Pada tanggal 2 Agustus 2023 di ruang rapat kecil Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan mengadakan pertemuan guna membahas akreditasi perpustakaan sekolah sebagai lanjutan kegiatan sebelumnya yaitu tanggal 24 Juli 2023.
Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan perpustakaan Bapak Ami Priyono, S.Kom menyampaikan target perpustakaan sekolah yang terakreditasi di Kabupaten Grobogan dari tahun 2020 sampai dengan 2026 adalah 30 perpustakaan. Sampai saat ini perpustakaan yang terakreditrasi baru 15 (lima belas) perpustakaan sekolah dan 1 (satu) perpustakaan umum.
Sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang pertama dan kedua telah masuk daftar sekolah yang akan mengajukan akreditasi perpustakaan. Yaitu untuk akreditasi perpustakaan regular adalah SMAN 1 Kradenan dan SMAN 1 Godong. Untuk akreditasi perpustakan relaksasi adalah Perpustakaan SMA 1 Gabus, Perpustakaan SMP 1 Godong dan Perpustakaan SMP 2 Toroh. Pengajuan aktreditasi perpustakaan tersebut masih dalam proses dan menunggu berkas usulan masuk.
Pada pertemuan di atas disampaikan pula cara pendaftaran akreditasi perpustakaan relaksasi, yaitu mengisi form relaksasi yang dapat diunduh pada https:/s.id/formrelaksasi dan mengirimkan form tersebut ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dalam bentuk soft file dan hard file untuk diteruskan ke Direkturat Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Untuk prosedur pengajuan akreditasi perpustakaan secara reguler adalah :
- Membuat akun sipapi.
- Menyiapkan data kelembagaan termasuk Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) di surat pendaftaran akreditasi, jadwal instrumen akreditasi dan bukti fisik setiap komponen dan link video profil perpustakaan (youtube).
- Mengisi data kelembagaan di akun sipapi.
- Self Assesment.
- Mengirim pengajuan melalui akun sipapi. Kemudian akun diverifikasi oleh sekretariat akreditasi perpustakaan. Selanjutnya penjadwalan visitasi dan sidang pleno akreditasi perpustakaan untuk penilaian nilai akhir.
Penilaian akreditasi perpustakaan meliputi 9 komponen : Koleksi perpustakaan, Sarana prasarana perpustakaan, Pelayanan perpustakaan, Tenaga perpustakaan, Penyelenggaraan perpustakaan, Pengelolaan perpustakaan, Inovasi dan kreativitas, Tingkat kegemaran membaca, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat.
Acara ini dipimpin oleh Bapak Ami Priyono,S.Kom selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan, dan disertai pula oleh Pustakawan ahli muda, Ibu Nunuk Haryani,S.Sos dan penyuluh perpustakaan Ibu Nur `Aini,S.A.P. serta dihadiri oleh 20 Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan Sekolah. (Oleh : Nur `Aini)