Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai tenaga pengelola perpustakaan pada pendidikan dasar maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Tingkat SMP/MTs Swasta se-Kabupaten Grobogan.

Bimbingan teknis ini dilaksanakan pada tanggal 2 Nopember 2023 di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dengan jumlah 75 peserta terdiri dari pengelola perpustakaan SMP/MTs Swasta se-Kabupaten Grobogan.

Kegiatan ini melibatkan narasumber dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Dra. Eko Sulistyowati sebagai Pustakawan Ahli Madya dengan materi Pengantar Perpustakaan dan Pengolahan Bahan Pustaka. Disampaikan  oleh narasumber bahwa pengertian perpustakaan adalah Institusi pengelola karya tulis, karya cetak dan/atau karya rekam secara  profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian informasi dan rekreasi bagi para pemustaka. Sedangkan tujuan perpustakaan secara umum memberikan layanan kepada pemustaka dan meningkatkan kegemaran membaca, memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sedangkan pada sesi pengolahan bahan pustaka diberikan contoh kartu buku, kartu katalog dan contoh label buku dan melaksanakan praktek katalogisasi dan pengklasifikasian buku dengan Decimal Dewey Classification ( DDC ).

Salah satu tujuan penyelenggaraan acara ini adalah memberikan dorongan/motivasi bagi kelancaran dan keberhasilan dalam pelaksanaan tugas khususnya penyelenggaraan perpustakaan SMP/MTs se-Kabupaten Grobogan sehingga dapat melaksanakan fungsinya sebagai fungsi penelitian, fungsi pendidikan, fungsi rekreasi dan fungsi informasi seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Grobogan Bapak Supriyanto, S.Sos. MM ketika membuka acara.

Di akhir acara moderator Bapak Ami Priyono,S.Kom menyampaikan closing statement bahwa pelaksanaan pembinaan seperti ini merupakan langkah nyata Dinarpusda Grobogan berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan sekolah agar siswa dapat menjadi semangat dalam berkunjung ke perpustakaan dan berimplikasi pada peningkatan kegemaran membaca siswa secara keseluruhan.  (Oleh: Nur’aini)

Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan membuat satu Gebrakan lagi!!!  Kali ini dengan memberikan pembinaan guna peningkatan kapasitas tenaga perpustakaan dan  pustakawan Tingkat SMA dan SMK Swasta se Kabupaten Grobogan. Kegiatan yang penyelenggaraannya dipimpin oleh Bapak Ami Priyono, S.Kom ini mengusung Tema Otomasi Perpustakaan.

Otomasi perpustakaan yang diperkenalkan kali ini adalah INLIS Lite ( Integrated Library System ) yaitu perangkat lunak ( software ) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sejak tahun 2011. Kenapa otomasi perpustakaan diperlukan ? Karena untuk mempermudah pelayanan, meningkatkan SDM Staf Perpustakaan, mempercepat akses pengguna, mempermudah pelaporan dan koleksi perpustakaan terekap. Software ini dipilih karena sesuai dengan kaidah yang berlaku di perpustakaan, tepat guna, ekonomis, system multi login, support jaringan dan dapat dikembangkan setiap saat. Sedangkan fitur pada software ini meliputi Katalog Elektronik, Sirkulasi ( peminjaman dan pengembalian buku ), Input Edit Data dan Pelaporan. Otomasi perpustakaan merupakan penerapan komputerisasi untuk semua kegiatan perpustakaan mulai dari pengadaan, pengolahan sampai ke layanan informasi, seperti yang diungkapkan oleh Bapak Supriyanto, S.Sos.MM selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan saat membuka acara ini.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2023 di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan  ini dihadiri oleh tenaga perpustakaan  dan pustakawan dari Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan Swasta se- Kabupaten Grobogan dengan Narasumber Bapak Fuad Sirojudin, S.I.Pust seorang Pustakawan Ahli Pertama dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Semoga acara ini mendongkrak peningkatan penyelenggaraan perpustakaan sekolah di Kabupaten Grobogan. Salam Literasi !!! (Oleh : Nur ‘ aini)

Pada tanggal 2 Agustus 2023 di ruang rapat kecil Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan mengadakan pertemuan guna membahas akreditasi perpustakaan sekolah sebagai lanjutan kegiatan sebelumnya yaitu tanggal 24 Juli 2023.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan perpustakaan Bapak Ami Priyono, S.Kom menyampaikan target perpustakaan sekolah yang terakreditasi di Kabupaten Grobogan dari tahun 2020 sampai dengan 2026 adalah 30 perpustakaan. Sampai saat ini perpustakaan yang terakreditrasi baru 15 (lima belas) perpustakaan sekolah dan 1 (satu) perpustakaan umum.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang pertama dan kedua telah masuk daftar sekolah yang akan mengajukan akreditasi perpustakaan. Yaitu untuk akreditasi perpustakaan regular adalah SMAN 1 Kradenan dan SMAN 1 Godong.  Untuk akreditasi perpustakan relaksasi adalah Perpustakaan SMA 1 Gabus, Perpustakaan SMP 1 Godong dan Perpustakaan SMP 2 Toroh. Pengajuan aktreditasi perpustakaan tersebut masih dalam proses dan menunggu berkas usulan masuk.

Pada pertemuan di atas disampaikan pula cara pendaftaran akreditasi perpustakaan relaksasi, yaitu mengisi form relaksasi yang dapat diunduh pada https:/s.id/formrelaksasi dan mengirimkan form tersebut  ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan dalam bentuk soft file dan hard file untuk diteruskan ke Direkturat Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Untuk prosedur pengajuan akreditasi perpustakaan secara reguler adalah :

  1. Membuat akun sipapi.
  2. Menyiapkan data kelembagaan termasuk Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) di surat pendaftaran akreditasi, jadwal instrumen akreditasi dan bukti fisik setiap komponen dan link video profil perpustakaan (youtube).
  3. Mengisi data kelembagaan di akun sipapi.
  4. Self Assesment.
  5. Mengirim pengajuan melalui akun sipapi. Kemudian akun diverifikasi oleh sekretariat akreditasi perpustakaan. Selanjutnya penjadwalan visitasi dan sidang pleno akreditasi perpustakaan untuk penilaian nilai akhir.

Penilaian akreditasi perpustakaan meliputi 9 komponen : Koleksi perpustakaan, Sarana prasarana perpustakaan, Pelayanan perpustakaan, Tenaga perpustakaan, Penyelenggaraan  perpustakaan, Pengelolaan perpustakaan, Inovasi dan kreativitas, Tingkat kegemaran membaca, Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat.

Acara ini dipimpin oleh Bapak Ami Priyono,S.Kom selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan, dan disertai pula oleh Pustakawan ahli muda, Ibu Nunuk Haryani,S.Sos dan penyuluh perpustakaan Ibu Nur `Aini,S.A.P. serta dihadiri oleh 20 Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan Sekolah. (Oleh : Nur `Aini)

Pada tanggal 24 Juli 2023 di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan diadakan pertemuan yang membahas tentang akreditasi perpustakaan sekolah.

Apakah akreditasi perpustakaan sekolah itu? Akreditasi perpustakaan sekolah adalah penilaian perpustakaan sekolah untuk mengukur penerapan Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sendiri mempunyai 2 ( dua ) program akreditasi perpustakaan yaitu akreditasi perpustakaan regular, adalah penilaian akreditasi dengan adanya visitasi dari asesor perpustakaan nasional baik secara luring ( mengunjungi perpustakaan asesi secara langsung ) atau secara daring ( melalui video teleconference ) . Sedangkan akreditasi perpustakaan relaksasi adalah penilaian perpustakaan terhadap perpustakaan tanpa adanya visitasi dari asesor. Apabila telah diverifikasi dan disetujui otomatis hanya mendapat nilai C . Program akreditasi relaksasi ini berakhir pada tanggal 30 September 2023.

Pada pertemuan ini mengundang kepala sekolah dan kepala perpustakaan dari 10 sekolah yaitu : SDN 4 Purwodadi, SDN 12 Purwodadi, SDN 16 Purwodadi, SDN 3 Putatsari, SMPN 1 Grobogan, SMPN 1 Kradenan, SMPN 1 Godong, SMK Pembangunan Nasional, SMAN 1 Kradenan dan SMAN 1 Gubug.

Dari pertemuan tersebut diharapkan sekolah-sekolah yang diundang membuat pengajuan  perpustakaannya untuk mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah. Narasumber acara dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan adalah Ibu Nunuk Haryani, S.Sos selaku Pustakawan Ahli Muda dan Nur ‘ aini, S.A.P. selaku Penyuluh Perpustakaan beserta personil dari Bidang Pengembangan dan Pembinaan Kearsipan dan Perpustakaan. (Oleh : Nur ‘ aini)

Salah satu program kegiatan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Grobogan adalah kegiatan pengelolaan kearsipan. Implementasi kegiatan berupa pendampingan pengelola kearsipan desa bagi pengelola arsip desa dari unsur Kaur umum, Ketua  Tim Penggerak PKK dan Ketua karang taruna se-Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan.

Seperti biasa, acara pendampingan dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Grobogan Bapak Supriyanto, S.Sos MM. Beliau menyampaikan bahwa seiring kehidupan yang bersifat dinamis yaitu selalu berubah dan berkembang agar kita tidak tertinggal maka yang dapat kita lakukan tidak lain adalah mencermati dan mensiasati kondisi dan eksistensi  organisasi. Tak lupa beliau juga mengingatkan bahwa peran desa sangat signifikan sehingga diperlukan kemampuan untuk menyelaraskan  keberadaan dan peranannya sesuai perkembangan lingkungan yang ada dalam hal pengelolaan kearsipan di wilayah kerja masing-masing.

Kegiatan pendampingan pengelola arsip desa se-Kecamatan Penawangan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2023 menghadirkan narasumber Bapak Ami Priyono, S.Kom selaku Kepala Bidang Kearsipan dan Perpustakaan daerah Kabupaten Grobogan. Materi yang disampaikan adalah Pengantar ilmu kearsipan, pengurusan surat dan penataan berkas arsip, pengelolaan arsip dinamis aktif dan praktek prosedur pengurusan surat masuk dan surat keluar di lingkungan desa se-Kecamatan Penawangan.

Output dari kegiatan ini diharapkan menjadi bahan literasi dan edukasi bagi pengelola arsip desa sehingga bisa diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari karena tolak ukur pengelolaan/pengolahan arsip yang baik apabila arsip dapat segera ditemukan dengan cepat sehingga dapat digunakan sebagai sajian informasi data desa di lingkungan Kecamatan Penawangan.

Salam Arsip!!! (Oleh : Nur `Aini)

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com