BAB I

PENDAHULUAN

  • LatarBelakang

Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan adalah salah satu OPD pada Pemerintah Kabupaten Grobogan yang dibentuk berdasarkan Nomor 15 Tahun 2016 tentang KedudukanSusunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi Uraian Tugas Jabatan Dan Tata Kerja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan. Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan merupakan salah satu unsur pelaksana otonomi daerah dan merupakan bagian dari perangkat daerah. Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan juga merupakan unsur pelaksana implementasi kebijakan pembangunan daerah yang dituangkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Perencanaan Pembangunan Nasional dan sesuai dengan pasal 272 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dinyatakan bahwa setiap Perangkat Daerah wajib menyusun Rencana Strategis (Renstra). Rencana Strategis Perangkat Daerah adalah dokumen perencanaan Perangkat Daerah untuk periode lima tahun yang memuat tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah serta berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan bersifat indikatif.

Amanah Undang-undang tersebut dalam rangka mengimplementasikan kebijakan pembangunan daerah sesuai urusan pemerintahan sebagaimana diatur dalam undang-undang 23 tahun 2014, maka Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan wajib menyusun Renstra SKPD se-periode dengan RPJMD-nya yaitu tahun 2016-2021.

Dengan berakhirnya masa berlaku RPJMD Kabupaten Grobogan periode 2011 – 2016 dan telah disusunnya RPJMD periode 2016 – 2021 yang mengusung visi, misi, tujuan, sasaran dan kebijakan pemerintahan di bawah kepemimpinan Bupati periode 2016-2021, maka Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan wajib menyusun Rencana Strategis Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan periode 2016-2021. Rencana Strategis Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan secara subtansial merupakan implementasi atas misi ke-6, yaitu Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik.

Rencana Strategis Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan pada prinsipnya disusun secara paralel dengan penyusunan RPJMD Pemerintah Kabupaten Grobogan Tahun 2016-2021. Metodologi penyusunan mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Proses penyusunan Renstra Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan DaerahKabupaten Grobogan telah dimulai sejak awal 2016 dengan langkah awal mengindentifikasi isu-isu strategis, hasil evaluasi RPJMD, evaluasi Renstra periode berjalan, telaah terhadap Renstra Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Pada tahap tertentu proses penyusunan Renstra disesuaikan dengan visi dan misi Bupati terpilih yang dituangkan dalam dokumen RPJMD.

Dokumen Rencana Strategis Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan DaerahKabupaten Grobogan diharapkan mampu menjadi acuan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kabupaten Grobogan dalam menjalankan penyelenggaraan urusan wajib kearsipan dan perpustakaan. Dengan implementasi Renstra 2016-2021 secara konsisten diharapkan keberadaan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan mampu menjamin arah pembangunan dibidang tata kelola pemerintah yang akuntabel dan berjalan sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah Daerah dan secara akumulatif mampu mewujudkan sasaran strategis pembangunan daerah dan mendukung terwujudnya sasaran strategis pembangunan nasional.

  • LandasanHukum

DasarhokumdalampenyusunanRencanaStrategisDinasKearsipan Dan PerpustakaanDaerah KabupatenGroboganTahun 2011 – 2016:

  1. Undang – UndangNomor 13 Tahun 1959 TentangPembentukan Daerah – Daerah KabupatenDalamLingkunganProvinsiJawa Tengah;
  2. Undang – UndangNomor 10 Tahun 2004 TentangPembentukanPeraturanPerundang – undangan;
  3. Undang – UndangNomor 25 Tahun 2004 TentangSistemPerencanaan Pembangunan Nasional ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 104 , TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4421 );
  4. Undang – UndangNomor 23 Tahun 2014 tentangPemerintahan Daerah ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437 ) sebagaimanatelahbeberapa kali diubahterakhirdenganUndang – UndangNomor 12 Tahun 2008 TentangPerubahanKeduaatasUndang – UndangNomor 32 Tahun 2004 TentangPemerintahan Daerah ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59,Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesiaNomor 4844 );
  5. Undang – UndangNomor 17 Tahun 2007 TentangRencana Pembangunan JangkaPanjangNasionalTahun 2005 – 2025;
  6. Undang – UndangNomor 43 Tahun 2009 TentangKearsipan;
  7. PeraturanPemerintahNomor 58 Tahun 2005 tentangPengelolaanKeuangan Daerah ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 140, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4578 );
  8. PeraturanPemerintahNomor 39 Tahun 2006 Tentang Tata caraPengendaliandanEvaluasiPelaksanaan Pembangunan;
  9. PeraturanPemerintahNomor 40 Tahun 2006 Tentang Tata caraPenyusunanRencana Pembangunan Nasional;
  10. PeraturanPemerintahNomor 8 Tahun 2008 TentangTahapan, Tata caraPenyusunan, PengendaliandanEvaluasiPelaksanaanRencana Pembangunan Daerah;
  11. PeraturanPemerintahNomor 28 Tahun 2012 TentangPelaksanaanUndang – UndangNomor 43 Tahun 2009TentangKearsipan.
  12. PeraturanPemerintahNomor 18 Tahun 2016 TentangPerangkat Daerah;
  13. PeraturanMenteriDalamNegeriNomor 13 Tahun 2006 tentangPedomanPengelolaanKeuangan Daerah sebagaimanatelahdiubahdenganPeraturanMenteriDalamNegeriNomor 59 Tahun 2007 TentangPerubahanatasPeraturanMenteriDalamNegeriNomor 13 TentangPedomanPengelolaanKeuangan Daerah;
  14. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang tata cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah , Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta tata cara Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.
  15. Peraturan Daerah KabupatenGroboganNomor 14 Tahun2005 TentangTatacaraPenyusunanRencana Pembangunan Daerah danPelaksanaanMusyawarahPerencanaan Pembangunan Daerah KabupatenGrobogan.
  16. Peraturan Daerah KabupatenGroboganNomor 11 Tahun2007 TentangRencana Pembangunan JangkaPanjang Daerah KabupatenGroboganTahun 2005 – 2025.
  17. Peraturan DaerahKabupatenGroboganNomor 10 Tahun2016 TentangRencana Pembangunan JangkaMenengah Daerah KabupatenGroboganTahun 2016 – 2021.
  18. PeraturanBupatiKabupatenGroboganNomor 66 Tahun 2016 TentangKedudukanSusunanOrganisasi, TugasPokok, FungsiUraianTugasJabatan Dan Tata KerjaDinasKearsipan Dan Perpustakaan Daerah KabupatenGrobogan
  • Maksud dan Tujuan

Maksud penyusunan Renstra Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2016 – 2021 untuk menyediakan dokumen perencanaan jangka menengah Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan yang dapat memastikan arah kinerja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan sertamemberikan arah dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan untuk jangka waktu lima tahun kedepan.

SedangkantujuandisusunnyaRenstraDinasKearsipan Dan PerpustakaanDaerahKabupatenGroboganadalah :

  1. Mengidentifikasiisu-isustrategisbidangkearsipandanketerkaitannyadenganisustrategispembangunandaerahsertaisustrategiskearsipan di tingkatProvinsiJawa Tengah danNasional;
  2. MerumuskanVisi, Misi, TujuandanSasaranDinasKearsipan Dan PerpustakaanDaerahKabupatenGroboganTahun 2016 – 2021;
  3. MerumuskanindicatorkinerjasasarandanindicatorkinerjautamaDinasKearsipan Dan PerpustakaanDaerahKabupatenGroboganTahun 2016 – 2021;
  4. Merumuskankebijakandalambentuk program dankegiatanindikatifuntukmencapaisasaranstrategis/indicatorkinerjautama.
  • SistematikaPenulisan

DokumenRenstraDinasKearsipan Dan PerpustakaanDaerah KabupatenGroboganterdiridaridelapanbab, yaitu :

Bab I

 

 

Bab II

 

Bab III

 

Bab IV

 

 

Bab V

 

Bab VI

 

Bab VII

 

Bab VIII

Pendahuluan

Yangterdiridari sub babLatarBelakang, LandasanHukum, MaksuddanTujuandanSistematikaPenulisan.

GambaranPelayananPD

 

Yangterdiridari sub babTugas, Fungsi, danStrukturOrganisasi, SumberDaya,KinerjaPelayanandanTantangandanPeluangPengembanganPelayanan.

 

Permasalahan dan Isu-isuStrategis

BerdasarkanTugasdanFungsi yang terdiridari sub babIdentifikasiPermasalahanBerdasarkanTugasdanFungsiPelayanan, TelaahanVisi, Misidan Program Kepala Daerah danWakilKepala Daerah Terpilih,TelaahanRenstra ANRI, TelaahanRenstraBadanArsipdanPerpustakaan Daerah ProvinsijawaTengah,TelaahanRencana Tata Ruang Wilayah danKajianLingkunganHIdupStrategisdanPenentuanIsu-isuStrategis.

 

TujuandanSasaran,

Tujuan sasaran yang berisi tujuan dan sasaran OPD yang diberikan indikator.

 

StrategidanKebijakan

Yang berisi tentang strategi dan kebijakan atas jawaban permasalahan dan isu isu strategis OPD.

 

Rencana Program danKegiatan serta Pendanaan

 

Kinerja Penyelenggaraan Bidang Urusan.

 

Penutup, berisitentangpedomantransisidankaidahpelaksanaanRenstra



 

BAB II                                                                                                                                   

GAMBARAN PELAYANAN DINAS KEARSIPAN DAN

PERPUSTAKAAN DAERAH

 

  • 2.1 Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi

 

Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2016 tentang KedudukanSusunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi Uraian Tugas Jabatan Dan Tata Kerja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, adapun rincian tupoksinya dimuat dalah perbub nomor 66 Tahun 2016.

Sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 66 Tahun 2016Tentang :

“Kedudukan Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi Uraian Tugas Jabatan Dan Tata Kerja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan.”

Mempunyai Tugas Pokok melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan di bidang kearsipan dan perpustakaan.

Adapun Fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan adalah :

  1. Penyusunan program kerja dibidang pengelolaan kearsipandan perpustakaan daerah.
  2. Perumusan kebijakan teknis dibidang pengelolaan kearsipan dan perpustakaan.
  3. Pengoordinasian,pengembangan,dan fasilitasi kegiatan di bidang kearsipan dan perpustakaan.
  4. Pembinaan, dan pengendalian kegiatan dibidang kearsipan dan perpustakaan.
  5. Pelaksanaan monitoring, evaluasi , dan pelaporan kegiatan di bidang kearsipan dan perpustakaan.
  6. Pengelolaan kesekertariatan dinas dan
  7. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.

Sedangkan Struktur OrganisasiDinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Grobogan Nomor 66 Tahun 2016 Tentang Kedudukan Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi Uraian Tugas Jabatan Dan Tata Kerja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan :

  1. Kepala Dinas

Kepala kantor mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan di bidang kearsipan dan perpustakaan.

Kepala Dinas mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis dibidang pengelolaan kearsipan dan perpustakaan.
  2. Pengoordinasian,pengembangan,dan fasilitasi kegiatan di bidang kearsipan dan perpustakaan.
  3. Pembinaan, dan pengendalian kegiatan dibidang kearsipan dan perpustakaan.
  4. Pelaksanaan monitoring, evaluasi , dan pelaporan kegiatan di bidang kearsipan dan perpustakaan.
  5. Pengelolaan kesekertariatan dinas dan
  6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.
  7. Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas kepala dinas dengan menyiapkan bahan koordinasi perumusan kebijakan teknis dan memberikan pelayanan administratif dan fungsional kepada semua unsur di lingkungan Dinas, menyelenggarakan administrasi umum, surat menyurat, kepegawaian, keuangan, hubungan masyarakat, sarana dan prasarana perlengkapan, urusan rumah tangga, protokol, perjalanan dinas, kearsipan, hukum dan ketatalaksanaan serta penyusunan perencanaan program dan pelaporan.

Sekertaris mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program kerja dibidang kesekertariatan Dinas.
  2. Penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan perumusan kebijakan teknis di bidang kearsipan dan perpustakaan.
  3. Penyiapan bahan koordinasi dan pelaksanaan tugas ketatausahaan, administrasi umum dan surat menyurat.
  4. Pengelolaan kepegawaian, sarana dan prasarana, perlengkapan, urusan rumah tangga, protokol, hubungan masyarakat, ketatalaksanaan dinas, hukum, kearsipan, pengelolaan perencanaan program  dan penyusunan pelaporan.
  5. Pengelolaan keuangan perjalanan dinas dan pertanggung jawaban keuangan.
  6. Penyusunan bahan dalam rangka pembinaan teknis fungsional.
  7. Pelaksanaan tugas lain  yang diberikan oleh kepala kantor sesuai dengan bidang tugasnya.
  1. Sub bagian perencanaan dan keuangan

Sub bagian perencanaan dan keuangan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas sekertaris dalam perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, pengendalian, pengelolaan dan pemberian bimbingan di bidang perencanaan dan keuangan, monitoring, evaluasi, pelaporan, dan sistem informasi Dinas.

  1. Sub Bagian Umum

Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Sekretaris dalam perumusan kebijakan, pengoordinasian, pembinaan, pengendalian, pengelolaan dan pemberian bimbingan di bidang administrasi umum, surat-menyurat, kepegawaian, hubungan masyarakat, sarana dan prasarana, perlengkapan, urusan rumah tangga, protokol, perjalanan dinas, kearsipan, hukum, dan ketatalaksanaan.

  1. Bidang Kearsipan

Kepala Bidang Kearsipan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan dan fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengelolaan, preservasi pemeliharaan, layanan, otomasi, dan pemanfaatan arsip.

Kepala Bidang Kearsipan mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang pengelolaan, preservasi, pemeliharaan, layanan, otomasi dan pemanfaatan arsip.
  2. Pengkoordinasian dan pelaksanaan kegiatan di bidang pengelolaan, preservasi, pemeliharaan, layanan, otomasi dan pemanfaatan arsip.
  3. Pembinaan, pengawasan, dan pengendalian kegiatan di bidang pengelolaan, preservasi, pemeliharaan, layanan, otomasi dan pemanfaatan arsip.
  4. Pengelolaan dan fasilitasi kegiatan di bidang pengelolaan, preservasi, pemeliharaan, layanan, otomasi dan pemanfaatan arsip.
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengelolaan, preservasi, pemeliharan, layanan, otomasi dan pemanfaatan arsip; dan
  6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala kepada Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Pengolahan Kearsipan

Kepala Seksi Pengolahan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Kearsipan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengolahan, penataan, akuisisi, penilaian arsip dinamis dan statis.

  1. Seksi Preservasi dan Pemeliharaan Arsip

Kepala Seksi Preservasi dan Pemeliharaan Arsip mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Kearsipan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pngoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporankegiatan di bidang preservasi, pemeliharaan, perbaikan, penyelamatan dan pelestarian arsip in aktif dan statis, alih media, dan reproduksi arsip, dan pemusnahan arsip in aktif.

  1. Seksi Layanan, Otomasi dan Pemanfaatan Arsip.

Kepala Seksi Layanan, Otomasi dan pemanfaatan Arsip mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Kearsipan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang layanan, otomasi dan pemanfaatan arsip.

  1. Bidang Perpustakaan

Kepala Bidang Perpustakaan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam perumusan kebijakan teknis,pelaksanaan, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelilaan dan fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengembangan koleksi, layanan, otomasi, kerjasama perpustakaan, konservasi, alih media, pemeliharaan dan pelestrian bahan perpustakaan.

Kepala Bidang Perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang perpustakaan.
  2. Pengkoordinasian dan pelaksanaan kegiatan di bidang perpustakaan.
  3. Pembinaan, pengawasan, dan pengendalian kegiatan di bidang perpustakaan.
  4. Pengelolaan dan fasilitasi kegiatan di bidang perpustakaan.
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang perpustakaan; dan
  6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan.

Kepala Seksi Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Perpustakaan dalam penyiapanbahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengembangan koleksi, dan pengolahan bahan perpustakaan.

  1. Seksi Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan.

Kepala Seksi Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Perpustakaan Bidang Perpustakaan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian,pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang layanan, otomasi, dan kerjasama perpustakaan.

  1. Seksi Konservasi, Alih Media dan Pelestarian Bahan Perpustakaan.

Kepala Seksi Konservasi, Alih Media dan Pelestarian Bahan Perpustakaan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Perpustakaandalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang konservasi, alih media dan pelestarian bahan perpustakaan.

  1. Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan dan fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengembangan dan pembinaan kearsipan dan perpustakaan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang pengembangan  dan pembinaan kearsipan dan perpustakaan;
  2. Pengkoordinasian dan pelaksanaan kegiatan di bidang pengembangan  dan pembinaan kearsipan dan perpustakaan;
  3. Pembinaan, pengawasan, dan pengendalian kegiatan di bidang pengembangan  dan pembinaan kearsipan dan perpustakaan;
  4. Pengelolaan dan fasilitasi kegiatan di bidang pengembangan  dan pembinaan kearsipan dan perpustakaan;
  5. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengembangan  dan pembinaan kearsipan dan perpustakaan; dan
  6. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pembinaan dan pengawasan kearsipan.

  1. Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan mempunyai tugas pokok mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan.

  1. Seksi Pengembangan Kearsipan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca

Kepala Seksi Pengembangan Kearsipan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pengembangan kearsipan dan pembudayaan kegemaran membaca.

  1. Kelompok Jabatan Fungsional Tertentu

Kelompok Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan Dinas mempunyai tugas tugas dan tanggungjawab membantu sebagian tugas  Kepala Dinas dalam melaksanakan kegiatan teknis sesuai dengan keahlian, keterampilan dan spesialisasinya masing – masing dan bersifat mandiri berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Adapunstrukturorganisasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dapat di gambarkansebagaiberikut  :

Gambar 2.1

Struktur Organisasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan

PICTURE\\

 

Gambar 2.1Struktur Organisasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

  • 2.1 Sumber daya

          Keadaan aparatur dilingkungan Sekertariat / Bidang menurut variasi  golongan.

Jumlah pegawai Kantor Arsip dilihat dari golongan menunjukan golongan IV sebanyak  1 orang, golongan III sebanyak 9 orang, dan golongan II sebanyak 5 orang.

Dilihat dari golongan kepegawaian, rata-rata pegawai berada pada golongan 3, golongan 2 dan golongan 4 hanya dijabat oleh personil yang terbatas. 

Selengkapnya pegawai berdasarkan golongan dan jenis kelamin dapat dilihat pada tabel 2.1 sebagai berikut :

 Tabel 2.1

 

Jabatan

                    

Laki-laki

Perempuan

Jml

Gol I

Gol   II

Gol III

Gol   IV

Jml

 

Gol I

Gol   II

Gol   III

Gol   IV

Jml

Kepala

-

-

-

1

1

 -

-

-

1

Sekertaris

               

1

1

1

Sub Bagian umum

-

       

   

 1

1

1

Sub bag Perencanaan Dan Keuangan

   

1

 

1

         

1

Fungsional Pustakawan

             

1

 

1

1

Bidang Kearsipan

             

1

 

1

1

Seksi Pengolahankearsipan

             

1

 

1

1

Seksi Preservasi dan Pemeliharaan Arsip

             

1

 

1

1

Seksi Layanan, Otomasi,dan Pemanfaatan Arsip

   

1

 

1

         

1

Bidang Perpustakaan

     

1

1

         

1

Seksi Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan

             

1

 

1

1

Seksi Layanan, Otomasi, dan Kerjasama Perpustakaan

             

1

 

1

1

Seksi Konservasi, Alih Media dan pelestarian Bahan Perpustakaan

     

1

1

         

1

Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan

               

1

1

1

Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan

               

1

1

1

Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan

     

1

1

         

1

Seksi Pengembangan Kearsipan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca

     

1

1

         

1

Jumlah

0

0

2

5

7

0

0

7

3

10

17

Kemudian jika dilihat dari jabatan eselon yang diemban, sampai dengan tahun 2017 jumlah pejabat eselon III sebanyak 4 orang terdiri dari 3 orang perempuan, dan 1 orang laki laki pejabat eselon IV sebanyak 11 orang  yaitu 5 laki-laki dan 6 perempuan. Dalam perspektif gender jumlah pejabat perempuan lebih banyak dari laki laki. Selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut :

Tabel 2.2

Keadaan Kepegawaian / Personil menurut Eselon (orang)

No

Eselon

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

1

Eselon II b

1

1

2

Eselon III a

1

2

3

3

Eselon III b

0

1

1

3

Eselon IV a

5

6

11

 

Jumlah, Eselon II, III, IV

7

9

16

Keadaan Kepegawaian / Personil menurut jenjang Pendidikan, Jumlah pegawai menurut jenjang pendidikan menunjukan sebagian besar merupakan lulusan Sarjana yaitu sebanyak 7 orang,untuk pegawai berijasah D3 sebanyak 2 orang dan pegawai berijasah SLTA sebanyak 3 orang sedangkan yang berijasah SLTP sebanyak 1 orang.Dilihat dari tingkat pendidikan, rata-rata sarjana S1 yaitu laki-laki 4 dan perempuan 3. Ada selisih sedikit dalam hal pendidikan bagi pegawai perempuan, artinya tidak ada kesenjangan jender antara pegawai laki-laki dan perempuan karena memiliki pendidikan yang sama.

Selengkapnya pegawai berdasakan tingkat pendidikan dapat dilihat pada tabel 2.3 berikut ini :

Tabel 2.3

Keadaan Kepegawaian / Personil menurut jenjang Pendidikan (orang)

No

Tingkat Pendidikan

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

1

PascaSarjana ( S2 )

3

 4

7

2

Sarjana     ( S1 )

4

6

10

3

SarjanaMuda

1

3

4

4

SekolahLanjutan Tingkat Atas( SLTA )

3

2

5

5

SekolahLanjutan Tingkat Pertama ( SLTP )

 0

 1

1

6

SekolahDasar

 0

 0

0

 

Jumlah

11

16

27

Keadaan Kepegawaian / Personil yang telah mengikuti Diklat Perjenjangan/struktural , Jumlah pegawai yang telah mengikuti Diklat Perjenjangan/struktural sebanyak 16 orang. Jenjang struktural Spama/Diklat Pim. III sebanyak 15 orang dan jenjang struktural Adumla/Adum/Diklat Pim. IV sebanyak 1 orang, dengan begitu semua pejabat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah telah mengikuti diklat structural/Pim. Selengkapnya dapat dilihat pada tabel 2.4 sebagai berikut :

 Tabel 2.4

Keadaan Kepegawaian / Personil yang telah mengikuti

Diklat Perjenjangan / struktural (orang)

No

JenjangStruktural

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

1

Spamen/Diklat Pim. II

0

0

0

2

Spama/Diklat Pim. III

6

9

15

3

Adumla/Adum/Diklat Pim. IV

1

0

1

Sedangkan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pelayanan di bidang kearsipan di Kantor Arsip Daerah Kabupaten Grobogan adalah :

Tabel 2.4

Asset Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah

Kabupaten Grobogan per 31 Desember 2017

No

Nama Barang

Satuan

Kuantitas

Nilai Barang

Kondisi

1

2

3

4

5

6

1

Elektrik Generating Set

Buah

1

7.500.000

Baik

       2

Mobil

Buah

4

576.436.071

Baik

3

Sepeda motor

Buah

10

127.923.000

Baik

4

Mesin ketik

Buah

2

3.086.847

Baik

5

Alat Pengganda ( Mesin Laminating)

Buah

1

1.200.000

Baik

6

Roll O pack

Buah

5

71.648.172

Baik

7

Rak Besi

Buah

38

123.963.000

Baik

8

Rak arsip

Buah

74

51.456.000

Baik

9

Filling cabinet

Buah

4

11.335.000

Baik

10

Brankas

Buah

3

48.142.500

Baik

11

Kardek

Buah

1

3.500.000

Baik

12

Lemari Kaca

Buah

1

6.400.000

Baik

13

Rak Dorong

Buah

1

20.000.000

Baik

14

Rak Display

Buah

1

7.000.000

Baik

15

Papan nama struktur organisasi

Buah

1

1.000.000

Baik

16

Papan panel

Buah

2

4.800.000

Baik

17

Moving palan

Buah

1

30.732.500

Baik

18

Papan data

Buah

2

5.926.146

Baik

19

Papan Pengumuman

Buah

4

2.641.010

Baik

20

Staples Besar

Buah

1

745.000

Baik

21

Overhead Projector

Buah

2

21.245.760

Baik

22

Troly angkut

Buah

1

3.218.233

Baik

23

Kursi dan Meja

Buah

 

211.848.841

Baik

24

Mesin Penghisap Debu

Buah

2

10.720.805

Baik

25

Lemari es

Buah

2

4.686.000

Baik

26

AC ruangan

Buah

13

97.137.324

Baik

27

Kipas angin

Buah

1

250.000

Baik

28

Televisi

Buah

3

27.312.815

Baik

29

Laser disk

Buah

1

600.000

Baik

30

Korden

Buah

1

9.000.000

Baik

31

Compac Disk

Buah

1

697.000

Baik

32

Unit Power Suplay

Buah

1

1.475.000

Baik

33

Dispenser

Buah

1

1.750.000

Baik

34

Tabung pemadam kebakaran

Buah

6

11.914.250

Baik

35

Tower

Titik

2

85.000.000

Baik

36

Komputer

Buah

8

97.104.367

Baik

37

Note book

Buah

8

38.823.500

Baik

38

Printer

Buah

5

33.384.000

Baik

39

Monitor

Buah

2

5.265.900

Baik

40

Scanner

Buah

2

20.091.996

Baik

41

Meja dan Kursi Rapat

Buah

2

47.143.059

Baik

42

Camera + Attachment

Buah

2

18.038.250

Baik

43

Microphon Wereles

Buah

1

2.293.000

Baik

44

Roll X

Buah

2

1.000.000

Baik

45

Handycam

Buah

1

13.048.317

Baik

46

CCTV

Buah

1

6.889.800

Baik

47

Faxsimile

Buah

2

4.869.745

Baik

48

Benner elektronik

Buah

4

38.000.000

Baik

49

Instalasi Gardu Listrik

Buah

1

43.056.000

Baik

50

Jaringan Listrik

Buah

1

37.583.000

Baik

 

Jumlah

   

2.050.881.586

 

 

  • Kinerja Pelayanan SKPD

Selama lima tahun terakhir capaian pelayanan pada Kantor Arsip Kabupaten Grobogan dapat dilihat pada tabel 2.1 berikut ini :

Tabel 2.5

Indikator Kinerja Sasaran

 

Indikator Kinerja

Satuan

Target Renstra SKPD Tahun ke-

Realisasi Capaian Tahun ke-

Rasio Capaian pada Tahun ke-

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

2

3

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

Pengelolaan arsip secara baku

OPD

53

53

53

61

53

53

53

53

61

53

100

100

100

100

100

Peningkatan SDM pengelola kearsipan

orang

180

425

150

200

120

180

425

150

200

120

100

100

100

100

100

Jumlah pengunjung perpustakaan

daerah dalam satu tahun

orang

10.000

11.000

12.000

14.000

15.000

11.882

10.590

9.160

16.770

19.645

118

96

76

119

130

Jumlah Koleksi buku milik

perpustakaan

eks

36.000

36.000

40.000

40.000

43.000

35.401

37.682

40.370

42.445

44.787

98

104

100

106

104

Tabel 2.6

Pencapaian Kinerja Pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan

No

Indikator Kinerja Sesuai Tugas dan Fungsi SKPD

Satuan

Target Renstra SKPD Tahun ke -

Realisasi Capaian Tahun ke :

Rasio Capaian pada Tahun ke :

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

1

2

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

1

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

                               

1

Penyediaan Jasa Surat Menyurat

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

2

Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

5

Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kantor

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

6

Penyediaan Alat Tulis Kantor

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

7

Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

8

Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan Bangunan Kantor

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

9

Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan

Bulan

12

12

12

12

 

12

12

12

12

 

100

100

100

100

 

10

Penyediaan Makanan dan Minuman Kantor

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

11

Rapat-Rapat Koordinasi dan konsultasi ke luar Daerah

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

12

Rapat-Rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Dalam Daerah

Kecamatan

19

 

19

19

19

19

 

19

19

19

100

 

100

100

100

13

Pemeliharaan utin / berkala arsip in aktif

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

14

Pengelolaan Kebersihan, Keamanan dan Transportasi

Bulan

12

12

12

12

12

12

12

12

12

12

100

100

100

100

100

2

Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

                               

15

Pengadaan Peralatan Gedung Kantor

jenis

-

5

8

7

6

-

5

8

7

6

 

100

100

100

100

16

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Gedung Kantor

paket

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

100

100

100

100

100

17

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Kendaraan Dinas/ Operasional

kendaraan

6

7

7

7

8

6

7

7

7

8

100

100

100

100

100

                                   

No

Indikator Kinerja Sesuai Tugas dan Fungsi SKPD

Target IKK

Satuan

Target Renstra SKPD Tahun ke -

Realisasi Capaian Tahun ke :

Rasio Capaian pada Tahun ke :

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

1

2

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

3

Program Peningkatan Disiplin Kantor

                                 

18

Pengadaan Pakaian Khusus Hari – Hari Tertentu

 

stel

20

40

40

40

40

20

40

40

40

40

100

100

100

100

100

4

Program Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur

                                 

19

Pendidikan dan Pelatihan Non Formal

 

org

7

7

7

10

10

7

7

7

10

10

100

100

100

100

100

5

Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

                                 

20

Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD

 

bulan

-

-

-

12

12

-

-

-

12

12

-

-

-

100

100

21

Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

 

Dok

-

-

-

1

1

-

-

 

1

1

-

-

-

100

100

22

Pengelolaan Aset

 

bulan

-

-

9

12

12

-

-

9

12

12

-

-

100

100

100

23

Penyusunan LAKIP

 

buku

-

-

-

1

1

-

-

 

1

1

-

-

-

100

100

6

Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/ Arsip Daerah

                                 

24

Pameran Kearsipan

 

kali

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

100

100

100

100

100

25

Peningkatan Kinerja Pengelola Arsip SKPD Se – Kab. Grobogan

 

org

-

-

-

-

50

-

-

-

-

-

-

-

-

-

100

 

Program Pemeliharaan Rutin / Berkala Sarana Dan Prasarana

                                 

26

Pelatihan Arsip Aktif Bagi Ormas (PKK)

 

org peserorgeserta

-

-

-

-

40

-

-

-

 

40

-

-

-

-

100

27

Fumigasi dan Termite Control

 

ruang

-

1

-

1

1

-

1

-

1

1

-

100

-

100

100

28

Pembinaan Kearsipan bagi SKPD

 

SKPD

-

-

-

-

7

-

-

-

-

7

-

-

-

-

100

7

Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi

                                 

29

Bintek Kearsipan bagi Perangkat desa

 

org

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

30

Peningkatan Ilmu Kearsipan Bagi Tata Usaha SMP Negeri

 

org

-

50

-

-

40

-

50

-

-

40

-

100

-

-

100

31

Pembentukan Desa Percontohan Tertib AdministrasiKearsipan

 

desa

-

-

-

3

2

-

-

-

3

2

-

-

-

100

100

 

 

                                 
 
 

 

Tabel 2.6

Anggaran dan Realisasi Pendanaan Pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah

Kabupaten Grobogan

No

Indikator Kinerja Sesuai Tugas dan Fungsi SKPD

Target Renstra SKPD Tahun ke -

Realisasi Capaian Tahun ke :

Rasio Capaian pada Tahun ke :

2011

(ribu)

2012 (ribu)

2013 (ribu)

2014 (ribu)

2015 (ribu)

2011 (ribu)

2012 (ribu)

2013 (ribu)

2014 (ribu)

2015 (ribu)

2011 (ribu)

2012 (ribu)

2013 (ribu)

2014 (ribu)

2015 (ribu)

1

2

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

                                 

1

Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

125,300

219900

293,600

342,340

337,144

118,042

206.462

284.120

335.686

340.889

         

1

Penyediaan Jasa Surat Menyurat

11200

13400

16250

7500

900

11144

13303

15584

7498

8998

99,50

99,28

95,90

99,98

99,98

2

Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik

12000

12000

10000

10000

10000

6074

5751

5296

7179

6255

50,62

47,93

52,97

71,80

62,55

5

Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kantor

3000

10000

10000

7000

9000

3000

9971

9988

7000

9000

100

99,71

99,98

100

100

6

Penyediaan Alat Tulis Kantor

17000

17000

23500

24000

20000

16999

17000

23399

24000

19999

100

100

99,57

100

100

7

Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

17000

17000

22000

20700

23000

17000

16999

21897

20699

23000

100

99,99

99,54

100

100

8

Penyediaan Komponen Instalasi Listrik/ Penerangan Bangunan Kantor

6000

4000

5000

6000

7500

6000

4000

4997

6000

7500

71,67

100

99,94

100

100

9

Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-undangan

4500

6000

6000

6600

7140

3225

6000

6000

6319

7135

100

100

100

95,74

99,93

10

Penyediaan Makanan dan Minuman Kantor

12000

13500

17000

14500

15000

12000

13470

16992

14500

14973

100

99,78

99,96

100

99,82

11

Rapat-Rapat Koordinasi dan konsultasi ke luar Daerah

15000

25000

46500

87500

80200

15000

25000

46399

87500

80172

100

100

99,78

100

99,97

12

Rapat-Rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Dalam Daerah

27600

20000

35000

35000

34000

27600

19990

34885

35000

34000

100

99,95

99,67

100

100

13

Pemeliharaan utin / berkala arsip in aktif

 

65800

80500

86540

89544

 

58778

76934

83567

89544

 

89,33

95,57

96,57

100

14

Pengelolaan Kebersihan, Keamanan dan Transportasi

 

16200

21850

37000

40860

 

16200

21749

36424

40313

 

100

99,54

98,44

98,66

2

Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

                             

15

Pengadaan Peralatan Gedung Kantor

 

102000

65000

102560

80000

 

99818

64209

102248

79225

 

97,86

98,78

99,70

99,03

16

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Gedung Kantor

12000

7000

20000

55000

50000

11010

6886

19900

54430

49625

91,75

98,37

99,50

98,96

99,25

17

Pemeliharaan Rutin/ Berkala Kendaraan Dinas/ Operasional

12000

12000

20000

25000

26000

12000

11992

19995

25000

25038

100

99,94

99,98

100

96,30

                                 

No

Indikator Kinerja Sesuai Tugas dan Fungsi SKPD

Target Renstra SKPD Tahun ke -

Realisasi Capaian Tahun ke :

Rasio Capaian pada Tahun ke :

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

1

2

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

3

Program Peningkatan Disiplin Kantor

                             

21

Pengadaan Pakaian Khusus Hari – Hari Tertentu

4000

10000

10000

15000

20000

4000

10000

9914

14908

19931

100

100

99,14

99,39

99,96

4

Program Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur

                             

22

Pendidikan dan Pelatihan Non Formal

15000

10000

20000

20000

25000

15000

9865

20000

20000

24969

100

98,65

100

100

99,88

5

Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

                             

23

Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD

-

-

-

7000

10000

-

-

-

6999

10000

-

99,98

-

99,99

100

100

24

Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

-

-

-

7000

15000

-

-

-

6998

15000

-

-

-

99,97

100

25

Pengelolaan Aset

 

15000

20000

20000

20000

 

14997

19173

19999

20000

-

99,98

95,87

100

100

 

Penyusunan LAKIP

-

-

-

7500

7500

-

-

-

7500

7500

-

-

-

100

100

6

Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/ Arsip Daerah

                             

26

Pameran Kearsipan

-

27500

30000

45000

45000

-

27499

30000

45000

45000

90,83

-

100

95,96

100

27

Peningkatan Kinerja Pengelola Arsip SKPD Se – Kab. Grobogan

-

8500

 

50000

75000

-

8500

 

50000

74999

-

100

-

100

100

 

Program Pemeliharaan Rutin / Berkala Sarana Dan Prasarana

       

64000

                   

29

Pelatihan Arsip Aktif Bagi Ormas (PKK)

-

-

-

-

35000

-

-

-

-

63775

-

-

-

-

99,65

30

Fumigasi dan Termite Control

-

-

-

35000

80000

-

-

-

34134

34165

-

96,47

-

99,10

97,62

31

Pembinaan Kearsipan bagi SKPD

-

-

-

 

64000

-

-

-

-

79617

-

-

-

99,90

99,52

7

Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi

                             

32

Bintek Kearsipan bagi BUMD

-

-

-

-

64000

-

-

-

-

63675

-

-

-

-

-

33

Peningkatan Ilmu Kearsipan Bagi Tata Usaha SMP Negeri

50000

-

-

 

64000

48293

     

44715

 

97,42

   

99,49

34

Pembentukan Desa Percontohan Tertib AdministrasiKearsipan

     

45000

45000

     

44582

63654

       

99,37

 

 

                             
 

Indikator Kinerja Sesuai Tugas dan Fungsi SKPD

Target Renstra SKPD Tahun ke -

Realisasi Capaian Tahun ke :

Rasio Capaian pada Tahun ke :

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

2011

2012

2013

2014

2015

1

2

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

5

Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

                             
 

Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD

     

7500

7500

     

5460

7500

     

72,8

100

 

Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

8900

8900

8900

10000

10000

8900

8900

8900

100

10000

100

99,89

100

100

100

 

Pengelolaan Aset

 

15000

20800

15000

15000

 

15000

20797

12960

15000

 

100

99,99

86,40

100

6

Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

                             
 

Penyediaan bahan Pustaka perpustakaan umum

55000

50000

50000

50000

50000

53647

49177

48425

49136

48155

97,5

98,35

96,85

98,27

96,31

 

Sosialisasi Pemasyarakatan Perpustakaan

   

20000

       

20000

       

100

   
 

Penyedian bahan pustaka perpustakaan keliling

40000

30000

40000

40000

40000

39234

28573

38950

39270

39652

98,1

95,25

97,38

98,18

99,13

 

Penyedian bahan pustaka masyarakat

55000

20000

40000

40000

 

54150

19640

38910

39270

 

98,5

98,20

97,28

98,18

 
 

Penyediaan sarana prasarana Perpustakaan

 

32000

       

29280

       

91,50

     
 

Pelatihan tenaga pengelola perpustakaan sekolah/masyarakat

50000

50000

50000

   

49880

50000

50000

   

99,8

100

100

   
 

Bintek Perpustakaan sekolah dan masyarakat

     

50000

50000

     

49940

50000

     

99,88

100

 

Pengadaan percontohan perpustakaan desa

50000

50000

50000

100000

24000

49530

48565

48145

95341

24000

99,1

97,13

96,29

95,34

100

 

Workshop peningkatan minat baca pada anak sejak dini

 

30000

30000

30000

   

28800

29500

28400

   

96

98,33

94,67

 
 

Sosialisasi Gerakan pemasyarakatan Minat baca

     

250000

       

24800

       

99,20

 
 

Dana Pendampingan bahan pustaka siap layan

10000

5000

       

5000

     

0

100

     
 

Pengadaan sepeda motor

 

52000

       

50413

       

96,02

     
 

Pengembangan layanan Perpustakaan Umum

   

23081

25000

     

23081

24496

     

100

97,98

 
 

Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan

   

25500

26700

28000

   

25500

26700

28000

   

100

100

100

 

Lomba bercerita bagi anak

       

20000

       

20000

       

100

 

Peremajaan automasi perpustakaan

       

10000

       

10000

       

97,89

 

Pameran Buku murah dan penunjangnya

     

83000

114000

     

83000

111600

     

100

 
 

Pengembangan layanan perpustakaan

       

24800

       

24650

       

99,40

 

Bimbingan teknis pengelola perpustakaan

                             
 

Monitoring dan pembinaanPerpustakaan Binaan

39200

25800

36200

30800

30000

39090

23738

36180

29370

28465

99,7

92,01

99,94

95,36

94,88

 

Penyediaan pengembangan layanan perpustakaan

40000

       

39425

       

98,6

       
 

Lomba perpustakaan desa

20000

       

14344

       

71,7

       
 

Penataan halaman kantor perpustakaan daerah

       

100000

       

99845

       

99,85

 

Penyusunan peraturan daerah tentang penyelenggaraan perpustakaan

       

55000

       

55000

       

100

7

Program Penyelamatan dan Pelestarian Bahan Pustaka

                             
 

Pelestarian Karya cetak dan Karya Rekam

   

15000

15000

10000

   

15000

14496

10000

   

100

97,60

99,40

 

Fumigasi dan Termite Control

     

26000

26000

     

26000

25811

     

100

99,27

 

Dari tabel 2.6 diatas dapat dilihat bahwa rasio antara realisasi dan anggaran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan pada tahun 2011-2015 dapat dikatakan baik, hal ini dilihat pada angka rasio yang rata-rata mencapai 99%. Pada tahun 2015 rasio realisasi dan anggaran tidak mengalami perubahandibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan anggarandapat terserap secara keseluruhan.

  • Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan SKPD

Tantangan adalah hal-hal yang dapat menghambat kepada keberhasilan Program Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah antara lain :

  1. Masih minimnya penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang kearsipan.
  2. Tuntutan masyarakat yang semakin kompleks dalam mengakses dan memperoleh informasi di bidang kearsipan, serta
  3. mempermudah pengelolaan arsip yang baik menggunakan teknologi informasi (e-arsip) guna mendukung pelaksanaan e-government.
  4. Rendahnya kesadaran perangkat daerah untuk melakukan pengelolaan arsip secara baku.
  5. Meningkatnyapermintaan masyarakat akan bahanbacaan perpustakaan dan jaminan hak masyarakat atas pelayanan dan pemanfaatan baik masyarakat membutuhkan adanya diversifikasi layanan perpustakaan, melalui mobil perpustakaan keliling, maupun layanan untuk masyarakat yang memiliki cacat dan atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual dan atau sosial.

Perpustakaan Daerah sebagai pusat jejaring belum optimal dalam kerjasama jejaring perpustakaan berbasis teknologi informasi komunikasi dengan semua jenis perpustakaan terutama Perpustakaan desa dan Perpustakaan sekolah, serta pengembangan layanan perpustakaan bagi masyarakat berkebutuhan khusus.

  1. Budaya baca rendah, perpustakaaan berkontribusi dalam penguatan mentalitas-budaya kemandirian, gotong royong dan pelayanan, sebab fungsi perpustakaan mendorong perubahan pola pikir dan pembentukan karakter melalui kebiasaan membaca. Kehadiran lembaga perpustakaan dengan dukungan pustakawan yang kompeten seyogianya mampu menyediakan dan melayankan bahan bacaan yang berkualitas sesuai dengan muatan budaya lokal yang berciri khas Indonesia. Karya tulis, karya cetak,dan karya rekam sebagai sumber informasi menjadi penting karena mampu mendorong terjadinya perubahan sikap dan perilaku sehingga terwujud individu cerdas yang berfikir kreatif, inovatif,dan berdaya saing tinggi yang mampu menghadapi integrasi masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA 2015). Namun budaya baca masyarakat di Kabupaten Grobogan masih dalam tingkat katagori rendah.
  2. Akses dan Pemanfaatan Perpustakaan Belum Optimal

Perpustakaan sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa, menyediakan beragam jenis sumber informasi baik cetak, tertulis maupun terekam yang jika dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat dapat menciptakan suatu tatanan masyarakat pembelajar. Di era global saat ini, kebutuhan informasi masyarakat semakin berkembang dan beragam. Tuntutan layanan informasi yang cepat, murah,dan tepat menjadi tantangan bagi perpustakaan. Oleh karena itu, penyediaan sumber informasi sudah bertransformasi dari bentuk tercetak ke bentuk elektronik. Perluasan dan jangkauan layanan perpustakaan perlu dilakukan secara terstruktur dan masif. Berbagai sumber informasi yangdisediakan harus dapat mendukung perpustakaan sebagai sarana pendidikan, penelitian, pelestarian, penguatan ilmu pengetahuan,dan kebudayaan,serta sebagai sarana rekreasi. Oleh karena itu,perpustakaan harus mampu meningkatkan jumlah pemustaka yang memanfaatkan perpustakaan dengan berbagai upaya yang inovatif dan kreatif. Upaya tersebut wajib dilakukan, walaupun keberadaan perpustakaan dari segi kuantitas maupun kualitas belum memenuhi kebutuhan masyarakat se Kabupaten Grobogan dengan mencakup di desa – desa pada 19 Kecamatan

Sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan aparatur pemerintah baik dari level pimpinan sampai dengan staf masih mencitrakan dan mengapresiasikan arsip sebatas pada sisi fisiknya bukan dari sisi informasinya. Padahal arsip merupakan suatu bagian dari informasi dan bukti atas hak dan kewajiban pemerintah atau warga Negara yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber informasi penting dalam proses kegiatan administrasi dan fungsi-fungsi manajemen birokrasi serta akuntabilitas kinerja organisasi yang merupakan kunci utama dalam penciptaan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

        Di samping tantangan yang harus dihadapi Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan, terdapat juga beberapa peluang yang harus dimanfaatkan guna meningkatkan kualitas pelayanandan pengelolaan di bidang Kearsipan dan Perpustakaan, yaitu :

  1. Adanya alokasi kegiatan pembinaanPengembangan dan Penyelamatan informasi penting terhadap arsip yang diciptakan oleh Pemerintahan Daerah kabupaten/kota, BUMD kabupaten/kota, perusahaan swasta/organisasi yang kantor usahanya dalam 1 (satu) Daerah kabupaten/kota.
  2. Semakin meningkatnya koordinasi dan kerjasama yang baik antara lembaga, org maupun perorangan dalam rangka penyelamatan bahkan pertanggungjawaban naskah di Kabupaten Grobogan.
  3. Adanya kebijakan untuk melakukan autentikasi arsip statis dan arsip hasil alih media yang dikelola Pemerintahan Daerah kabupaten/kota, BUMD kabupaten/kota, perusahaan swasta/organisasi yang kantor usahanya dalam 1 (satu) Daerah kabupaten/kota.
  4. Peningkatan sosialisasi pemasyarakatan perpustakaan melalui promosi lewat radio daerah, kegiatan sosialisasi pemberdayaan perpustakaan desa, dan lomba-lomba story telling, membuat artikel, perpustakaan desa.
  5. Pengembangan minat baca dan budaya baca dengan Pembentukan percontohan perpustakaan desa di setiap kecamatan se- Kabupaten Grobogan.
  6. Penambahan jumlah, jenis dan mutu koleksi bahan pustaka setiap tahun 1000 eks di perpustakaan umum kabupaten grobogan
  7. Penambahan jumlah, jenis dan mutu koleksi bahan pustaka ke perpustakaan sekolah dan desa setiap tahun
  8. Pengembangan ruangan 1 (satu) unit layanan anak , 1 (satu) unit layanan referensi dan 1 (satu) paket internet
  9. Peningkatan mutu sumber daya manusia dengan pelatihan-pelatihan perpustakaan dan penambahan personil pustakawan ( fungsional pustakawan )
  10. Penambahan pengadaan sarana prasarana antara lain dengan rehab ringan gedung kantor, pengadaan rak, meja baca, dan lain-lain penunjang fasilitas pelayanan perpustakaan.
  11. Pengembangan perpustakaan setiap tahun 8 unit.
  12. Pelestarian bahan pustaka.

 

BAB III      

PERMASALAHAN DAN ISU – ISU STRATEGIS

  • Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan

Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan telah melaksanakan tugas pokok dan fungsi dibidang kearsipan dan perpustakaan. namun masih ada permasalahan-permasalahan yang menghambat kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah sehingga pelayanannya belum optimal. Dengan melihat kondisi riil Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memiliki permasalahan utama “Belum optimalnya pengelolaan arsip”. Hal ini disebabkan oleh akar permasalahan yang dihadapi Dinas Kearsipan dan PerpustakaanDaerah Kabupaten Grobogansebagai berikut :

  1. Belum optimalnya pengelolaan arsip dinamis yang ada pada PD Se- Kab. Grobogan secara baku,belum adanya tenaga arsiparis, belum tersedianya payung hukum untuk mendukung pelaksanaan pengolahan arsip secara baku.
  2. Belum optimalnya koordinasi antara PD,institusilain,Lembaga masyarakat, terkait dengan pengelolaan arsip statis.
  3. Belum terlaksananya pengelolaan arsip yang terintegrasi dengan SIKD.
  4. Belum optimalnya pemeliharaan arsip dinamis dan statis.
  5. Masih rendahnya jumlah arsip statis yang terduplikasi.
  6. Masih banyaknya arsip statis yang belum diketemukan.
  7. Belum adanya pengelolaan dokumen/arsip yang dikelola dengansistem otomasi.
  8. Belum tersedianya naskah peraturan tentang kearsipan yangditerbitkan.
  9. Masih kurangnya SDM pengelola kearsipan.
  10. Kurangnya sumber daya manusia secara kualitas dan kuantitas disebabkan oleh kurangnya minat menjadi pustakawan dan kurangnya pengetahuan dan ketrampilan tentang perpustakaan;
  11. Kurangnya sarana dan prasarana perpustakaan yang memadai karena terbatasnya fasilitas layanan perpustakaan;
  12. Kurangnya koleksi perpustakaan sehingga belum memenuhi kebutuhan pemustaka;
  13. Layanan perpustakaan belum menjangkau ke seluruh kabupaten Grobogan Perpustakaan Daerah hanya memiliki satu unit mobil perpustakaan keliling yang melayani 19 kecamatan dan 280 desa.
  14. Rendahnya jumlah perpustakaan masyarakat yang aktif
  15. Belum tersediaanya electronic library.
  16. Rendahnya minat baca masyarakat, dilihat dari jumlah pengunjung perpustakaan yang masih rendah dibandingkan dengan jumlah penduduk di Kabupaten Grobogan.

Tabel 5 masih rendahnya arsip yang terduplikasi

No

Indikator Sasaran

persentase sampai dengan th 2019

Persentase OPD yang menerapkan arsip secara baku

1

Persentase OPD yang menerapkan arsip secara baku

100%

100%

Tabel 14 ,16 data pengunjung perpustakaan

No

Indikator Sasaran

Tahun 2017

Tahun 2018

Keterangan

1

prosentase peningkatan   pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan

34.055

29.312

Turun

  • Telaahan Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah

Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih telah menetapkan visi dan misi untuk 5 ( lima ) tahun masa jabatan yaitu :

“Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Grobogan yang Sejahtera Secara Utuh dan Menyeluruh “

Visi tersebut dijelaskan sebagai Berikut:

  1. Masyarakat yang sejahtera secara utuh
  2. Masyarakat yang sejahtera secara menyeluruh

Visi tersebut akan diwujudkan dengan melaksanakan misi sebagai berikut :

  1. Membangun dan meningkatkan infrastruktur jalan-jembatan, perhubungan, perumahan-pemukiman, dan sumberdaya air
  2. Meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan
  3. Pengembangan ekonomi kerakyatanbidang UMKM, industri, perdagangan, koperasi dan pariwisata
  4. Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan pemberdayaan masyarakat, keolahragaan, kepemudaan, KB dan pelayanan sosial dasar lainnya
  5. Mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan peningkatan penyerapan tenaga kerja
  6. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik
  7. Meningkatkan kelestarian sumberdaya alam, lingkungan hidup dan kualitas penataan ruang
  8. Meningkatkan penghayatan nilai-nilai keagamaan dan pelestarian budaya masyarakat
  9. Meningkatkan pemerataan pendapatan, pembangunan antar wilayah, kesetaraan gender, perlindungan anak dan penanggulangan kemiskinan

Dalam mencapai visi tersebut telah ditetapkan misi yang dapat mendorong tercapainya visi dimaksud. Sedangkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan yang bertugas dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kearsipan dan Perpustakaan mendorong tercapainya visi tersebut dengan melaksanakan misi keempat dan keenam Kabupaten Grobogan yaitu :

  1. Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan pemberdayaan masyarakat, keolahragaan, kepemudaan, KB dan pelayanan sosial dasar lainnya.
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan public.

 

  1. Dari misi tersebut Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah meliliki dukungan terkait tujuan meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik. Dengan sasaran meningkatnya kwalitas E-Goverment, pengelolaan data / informasi dan arsip daerah serta pengamanan informasi sandi.Indikator sasaran yang harus dicapai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan daerah adalah persentase SKPD yang menerapkan pengelolaan arsip secara baku, Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan,

Program Penyelamatan dan Pelestarian Koleksi Perpustakaan.

No Misi

Uraian Misi

Tujuan

Sasaran

Indikator Sasaran

Target Tahunan

2016

2017

2018

2019

2020

2021

4

Peningkatan kwalitas pendidikan ,kesehatan pemberdayaan masyarakat,keolahragaan,kepemudaan,KB dan pelayanan sosial dasar lainya

Meningkatnya budaya dan minat baca masyarakat

Meningkatnya budaya minat baca masyarakat

prosentase peningkatan     pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan

5%

5%

5%

10%

15%

20%

6

Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola     pemerintahanyang akuntabel dan kualitas pelayanan publik

meningkatnya kwalitas pelayanan pengelolaan informasi kearsipan

Meningkatnya kwalitas pengelolaan arsip daerah

Persentase OPD yang menerapkan arsip secara baku

100%

100%

100%

100%

100%

100%

 

Pelaksanaan program diatas tidak terlepas dari berbagai permasalahan dan hambatan yang dihadapi dan faktor – faktor pendorong yang dapat mempercepat pencapaian misi.

Dalam rangka mencapai target yang telah ditentukan, maka strategi yang akan diambil adalah Meningkatkan pelayanan informasi kearsipan melalui peningkatan pelayanan dan pengelolaan arsip melalui teknologi informasi,meningkatkan pemeliharaan arsip,meningkatkan arsip yg terduplikasi Sedangkan kebijakan yang akan diambil adalah peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan kearsipan, peningkatan profesionalisme pengelola arsip Perangkat Daerah.

Selanjutnya dari misi yang telah dipilih tersebut, akan disajikan faktor-faktor penghambat dan pendorong pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah yang dapat mempengaruhi pencapaian visi dan misi Kepala Daerah tersebut.

Faktor Penghambat dan Pendorong Pelayanan Terhadap

Pencapaian Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah

Visi: Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Grobogan yang Sejahtera Secara Utuh dan Menyeluruh

Misi dan Program

KDH dan Wakil KDH Terpilih

Permasalahan Pelayanan SKPD

Faktor

Penghambat

Pendorong

Misi.6 Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik

·    Program peningkatan kwalitas pelayanan informasi kearsipan

·    Program penyelamatan dan pelestarian dokumen arsip daerah.

·    Program pemeliharaan sarana prasarana kearsipan.

Misi ke 4

Peningkatan kwalitas pendidikan ,kesehatan pemberdayaan masyarakat,keolahragaan,kepemudaan,KB dan pelayanan sosial dasar lainya

·      belum tersedianya SDM/ arsiparis

·      Belum optimalnya pengelolaan arsip secara baku

·      Belum tersedianya payung hukum untuk mendukung pelaksanaan pengelolaan arsip secara baku

·      masih rendahnya jumlah arsip yang terduplikasi

·      belum optimalnya koordinasi antara PD

1.    Kurangnya sumber daya manusia secara kualitas dan kuantitas;

2.    Kurangnya sarana dan prasarana perpustakaan yang memadai karena terbatasnya fasilitas layanan perpustakaan;

3.    Kurangnya koleksi perpustakaan sehingga belum memenuhi kebutuhan pemustaka;

4.    Layanan perpustakaan belum menjangkau ke seluruh kabupaten Grobogan Perpustakaan Daerah hanya memiliki satu unit mobil perpustakaan keliling yang melayani 19 kecamatan dan 280 desa.

5.    Rendahnya jumlah perpustakaan masyarakat yang aktif

6.    Belum tersediaanya electronic library.

7.       Rendahnya minat baca masyarakat

·      Kurangnya SDM yang memadai

·      Informasi teknologi yang masih kurang.

·      Kurangnya sarana prasarana kearsipan.

·      Kurangnya koordinasi antara masyarakat dan PD

1.       Ketersediaan anggaran;

2.       Memiliki struktur organisasi dan tupoksi yang jelas sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas;

3.       Adanya kejelasan pembagian kewenangan, kedudukan, tugas dan fungsinya berupa peraturan, pedoman, juklak, juknis pada setiap operasional kegiatan;

4.       Komitmen pimpinan dalam pengelolaan manajemen ;

5.       Meningkatnyapengunjung, anggota dan pemakai perpustakaan setiap tahunnya;

6.       Lokasiperpustakaan yang strategis ditengah kota sehingga mudah dijangkau masyarakat;

·   Pelaksanaan Bimtek secara kontinu dalam rangka peningkatan kualitas SDM

·   Dukungan kemajuan teknologi menunjang pelaksanaan pekerjaan

·   Bangunan gedung yang cukup memadai

·   Koordinasi internal yang dilakukan secara rutin dan berkala.

1.        Kurangnya minat menjadi pustakawan dan kurangnya pengetahuan dan ketrampilan tentang perpustakaan;

2.        Terbatasnya diklat pustakawan yang diselenggaran oleh pemerintah pusat/ provinsi;

3.        Kondisi bangunan perpustakaan yang kurang memadai, sehingga tidak menarik bagi pengunjung;

4.        Lemahnya supervisi, pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah, perpustakaan desa/kelurahan, dan perpustakaan masjid;

5.        Lemahnya koordinasi pengembangan perpustakaan;

6.        Masihrendahnya penggunaan teknologi informasi;

7.        koleksi belum dapat memenuhi kebutuhan pustaka baik kualitas dan kuantitas disemua jenis perpustakaan di Kabupaten Grobogan ;

8.        Belum optimalnya kegiatan pelestarian koleksi pustaka

  • Telaah Renstra Badan Arsip dan Perpustakaan Povinsi Jawa   Tengah

Visi yang ingin dicapai oleh Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Pada Tahun 2013-2018 adalah ARSIP DAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER INFORMASI DAN ILMU PENGETAHUAN YANG BERKUALITAS DAN BERDAYA SAING.

 

Visi tersebut mengandung makna sebagai berikut :

  • Arsip dan Perpustakaan sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuanmengandung pengertian bahwa arsip pada dasarnya merupakan rekaman informasi (recorded information) yang penting sehingga masyarakat menyadari betapa pentingnya arsip sehingga dapat didayagunakan sebagai sumber informasi baik untuk pengambil keputusan (arsip dinamis) maupun kepentingan kesejarahan (arsip statis). Perpustakaan sebagai sumber informasi dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat sehingga memiliki daya saing yang tinggi.
  • Arsip dan Perpustakaan yang berkualitas dan berdaya saing mengandung makna bahwa arsip yang disimpan, dikelola dan dilayankan memiliki nilai guna dalam penyelenggaraan pemerintahan dan sebagai bukti otentik dari hasil pembangunan. Sedangkan perpustakaan mengelola bahan perpustakaan yang terbaru dan berkualitas guna mengembangkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan pemustaka yang mana pada gilirannya nanti menjadi masyarakat yang cerdas.
  1. Misi

Guna mewujudkan visi tersebut terdapat Misi yang harus dilaksanakan, yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas SDM Arsip dan perpustakaan
  2. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana kearsipan dan perpustakaan
  3. Mengembangkan sistem kearsipan dan perpustakaan berbasis teknologi informasi
  4. Meningkatkan manajemen kelembagaan arsip dan perpustakaan
  1. Tujuan
  1. Membangun kualitas Sistem Administrasi Kearsipan
  2. Menyelenggarakan Pengelolaan dokumen dan arsip daerah
  3. Membangun apresiasi masyarakat akan pentingnya arsip dan perpustakaan
  4. Menyelenggarakan pelayanan informasi kearsipan dan perpustakaan
  5. Membangun budaya baca masyarakat
  6. Mengembangkan jumlah perpustakaan yang berkembang dan dikelola dengan baik.
  7. Menyelamatkan khasanah arsip bernilai sejarah, serta melestarikan koleksi perpustakaan.

Adapun arah kebijakan yangakan dilaksanakan dalam rangka pencapaian visi dan misi Badan Arsip dan PerpustakaanProvinsi Jawa Tengah yang harus didukung pelaksanaannya oleh Kantor Arsip Daerah Kabupaten Grobogan adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan pengelolaan arsip secara baku,melalui:
    1. Peningkatan profesionalisme pengelola arsip PD.
    2. Optimalisasi kompetensi dan kapasitas pengelola kearsipan.
  • Meningkatkan koordinasi antara PD /institusi lain/lembaga masyarakat melalui peningkatan koordinasi antara PD/ institusi lain/ lembaga masyarakat
  • Meningkatkan pelayanan dan pengelolaan arsip melalui teknologi informasi,melalui peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan kearsipan.

Sedangkan sasaran strategis yang ingin diwujudkan dalam kurun waktu 5 tahun ke depan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah adalah sebagai berikut :

  • Meningkatnya kualitas Sistem Administrasi Kearsipan
  • Meningkatnya Pengelolaan dokumen / arsip daerah
  • Meningkatnya apresiasi masyarakat akan pentingnya arsip dan perpustakaan
  • Meningkatnya pelayanan informasi kearsipan dan perpustakaan
  • Meningkatnya budaya baca masyarakat
  • Meningkatnya jumlah perpustakaan yang berkembang dan dikelola dengan baik.
  • Terselamatkannya khasanah arsip bernilai sejarah, serta lestarinya koleksi perpustakaan.

Dalam rangka mendukung apa yang sudah menjadi sasaran strategis Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, maka dapat diidentifikasi kelemahan dan kuatan dari Kantor Arsip Daerah Kabupaten Grobogan sebagai berikut.

Permasalahan Pelayanan Berdasarkan Sasaran Renstra Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Beserta Faktor Penghambat dan Pendorong Keberhasilan

Visi:       ARSIP DAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER INFORMASI DAN ILMU PENGETAHUAN YANG BERKUALITAS DAN BERDAYA SAING

Sasaran Jangka Menengah Renstra Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Permasalahan Pelayanan PD

Faktor:

Penghambat

Pendorong

(1)

(2)

(3)

(4)

-       Meningkatnya kualitas Sistem Administrasi Kearsipan

-       Meningkatnya Pengelolaan dokumen / arsip daerah

-       Meningkatnya apresiasi masyarakat akan pentingnya arsip dan perpustakaan

-       Meningkatnya apresiasi masyarakat akan pentingnya arsip dan perpustakaan

-       Meningkatnya pelayanan informasi kearsipan dan perpustakaan

-       Terselamatkannya khasanah arsip bernilai sejarah, serta lestarinya koleksi perpustakaan.

-   Kurangnya SDM

-   Belum adanya sarana dan prasarana yang memadai

-   Kurangnya teknologi informasi

-      Jumlah SDM yang kurang memadai

-      Kompetensi yang kurang sesuai dengan bidangnya

-      Sarana prasarana yang kurang memadai

-      Penganggaran yang kurang memadai

-      Teknologi informasi yang masih kurang

-     Meningkatnya keinginan masyarakat akan informasi.

-     Banyaknya khasanah arsip statis di Kantor Arsip Daerah.

 

 

  • Telaah Renstra Arsip Nasional RI Tahun 2015-2019
  1. Visi dan Misi Arsip Nasional RI

Visi pembangunan nasional 2015-2025 yaitu mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. Guna mewujudkan visi pembangunan jangka panjang tersebut, maka ditetapkan visi pembangunan nasional 2015-2019 yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotongroyong. Sejalan dengan visi pembangunan nasional jangka menengah Tahun 2015-2019 tersebut, ANRI telah menetapkan visi perubahan pembangunan kearsipan Tahun 2015-2019 sebagai berikut :

Arsip sebagai pilar good governance dan integrasi memori

kolektif Bangsa”

Dalam rangka mencapai Visi 2015-2019 “Arsip sebagai pilar good governance dan integrasimemori kolektif bangsa”ditempuh melalui 6 (enam) Misi sebagai berikut:

  1. Mewujudkan arsip sebagai indikator kinerja lembaga dan objekpemeriksaan dalam rangka transparansi penyelenggaraanpemerintahan melalui pemberdayaan potensi kearsipan K/L ditingkat pusat dan daerah serta masyarakat;
  2. Mewujudkan pengelolaan arsip asset melalui pengembanganaplikasi electronic records system;
  3. Mewujudkan penyelamatan dan perlindungan arsip strategis danmelestarikannya melalui sistem seleksi makro strategis, sistemrestorasi modern, digitalisasi dan sistem jaringan informasi;
  4. Mengembangkan sistem akses dan layanan arsip melalui aplikasisistem dan jaringan informasi kearsipan;
  5. Mewujudkan dan mengembangkan NSPK sebagai alat kontrol ANRIterhadap penyelenggaraan kearsipan;
  6. Membangun sinergitas berkelanjutan dengan K/L di pusat dandaerah terutama organisasi kearsipan (unit dan lembagakearsipan) dan lembaga kearsipan internasional yang tergabungdalam ICA dan Sarbica

Dalam rangka mewujudkan visi dan untuk melaksanakan misi perubahan, maka tujuan pembangunan kearsipan ditetapkan sebagai berikut :

  1. Terwujudnya penyelenggaraan kearsipan nasional yang komprehensif dan terpadu, melalui Sistem Kearsipan Nasional ;
  2. Terwujudnya tertib arsip statis yang bernilai guna pertanggungjawaban nasional ;
  3. Terwujudnya penyelenggaraan Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional ;
  4. Terwujudnya manajemen internal yang profesional dalam rangka mendukung tugas penyelenggaraan kearsipan nasional .

Indikator Kinerja Utama ANRI Tahun 2015-2019

  1. Persentase Arsiparis pada Lembaga Kearsipan dan Unit Kearsipan Lembaga Negara, Pemerintahan Daerah Provinsi/ Kabupaten/ Kota, BUMN/BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri yang telah memperoleh Sertifikat Kompetensi Kearsipan.
  2. Persentase Unit Kearsipan dan Lembaga Kearsipan pada Lembaga Negara, BUMN, Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Perguruan Tinggi Negeri yang telah mendapatkan Pengelolaan Arsip Berbasis e-arsip (SIKD dan SIKS).
  3. Persentase Unit Kearsipan di lembaga negara, pemerintah provinsi/kabupaten/kota, BUMN/BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri yang telah menerapkan pengelolaan program arsip Persentase Persetujuan/Pertimbangan JRA Fasilitatif dan JRA
  4. Substantif Lembaga Negara, Pemerintahan Daerah, BUMN/BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
  5. Jumlah arsip statis yang diakses, digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat
  6. Jumlah simpul jaringan dalam pengelolaan sistem dan jaringan informasi kearsipan nasional
  7. Opini atas pemeriksaan laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan
  8. Skor evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) ANRI vital/arsip aset Nasional (negara/daerah)
  • Telaahan Renstra Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Dalam Rencana Strategis Perpustakaan Nasional Republik Indonesia 2015-2019 yang mengacu pada Visi dan Misi Pemerintah Kabinet Kerja serta sembilan agenda prioritas atau Nawa Cita, maka visi dan misi perpustakaan Nasional adalah sebagai berikut:

Terwujudnya Indonesia Cerdas Melalui Gemar Membaca Dengan Memberdayakan Perpustakaan”

        dengan tagline “Indonesia Gemar Membaca 2019”

Dalam upaya pencapaian terhadap visi Perpustakaan Nasional, maka misi yang akan dicapai dalam kurun waktu 2015-2019 adalah:

Meningkatkan   kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan kualitas pelayanan publik;

Tujuan Perpustakaan Nasional

Tujuan SKPD

1.  Menggerakkan masyarakat gemar membaca dalam mewujudkan masyarakat yang kreatIf dan inovatif berbasis pengetahuan.

2.  Mendorong pengembangan semua jenis perpustakaan sesuai standart dalam mendukung pembelajaran sepanjang hayat.

3.  Meningkatkan kwalitas dan diversifikasi layanan perpustakaan berbasis TIK

4.  Meningkatkan kualitas dan kwantitas SDM perpustakaan

5.  Mengembangkan keragaram dan pelestarian koleksi nasional dalam mendukung masyarakat belajar sepanjang hayat sesuai dengan karakter bangsa

6.  Mengembangkan infrastruktur layanan Perpustakaan Nasional RI yang modern

1. Mewujudkan masyarakat Kab.Grobogan untuk Gemar membaca

2. Meningkatakan kualitas dan produktivitas SDM aparatur sipil Negara pada Kantor Perpustakaan

1.   Meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan

2.   Meningkatkan keragaman jumlah koleksi perpustakaan

Program Nasional

Program SKPD

1.   Program Pengembangan perpustakaan

2.   Program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Perpustakaan Nasional

3.   Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Perpustakaan Nasional.

1.   Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

2.   Program Penyelamatan dan Pelestarian Koleksi Bahan Pustaka

Dengan memperhatikan visi, misi, tujuan dan sasaran Renstra Perpustakaa Nasional RI tahun 2015-2019, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan mengarah dan ikut mendukung pencapaian misi Kementerian, meliputi misi-misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan diversifikasi layanan perpustakaan berbasisi teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  2. Mengembangkan perpustakaan yang menjangkau masyarakat luas.
  3. Mewujudkan tenaga perpustakaan yang kompeten dan professional.
  4. Menggalakkan sosialisasi/promosi/pemasyarakatan gemar membaca.

 

  • Telaahan Rencana Tata Ruang Wilayah dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis

Dalam penyusunan Renstra Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tahu n 2016-2021 ini tidak berkaitan secara langsung denga RTRW Kabupaten Grobogan dan KLHS. Sehingga tidak dilakukan telaah terhadap RTRW Kabupaten Grobogan dan KLHS.

  • Penentuan Isu – Isu Strategis

Analisa isu – isu strategis adalah bagian yang sangat penting dan menentukan dalam proses penyusunan rencana pembangunan daerah untuk melengkapi tahapan – tahapan yang telah dilakukan sebelumnya.

Isu strategis merupakan kondisi atau hal yang harus diperhatikan dan dikedepankan dalam perencanaan pembangunan karena dampaknya yang signifikan bagi entitas ( daerah / masyarakat ) dimasa datang. Isu strategis juga diartikan sebagai kondisi penting yang apabila tidak diantisipasi akan menimbulkan dampak yang lebih besar atau sebaliknya akan menghilangkan peluang apabila tidak dimanfaatkan. Karakteristik suatu isu strategis merupakan kondisi atau hal yang bersifat penting, mendasar, berjangka panjang , mendesak , bersifat kelembagaan / keorganisasian dan menentukan tujuan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu untuk memperoleh rumusan isu – isu strategis diperlukan analisis terhadap fatkta dan informasi kunci yang telah diidentifikasi untuk dipilih menjadi isu strategis.

Adapun isu – isu strategis yang ada pada Dinas Kearsipan dan PerpustakaanDaerah Kabupaten Grobogan adalah sebagai berikut :

  1. Masih rendahnya pemahaman tentang pentingnya pengelolaan arsip.
  2. Kurangnya koordinasi antara PD, Desa, Kelurahan, Instansi Lain, Lembaga masyarakat terkait dengan pengelolaan arsip statis.
  3. Kurangnya sarana dan prasarana kearsipan.
  4. Masih kurangnya SDM baik dari sisi kwalitas dan kwantitas.
  5. Rendahnya minat baca masyarakat;
  6. Kurangnya koleksi perpustakaan sehingga belum memenuhi kebutuhan pemustaka;
  7. Rendahnya jumlah perpustakaan yang aktif.

 

 

BAB V

 

  • Strategi dan Kebijakan

Strategi adalah keseluruhan cara ataulangkah dengan penghitungan yang pasti untuk mencapai tujuanatau mengatasi persoalan. Cara ataulangkah dirumuskan lebih bersifat makro dibandingkan dengan “teknik“ yanglebihsempit, danmerupakan rangkaian kebijakan. Sehingga strategi merupakancara mencapaitujuan dan sasaran yang dijabarkan kedalam kebijakan-kebijakan dan program-program.

Kebijakan adalah suatu arah tindakan yang diambil oleh pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu dan digunakan untuk mencapai suatu tujuan, atau merealisasikan suatu sasaran atau maksud tertentu. Oleh karena itu, kebijakan pada dasarnya merupakan ketentuan-ketentuan untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk dalam pengembangan atau pun pelaksanaan program/kegiatan gunatercapainya kelancaran dan keterpaduan dalam perwujudan sasaran, tujuan serta visi dan misi satuan kerja perangkat daerah. Dalam mencapai tujuan dan sasaran pengelolaan pelayanan kearsipan Kabupaten Grobogan tahun 2016-2021 ditetapkan strategi dan kebijakan sebagai berikut:

  1. Strategi yang dijalankan, untuk menjawab tujuan 1adalah :

Meningkatnya kwalitas pelayanan pengelolaan informasi kearsipan dengan kebijakan Pengembangan aplikasi dan Infrastruktur penunjang egovernment penerapan pengelolaan arsip secara baku.

  1. Strategi yang dijalankan, untuk menjawab tujuan 2 adalah :

Meningkatkan minat baca dengan mengembangkan perpustakaan yang berkualitas dan kampanye minat baca kepada masyarakat, dengan kebijakan Meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan dengan penyediaan bahan bacaan pada perpustakaan daerah dan perpustakaan keliling.

Agar lebih jelas gambaran tentang tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan dapat dilihat pada tabel 4.2.

Tabel 4.2.

Tujuan, Sasaran, Indikator Sasaran Strategi dan Kebijakan

Tujuan

Sasaran

Indikator Sasaran

Strategi

Kebijakan

1

2

3

4

5

Indek kinerja penyelenggaraan kearsipan

meningkatnya kwalitas pengelolalaan arsip daerah

prosentase OPD yang menerapkan arsip secara baku

Meningkatkan

kapasitas SDM dan

peran seluruh

perangkat daerah

dalam

pengembangan egoverment

Pengembangan

aplikasi dan

infrastruktur

penunjang egovernment

 

   

pengelolaan arsip,

penerapan

pengelolaan arsip

secara baku

 

   

pengelolaan data

kearsipan

manajemen

pengelolaan data kearsipan

Prosentase peningkatan pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan

meningkatnya jumlah kunjungan

Jumlah pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan

Meningkatkan minat

baca dengan

mengembangkan

perpustakaan yang

berkualitas dan

kampanye minat

baca kepada

masyarakat

Meningkatkan

kualitas pelayanan

perpustakaan dengan

penyediaan bahan

bacaan pada

perpustakaan daerah

dan perpustakaan

keliling

 

 

BAB VI

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN SERTA PENDANAAN

Sebagai perwujudan dari beberapa kebijakan dan strategi dalam rangka mencapai setiap tujuan strategisnya, maka langkah operasionalnya harus dituangkan ke dalam program dan kegiatan indikatif yang mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan memperhatikan dan mempertimbangkan tugas dan fungsi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan. Program terdiri dari beberapa kegiatan yang berupa :

  1. kerangka regulasi yang bertujuan untuk memfasilitasi, mendorong, maupun mengatur kegiatan pembangunan dibidang kearsipan yang dilaksanakan sendiri oleh masyarakat; dan
  2. kerangka anggaran yang bertujuan untuk menyediakan barang dan jasa publik yang diperlukan masyarakat.

5.1 Rencana Program dan Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok

       Sasaran

Direncanakan ada sebelas program dan enam puluh tiga kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka pembangunan di Kabupaten Grobogan tahun 2016 – 2021 Adapun program dan kegiatan tersebut adalah :

  • Program Penyelamatan dan pelestarian dokumen /Arsip Daerah.
  1. Peningkatan kinerja pengelola arsip SKPD.
  2. Alih media arsip in aktif.
  3. Alih media arsip statis vital.
  4. Alih media arsip non tekstual.
  5. Otomasi arsip statis.
  6. Abdate data kearsipan.
  7. SKIN dan JIKN.
  8. Penyusunan perbub JRA fasilitatif non keuangan dan kepegawaian.
  9. Penyusunan perbub tentang pedoman pengelolaan arsip dilingkungan pemkab,BUMD dan pemerintah desa.
  10. Penyusunan perbub pola klasifikasi dan JRA.
  11. Penyusunan perbub tentang pedoman penggunaan sarana penyimpanan arsip.
  12. Penyusunan perbub tentang JRA keuangan dilingkungan pemda.
  13. Preservasi arsip C desa/ kelurahan.
  14. Preservasi/ restorasi arsip statis.
  15. Pameran kearsipan.
  • Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi.
  1. Bintek kearsipan bagi perangkat desa.
  2. Bintek kearsipan bagi kaur umum.
  3. Bintek kearsipan bagi pengelola arsip SKPD.
  4. Bintek kearsipan bagi BUMD.
  5. Bintek kearsipan bagi organisasi wanita.
  6. Bintek kearsipan bagi pengurus tim penggerak PKK   Kabupaten / Kecamatan.
  7. Bintek kearsipan bagi TU UPTD Dinas kesehatan Se- Kab. Grobogan.
  8. Bintek kearsipan bagi pengelola arsip SD.
  9. Peningkatan ilmu kearsipan bagi perangkat desa.
  10. Pelatihan arsip in aktif bagi TU SMPN / swasta Se- Kab. Grobogan.
  11. Pelatihan arsip in aktif bagi UPTD diknas Se- Kab. Grobogan.
  12. Pelatihan arsip in aktif bagi UPTD pertanian Se- Kab. Grobogan.
  13. Pelatihan arsip in aktif bagi pengelola arsip SKPD Se- Kab. Grobogan.
  14. Pelatihan arsip in aktif bagi pengelola arsip desa Se- Kab. Grobogan.
  15. Monitoring dan evaluasi kearsipan.
  16. Pembinaan arsip SKPD.
  17. Pembentukan desa percontohan tertib administrasi kearsipan.
  18. Lomba tertib administrasi arsip desa.
  19. Penelusuran arsip statis daerah.
  • Program pemeliharaan rutin/ berkala sarana dan prasarana kearsipan.
  1. Fumigasi dan termite control.
  2. Penyiangan arsip in aktif.
  • ProgramPengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Kegiatan:

  1. Pemasyarakatan minat dan kebiasaan membaca untuk mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar
  2. Pengembangan Minat dan Budaya Baca
  3. Supervisi, Pembinaan dan stimulasi pada perpustakaan umum,perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan masyarakat
  4. Pelaksanaan Koordinasi pengembangan keputusan
  5. Penyediaan bantuan pengembangan perpustakaan dan minat baca didaerah
  6. Penyelenggaraan koordinasi pengembangan budaya baca
  7. Perencanaan dan penyusunan program budaya baca
  8. Publikasi dan sosialisasi minat dan budaya baca
  9. Penyediaan bahan pustaka perpustakaan umum daerah
  10. Monitoring evaluasi dan pelaporan
  • Program penyelamatan dan pelestarian koleksi bahan pustaka.
    1. Pelestarian karya cetak dan karya rekam
    2. Fumigasi dan Termite Control
  • Pelayanan Administrasi Perkantoran.
  1. Penyediaan jasa surat menyurat.
  2. Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik.
  3. Penyediaan jasa perbaikan peralatan kantor.
  4. Penyediaan alat tulis kantor.
  5. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan.
  6. Penyediaan komponen instalasi listrik / penerangan kantor.
  7. Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang undangan
  8. Penyediaan makanan dan minuman.
  9. Rapat rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah.
  10. Rapat rapat koordinasi dan konsultasi ke dalam daerah.
  11. Pemeliharaan rutin dan berkala arsip statis.
  12. Pengelolaan kebersihan, keamanan dan transportasi.
  • Program Peningkatan Sarana Prasarana Aparatur.
    1. Pengadaan peralatan gedung kantor.
    2. Pemeliharaan rutin / berkala gedung kantor.
    3. Pemeliharaan rutin/ berkala kendaraan dinas operasional.
  • Program Peningkatan Dispilin Aparatur.
  1. Pengadaan pakaian hari hari tertentu.
  • Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur.
  1. Pendidikan dan pelatihan non formal.
  2. Pendidikan dan pelatihan administrasi kearsipan bagi karyawan / karyawati kantor Arsip Daerah.
  • Program perencanaan pembangunan daerah.
  1. Penyusunan renstra dan renja Kantor Arsip Daerah Kab. Grobogan.
  2. Evaluasi renstra dan renja.
  • Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja Keuangan.
  1. Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD.
  2. Penyusunan pelaporan keuangan akhir tahun.
  3. Pengelolaan asset.
  4. Penyusunan LKjiP.
  5. Penyusunan LKPJ dan LPPD.

Rencana Program, Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok Sasaran, dan Pendanaan Indikatif

Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan

Tujuan

Sasaran

Indikator Sasaran

Program kegiatan

Indikator Kinerja Program/ kegiatan

Satuan

Capaian Kinerja Program dan Kerangka Pendanaan

Kondisi Kinerja Pada Akhir RPJMD 2021

SKPD Penang-gung jawab

Capaian pada awal tahun perencanaan

2017

2018

2019

2020

2021

2015

2016

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

Prosentase peningkatan pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan

Meningkatnya budaya minat baca masyarakat

prosentase peningkatan   pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan

1)   Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

Jumlah pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan

 

140

360

25.000

642

46.000

411

69.000

472

93.000

1267

119.000

1429

146.000

4312

 

     

a)  Kegiatan Panyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Umum

Tersedianya bahan pustaka perpustakaan umum

Buku

 

7,5

950

50

471

40

403

40

800

200

800

220

 

347,5

 

     

b)  Kegiatan Panyediaan Bahan Pustaka Perpustakaan Mobil Keliling

Tersedianya bahan pustaka perpustakaan mobil keliling

Buku

 

7,5

700

40

     

0

 

0

 

        1100

 

147,5

 

     

c)  Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Perpustakaan binaan

Terlaksananya Monitoring dan Evaluasi Perpustakaan binaan

Perpustakaan

 

75

38

15

38

16

 

0

 

0

 

100

 

206

 

     

d)  Kegiatan Pengembangan Layanan perpustakaan

Terlaksananya Pengembangan Layanan

Paud / TK

50

70

30

30

42

35

30

142

24

200

24

220

420

912

 

     

e)  Kegiatan Lomba Bercerita bagi anak

Terlaksananya Lomba Bercerita bagi anak

Peserta

   

38

21

38

15

 

0

 

0

 

50

 

86

 

     

f)   Kegiatan Workshop Peningkatan Minat Baca

Terlaksananya Workshop Peningkatan Minat Baca

Peserta

   

50

40

50

19

 

0

       

 

109

 

     

g)  Kegiatan Pameran Buku Murah dan Penunjangnya

Terlaksananya Pameran Buku Murah dan Penunjangnya

Hari

   

10

170

6

100

 

0

 

0

 

100

 

420

 

     

h) Kegiatan Rapat koordinasi Pengembangan Perpustakaan

Terlaksananya n Rapat koordinasi Pengembangan Perpustakaan

Peserta

   

50

40

     

0

 

0

 

50

 

90

 

     

i)   Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan sekolah

Terlaksananya Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan sekolah

Peserta

   

50

31

60

29

 

0

50

35

0

40

 

110

 

     

j)   Kegiatan Pendampingan Program Perpus Seru Cocacola Foundation Indonesia

Terlaksananya Pendampingan Program Perpus Seru Cocacola Foundation Indonesia

Kegiatan

   

6

72

12

72

 

0

 

0

 

0

 

144

 

     

k)  Kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka

Terlaksananya Pengolahan Bahan Pustaka

Eksemplar

   

2500

13

450

5

 

0

1500

175

1500

205

 

68

 

     

l)   Peremajaan Otomasi Perpustakaan (inlis)

 

Paket

               

1

100

1

110

 

 

 

     

m)Kegiatan Layanan   Perpustakaan Malam

Terlaksananya Layanan Perpustakaan Malam

Pengunjung

   

5400

55

6000

45

 

0

 

0

 

50

 

100

 

     

n) Kegitan Perpustakaan Keliling

Terlaksananya Perpustakaan Keliling

Lokasi / Bulan

   

144

30

12

35

 

0

 

     0

 

50

 

115

 

     

o)  Kegiatan Stock Opname

 

Bulan

   

3

32

     

0

       

 

82

 

     

p)  Publikasi dan Sosialisasi Minat dan Budaya Baca

 

Hari

           

6

120

6

605

6

690

 

665

 

     

q)  Pembinaan dan Pelatihan Pengelola Perpustakaan.

 

Peserta

           

35

50

35

   

70

35

80

 

150

 

     

r)  Pemasyarakatan Minat dan Kebiasaan Membaca Untuk Mendorong Terwujudnya Masyarakat Pembelajar

Terwujudnya Pojok Baca di Fasilitas Umum

                 

3

75

3

80

 

155

 

     

s)  Pengembangan Minat dan Budaya Baca

Terlakasnaya Lomba Bercerita Bagi Anak

                 

50

17

50

19

 

117

 

     

t)  Fasilitasi dan Pengembangan Perpustakaan Kewilayahan

Tersedianya fasilitas dan pengembangan perpustakaan kewilayahan

                 

5

100

5

120

 

220

 

     

u) Pembinaan dan Pelatihan Pengelola Perpustakaan

Meningkatnya Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

                 

35

70

35

80

 

150

 

     

v)  Pengadaan E Book

Meningkatnya Budaya Baca Masyarakat

                 

1

100

 

110

 

210

 

     

w) Peremajaan Otomasi Perpustakaan

Meningkatnya Kualitas Pelayanan Perpustakaan

                   

100

 

100

 

200

 

 

 

 

2)    Program Penyelamatan dan Pelestarian Koleksi Bahan Pustaka

     

120

50

63

50

   

10

7

175

7

205

 

773

 

     

a)            Kegiatan Fumigasi dan termite Control Bahan Pustaka

TerlaksananyaFumigasi dan termite Control Bahan Pustaka

Ruang

   

2

63

1

65

2

70

 

70

 

100

 

133

 

     

b)   Pengolahan Bahan Pustaka

               

2000

10

1500

175

1500

205

 

390

 

2. Indek kinerja penyelenggaraan kearsipan

Meningkatnya kwalitas pengelolaan arsip daerah

Persentase OPD yang menerapkan arsip secara baku

3)    Program penyelamatan dan pelestarian dokumen/arsip daerah

prosentase arsip daerah yang diduplikasi terhadap arsip yang harus di duplikasi

%

0

51

100

300

   100

147

100

25

100

225

100

855

100

1,623

 

     

a)   Alih media arsip statis vital

Terlaksananya Alih media arsip statis vital

Lembar

   

4511

45

     

0

 

0

 

200

12000

245

 

     

b)   Penyusunan Perbub Pola Klasifikasi Kearsipan Kearsipan dan Jadwal Retensi Arsip

Terwujudnya Perbub Pola Klasifikasi Kearsipan Kearsipan dan Jadwal Retensi Arsip

Perbub

   

2

40

1

40

 

0

 

0

 

         0

 

80

 

     

c)   Kegiatan Rakor Kearsipan bagi Pengelola Arsip SKPD Se- Kabupaten Grobogan

Terlaksananya Rakor Kearsipan bagi Pengelola Arsip SKPD Se- Kabupaten Grobogan

SKPD

   

49

95

     

0

 

0

 

100

 

195

 

     

d)   Kegiatan Perservasi Arsip/ Penyiangan Arsip

Terlaksananya Perservasi Arsip/ Penyiangan Arsip

Berkas kegiatan

   

24000

65

1

60

 

0

 

0

 

100

 

225

 

     

e)   Pameran kearsipan

Terwujudnya informasi ttg kearsipan

Lokasi

   

1

55

1

47

 

0

 

200

 

200

9

502

 

     

f)    Pendataan dan Penataan Dokumen / Arsip Daerah

 

OPD

           

1

25

2

50

2

60

 

135

 

     

g)   Penduplikatan Dokumen / Arsip Daerah dalam bentuk Informatika

Terlaksanaya Preservasi arsip buku C Desa

                 

19

65

19

70

 

135

 

     

h)  Penelusuran Arsip Statis Daerah

Teridentifikasinya arsip statis daerah untuk akuisisi, penyelamatan dan pelestarian arsip statis sesuai dengan kaidah kearsipan yang baku

                 

1

60

1

65

 

125

 

     

i)    Pengolahan dan Penyimpanan Arsip In Aktif

Teridentifikasinya arsip statis daerah untik akuisisi, penyelamatan dan pelestarian arsip statis sesuai dengan kaidah kaidah kearsipan yang baku

                 

1

50

1

          60

 

110

 

 

 

 

4)    Program peningkatan kualitas pelayanan informasi

prosentase pengelola arsip yang bersertifikasi

%

0

253,689

47,75

305

65,77

128

 

294

 

580

 

1190

100

2865

 

     

a) Bintek kearsipan bagi BUMD

Meningkatnya ketrampilan kearsipan BUMD

Orang

   

35

50

     

0

 

0

 

0

90

50

 

     

b)  Bintek kearsipan bagi pengelola arsip SD

Meningkatnya ketrampilan kearsipanpengelola arsip SD

     

58

85

58

29

 

0

 

0

42

50

250

164

Sesi akuisisi dan pengolahan

     

c)   Monitoring dan Evalusi kearsipan

Terlaksananya Monitoring dan Evalusi kearsipan

Desa

   

100

40

     

0

 

0

   

5

40

 

     

d)  Pembentukan desa percontohan tertib adm. Kearsipan

Terbentuknya desa percontohan tertib adm. Kearsipan

Desa

2

1

1

45

2

40

 

0

 

0

 

50

10

136

 

     

e)   Pembenahan Kearsipan bagi SKPD se Kab. Grob

Kemudahan Pencarian Arsip

Kecamatan

   

7

85

9

38

 

0

 

0

 

50

0

173

 

     

f)   Bimtek dan Sosialisasi Pengawasan Kearsipan

Tersosialisasinya Pengawasan Kearsipan

OPD

       

35

20

 

0

 

0

 

50

0

70

 

     

g)  Penyediaan Sarana Layanan Informasi Arsip

 

Kabupaten

               

1

65

1

70

 

135

 

     

h)  Sosialisasi/ Penyuluhan Kearsipan di Lingkungan Instansi Pemerintah / Swasta

 

%

           

50

78

100

295

100

320

 

692,292,5

 

     

i)   Penyusunan Peraturan Perundang –Undangan Tentang Kearsipan

 

Dokumen

           

2

70

1

40

1

50

 

160

 

     

j)   Fasilitasi minat dan Budaya Baca Usia Dini

 

Peserta

           

50

20

 

0

 

100

 

120

 

     

k)  Fasilitasi dan Pengembangan Kearsipan Kewilayahan

 

Kecamatan/OPD

           

10

60

10

90

10

100

 

250

 

     

l)   Pameran Kearsipan

 

Event

           

2

35

2

50

2

55

 

140

 

     

m) Audit Kearsipan Instansi Pemerintah

 

OPD

           

25

40

25

40

25

150

 

230

 

 

Tujuan

Sasaran

Indikator Sasaran

Program kegiatan

Indikator Kinerja Program/ kegiatan

Satuan

Capaian Kinerja Program dan Kerangka Pendanaan

Kondisi Kinerja Pada Akhir RPJMD 2021

SKPD Penang-gung jawab

Capaian pada awal tahun perencanaan

2017

2018

2019

2020

2021

2015

2016

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

Target

Juta

Rp.

     

5)   Program Pelayanan administrasi perkantoran

Meningkatnya pelayanan kerja

       

637

 

802

 

1,380,635

12

1,475,635

12

1,565

 

2.,889,294

 

     

a.   Penyediaan jasa surat menyurat

Terlayaninya administrasi surat menyurat dan kebutuhan benda-benda pos

bulan

12

12

12

25

12

51

12

35

12

40

12

45

100

208

 

     

b.   Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik

Terbayarnya rekening listrik, air dan telepon setiap bulan

bulan

12

12

12

71

12

76

12

75

12

75

12

75

100

384

 

     

c.   Penyedia Jasa Administrasi Keuangan

Terlaksananya Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

Dokumen

   

7

11

4

15

 

0

 

0

 

0

 

26

 

     

d.   Penyediaan jasa perbaikan peralatan kantor

Terpeliharanya peralatan kantor

item

12

12

3

21

12

75

1

60

1

80

1

85

100

383

 

     

e.   Penyediaan alat tulis kantor

Tersedianya alat tulis kantor

Jenis

12

12

34

56

60

80

60

65

60

95

60

90

100

398

 

     

f.    Penyediaan barang cetakan dan penggandaan

Tersedianya barang cetakan danpenggandaan

Jenis

12

12

11

55

13

70

13

65

13

65

13

75

100

392

 

     

g.   Penyediaan komponen instalasi listrik/ penerangan kantor

Tersedianya komponen instalasi listrik

Item

12

12

14

8

15

25

15

25

15

50

15

55

100

175

 

     

h.   Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang undangan

Tersediannya majalah,koran dan buku peraturan perundang undangan

Jenis

12

12

15

21

5

25

5

25

5

30

5

35

100

148

 

     

i.    Penyediaan makanan dan minuman

Tersediannya makan minum untuk pegawai

Item

12

12

2

35

3

45

3

55

39

55

39

60

100

274

 

     

j.    Rapat rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah

Tersedianya pembiayaan perjalananan dinas ke luar daerah

Kali

12

12

68

140

170

190

12

575,635

170

575,635

170

600

100

1,152,224

 

     

k.   Rapat rapat koordinasi dan konsultasi ke dalam daerah

Tersedianya pembiayaan perjalananan dinas ke dalam daerah

Kali

12

12

454

45

215

30

12

270

200

270

200

300

100

939

 

     

l.    Pemeliharaan rutin dan berkala arsip statis

Terpeliharanya arsip statis

SKPD

12

12

49

52

   

0

0

0

0

0

0

100

76

 

     

m. Pengelolaan kebersihan, keamanan dan transportasi.

Terwujudnya kenyamanan,kebersihan dan transportasi

bulan

12

12

12

96

12

120

12

130

1

140

1

145

100

655

 

 

 

 

6)   Program Peningkatan sarana dan prasarana apartur

Meningkatnya kenyamanan kerja

       

250

 

595

 

5305

1

5465

1

0

 

27075

 

     

a)   Pengadaan peralatan gedung kantor

Tersedianya peralatan kantor

Buah

6

9

20

100

12

100

6

100

6

200

6

0

100

615

 

     

b)   Pemeliharaan rutin/ berkala gedung kantor

Terlaksananya pemeliharaan gedung

Paket

1

1

1

40

1

70

1

75

1

100

1

0

5

292

 

     

c)   Pemeliharaan rutin/ berkala kendaraan dinas operasional

Terlaksananya perbaikan kendaraan dinas

Kendaraan

8

7

14

60

14

60

15

60

15

90

15

0

100

480

 

     

d)   Pemiliharaan Rutin/ Berkala Perlengkpan Gedung Kantor

Terawatnya Gedung Kantor

Ruang

       

1

65

2

70

2

75

2

      0

 

210

 

     

e)   DED Pembangunan Depo Arsip

Terlaksananya Pembangunan Depo Arsip

Paket

   

1

50

   

1

50

 

100

 

100

 

400

 

     

f)    Pembangunan Gedung kantor

Terlaksananya Pembangunan Depo Arsip dan gedung layanan perpustakaan

Gedung

           

1

5000

1

5000

1

0

 

10,000

 

     

g)   DED Pembangunan gedung layanan perpustakaan

Terlaksananya Pembangunan gedung layanan perpustakaan

         

1

100

             

100

 

 

 

 

7)   Program Peningkatan Pengembangan system pelaporan capaian Kinerja dan Keuanga

 

           

16

 

5

 

8

 

9,5

 

43,5

 

 

 

 

a.   Penyusunan LKJJIP, LKPJ dan LPPD

Tersedianya Penyusunan LKJIP, LKPJ dan LPPD

Dokumen

       

2

16

 

0

     

   

 

21

 

 

 

 

b.   Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun

 

Dokumen

           

1

5

1

3

1

3,5

 

11,5

 

 

 

 

c.   Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi SKPD

Tersusunnya laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja PD

Jenis

               

3

5

3

6

 

11

 

 

 

 

8)   Program peningkatan disiplin aparatur

Terciptanya keseragaman pakaian karyawan

       

37

 

35x

 

45

 

45

 

0

105

162

 

     

a.   Pengadaan Seragam kantor

Tersedianya pakaian seragam karyawan

Orang

   

40

37

     

0

 

0

 

0

 

37

 

     

b.   Prngsdaan Pakaian Khusus hari –hari Tertentu

           

30

35

39

45

41

45

41

50

 

125

 

 

 

 

9)   Program Peningkatan kapasitas sumber daya apratur

Meningkatnya kualitas SDM

       

40

 

202

 

107

 

107

 

250

 

556

 
     

a)   Pendidikan dan pelatihan non formal

Tersedianya pegawai yang memadai SDM nya

Kali

10

10

39

40

80

157

26

107

26

107

26

107

100

431

 
     

b)   Sosialisai Peraturan Perundang- Undangan

Meningkatnya SDM tentang Perbub kode klasifikasi dan JRA

OPD

       

48

45

 

0

 

0

 

100

 

145

 

 

BAB VII

KINERJA PENYELENGGARAAN BIDANG URUSAN

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan berdasarkan rencana Program dan Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah guna memecahkan masalah yang dihadapi sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran, dirumuskan Indikator Kinerja yang mengacu pada tujuan dan Sasaran RPJMD Kabupaten Grobogan .

Sebagai bagian dari upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah akan membuat laporan kinerja atas pelaksanaan rencana kerja dan anggaran berupa keluaran kegiatan dan indikator kinerja masing-masing kegiatan. Indikator kinerja dapat merupakan suatu ukuran kuantitatif dan atau ukuran kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian suatu sasaran atau tujuan yang ditetapkan. Indikator kinerja dapat juga berfungsi sebagai dasar untuk menilai tingkat kinerja dalam tahap perencanaan ,tahap pelaksanaan atau setelah tahap kegiatan selesai dan berfungsi dan sebagai ukuran yang digunakan untuk menunjukkan kemajuan yang dicapai dalam perwujudan dari tujuan sasaran yang ditentukan.

Adapun beberapa Indikator Kinerja RPJMD pada urusan Kearsipan dan perpustakaan yang wajib diupayakan pencapaiannya oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan adalah sebagai berikut :

  1. Indek kinerja penyelenggaraan kearsipan.
  2. Prosentase peningkatan pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan.

 

 

Indikator Kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan yang mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD dapat dilihat dari Tabel 7.1 di bawah ini :

Tabel 7.1

Indikator Kinerja OPD yang Mengacu pada Tujuan dan Sasaran RPJMD

Pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan

No

Indikator

Satuan

Kondisi Kinerja Pada Awal RPJMD

Target Capaian Setiap Tahun

Tahun 2016

Tahun 2017

Tahun 2018

Tahun 2019

Tahun 2020

Tahun 2021

Kondisi Pada Akhir RPJMD

1

2

 

3

4

5

6

7

8

 9

10

I

Urusan Kearsipan

                 

1

indek kinerja penyelenggaraan kearsipan

index

C

C

C

C

CC

B

BB

BB

2

prosentase peningkatan   pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan

%

       0

         5

           5

       5

       10

         15

       20

     20

BAB VIII

PENUTUP

 

Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan 2016-2021 merupakan perwujudan dan respon dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan untuk turut serta mewujudkan Visi Pemerintah Kabupaten Grobogan  yaitu “”Terwujudnya masyarakat Kabupaten Grobogan yang sejahtera secara utuh dan menyeluruh”.  Sesuai dengan tugas dan fungsinya yang di tetapkan dalam Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Grobogan Nomor 8 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Bupati Nomor Nomor 15 Tahun 2016 tentang Kedudukan Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi Uraian Tugas Jabatan Dan Tata Kerja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan,  renstra ini menjadi panduan dan pegangan dalam menyusun program dan kegiatan yang diimplementasikan dalam rencana kerja.

Rencana rumusan pelaksanaan program dan kegiatan bidang kearsipan yang tercantum dalam renstra ini  diharapkan dapat bersinergi dengan arah pembangunan secara umum. Hasil-hasil pembangunan bidang kearsipan dan perpustakaan diharapkan pula mampu menjadikan arsip sebagai sarana peningkatan pengetahuan sehingga memiliki daya saing yang tinggi.

Keberhasilan dalam implementasi Renstra ini sangat ditentukan adanya kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas yang dilandasi dengan profesionalisme, komitmen, integritas, dan dedikasi yang tinggi disertai dengan semangat kebersamaan, sinergi dan harmoni dari segenap pegawai di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Grobogan. Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah adanya efisiensi dan efektifitas kerja sama dan koordinasi dari berbagai pihak. Pelaksanaan Renstra ini selama kurun waktu 5 tahun ke depan tidak terlepas juga dari kondisi yang terus berkembang di tingkat daerah, provinsi maupun nasional sehingga tidak menutup kemungkinan paa saatnya nanti  diperlukan penyempurnaan program maupun kegiatan dengan tetap mengutamakan tercapainya  tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dan dilakukan dengan memperhatikan kaidah /peraturan yang berlaku.

 

 

Purwodadi,    Agustus 2019

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah

Kabupaten Grobogan

 

 

Drs. MURYANTO,MM

NIP 1959111 198712 1 001

 

 

 

 

Loading...

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com