daerah

30.000.000

215 orang / kali

29.995.000

215 orang / kali

99,98

100,00

 

12

PengelolaanKebersihan, KeamanandanTransportasi

120.000.000

11 orang

115.712.500

11 orang

96,43

100,00

2

Program PeningkatanSaranadanPrasaranaAparatur

 

 

 

 

 

 

 

13

PengadaanPeralatanGedung Kantor

100.000.000

12 jenis

99.642.000

12 jenis

99,64

100,00

 

14

PemeliharaanRutin/BerkalaGedung Kantor

70.000.000

1 paket 

69.057.200

1 paket 

98,65

100,00

 

15

PemeliharaanRutin/BerkalaKendaraanDinas/Operasional

60.000.000

2 jenis

57.339.975

2 jenis

95,57

100,00

 

16

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Perlengkapan Gedung Kantor

           65.000.000

1 gedung

64.803.000

1 gedung

99,70

100,00

 

17

DED pembangunan gedung layanan perpustakaan

100.000.000

 

99.660.000

 

99,66

 

3

Program PeningkatanDisiplinAparatur

 

 

 

 

 

 

 

18

Pengadaan Pakaian Khusus Hari – Hari Tertentu

35.000.000

40 karyawan / karyawati 39 karyawan

34.805.000

40 karyawan / karyawati 39 karyawan

99,44

100,00

4

Program PeningkatanKapasitasSumberDayaAparatur

 

 

 

 

 

 

 

19

Sosialisasi Peraturan Perundang – Undangan

45.000.000

48 OPD

45.000.000

48 OPD

100,00

100,00

 

20

Pendidikan Pelatihan Non formal

157.000.000

80 orang

156.960.000

80 orang

99,97

100,00

5

Program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan

 

 

 

 

 

 

 

21

Penyusunan LKJIP, LKPJ dan LPPD

16.500.000

2 dokumen

16.500.000

2 dokumen

100,00

100,00

6

Program pengembanganbudayabacadanpembinaanperpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

22

Penyediaanbahanpustakaperpustakaanumum

40.000.000

471 buku

39.599.000

471 buku

99,00

100,00

 

23

Work shop peningkatanminatbaca

           19.000.000

50 peserta

19.000.000

50 peserta

100,00

100,00

 

24

Lomba bercerita bagi anak

           15.500.000

38 peserta 

15.500.000

38 peserta 

100,00

100,00

 

25

Pameran buku dan foto serta penunjangnya

           100.000.000

6 hari

99.549.100

6 hari

99,55

100,00

 

26

Pengembangan layanan perpustakaan

35.000.000

24 TK/PAUD

35.000.000

24 TK/PAUD

100,00

100,00

 

27

Bimbingan teknis pengelola perpustakaan sekolah

29.000.000

60 desa/ sklh

28.700.000

60 desa/ sklh

98,97

100,00

 

28

Monitoring dan pembinaan Perpustakaan Binaan

16.000.000

38 desa

16.000.000

38 desa

100,00

100,00

 

29

Pendampingan Program Perpu Seru Cocacola Foundation Indonesia

72.000.000

12 kegiatan

72.000.000

12 kegiatan

100,00

100,00

 

30

Pengolahan bahan pustaka

           5.000.000

450 eks

5.000.000

450 eks

100,00

100,00

 

31

Layanan Perpustakakaan Malam

           45.000.000

6000 pengunjung

45.000.000

6000 pengunjung

100,00

100,00

 

32

Layanan Perpustakaan Keliling

           34.500.000

12 bulan

34.499.000

12 bulan

100,00

100,00

7

Program PenyelamatandanPelestarianDokumen / Arsip Daerah

 

 

 

 

   
 

33

Penyusunan Perbub Pola Klasifikasi Kearsipan dan Jadwal Retensi Arsip

40.000.000

1 Perbub

40.000.000

1 Perbub

100,00

100,00

 

34

Preservasi Arsip/ Penyiangan Arsip

60.000.000

1 kegiatan

59.445.000

1 kegiatan

99,08

100,00

 

35

Pameran Kearsipan

47.000.000

1 lokasi

47.000.000

1 lokasi

100,00

100,00

8

Program PeningkatanKualitasPelayananInformasi

 

 

 

 

   
 

35

Bintek Kearsipan bagi Pengelola Arsip SD

           29.000.000

60 peserta

29.000.000

60 peserta

100,00

100,00

 

36

Pembentukan Desa Percontohan Tertib Administrasi Kearsipan

           40.000.000

2 desa

40.000.000

2 desa

100,00

100,00

 

37

Pembenahan Kearsipan bagi SKPD Se- Kabupaten Grobogan

           39.000.000

9 kecamatan 

94.982.850

9 kecamatan  

99,98

100,00

 

38

Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Pengawasan Kearsipan

20.000.000

 

20.000.000

 

100,00

100,00

   

JUMLAH

       2.136.000.000

                         -

2.114.810.883

                         -

99,01

100,00

 

Angaran tersebut bersumber dari Anggaran Belanja Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2018, yang  secara ringkas  komposisi penggunaan dan realisasinya sebagaimana tabel 3.9. berikut :

Tabel 3.9. Penyerapan Anggaran Tahun 2018

No

Uraian

Anggaran

Realisasi

Penyerapan

1

Belanja Pegawai

2.283.084.253

2.261.667.563

99,06

2

Belanja Barang dan Jasa

2.080.700.000

2.051.251.171

98,58

3

Belanja Modal

190.000.000

183.436.670

96,55

Jumlah

4.553.784.253

4.496.355.404

98,74

Dilihat dari sisi penyerapan anggaran Tahun 2018, apabila dibandingkan Tahun 2017 maka terjadi kenaikan sebesar 0,81 %, sebagaimana tabel 3.10. berikut ini :

Tabel 3.10. Penyerapan Anggaran Tahun 2017 dan 2018

 

No

T.A.

Anggaran

Realisasi

Penyerapan

1

2017

4.626.849.895

4.531.022.588

97,93

2

2018

4.553.784.253

4.496.355.404

98,74

 

 

BAB IV

P E N U T U P

  1. Tinjauan Umum Capaian Kinerja

Berdasarkan Rencana Strategis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, ada 2 sasaran strategis yang ingin dicapai untuk mewujudkan visi organisasi. Melalui misi yang dimiliki atau diemban, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah melakukan berbagai upaya program dan kegiatan untuk mewujudkan visi itu, dengan mengerahkan semua potensi / sumber daya organisasi baik yang berkaitan sumber daya manusia, finansial dan sarana prasarana lainnya.

Sesuai dengan Rencana Kinerja tahun 2018, tahun ini ada 2 sasaran yang ingin dicapai oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah dalam mewujudkan tujuan dan visi organisasi. kedua sasaran tersebut adalah Meningkatnya kualitas goverment, pengelolaan data/ informasi dan arsip daerah, serta pengamanan informasi sandi, meningkatnya minat dan budaya baca masyarakat.

Berdasarkan hasil pengukuran kinerja sebagaimana diuraikan pada BAB III di atas, maka di sini dapat kami simpulkan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada tahun 2018 ini telah menunjukkan kinerja yang baik, karena telah mencapai target-target sasaran yang telah ditetapkan, meski ada beberapa diantaranya yang masih perlu terus ditingkatkan

Prestasi capaian kinerja tersebut dapat dilihat dari hasil sejumlah nilai sasaran yang akan dicapai tahun ini. Hasilnya menunjukkan bahwa dari ketujuh sasaran tersebut semuanya telah menunjukkan kinerja yang sangat baik, karena nilai kinernya dalam kategori Sangat berhasil. Hal ini disebabkan karena capaian kinerjanya mencapai 100% dari rencana.

Berdasarkan capaian hasil tersebut maka disini dapat disimpulkan bahwa secara umum capaian kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada tahun 2018 dapat dikatakan sangat berhasil, karena dari 2 sasaran yang ingin dicapai, semuanya menunjukkan dalam kategori sangat berhasil.

Hal tersebut didukung dengan:

  1. Indikator sasaran Meningkatnya kualitas goverment, pengelolaan data/ informasi dan arsip daerah, serta pengamanan informasi sandi capaiannya sebesar 100 % .
  1. Indikator sasaran meningkatnya minat dan budaya baca masyarakat capaianya sebesar 136 %.

Demikian Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2018 untuk Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan/evaluasi untuk kegiatan/ kinerja yang akan datang.

Sekian dan terima kasih.     

 

 

Purwodadi,         Februari 2019

Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan

Drs. MURYANTO, MM

NIP. 1959111 198903 1 011

 

 

 

 

 

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com